oleh

9 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Sendiri Gratis Tanpa Modal

9 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Sendiri Gratis Tanpa Modal – Untuk mendapatkan uang dari internet memang mudah sekali, apalagi jika anda memiliki situs web sendiri. Blog pribadi merupakan ladang uang yang melimpah jika anda bisa menggunakannya dengan benar.

Untuk menghasilkan uang dari blog tidak semudah yang anda pikirkan, sebelum mendapatkan uang dari blog, anda wajib mengolah web tersebut agar memiliki banyak pengunjung minimal 500 per hari. Untuk mendapatkan pengunjung seperti itu anda wajib mengurus blog tersebut tiap harinya.

Anda bisa mengurus dan merawatnya mulai dari tahap pembuatan artikel, membagikan artikel tersebut ke media sosial agar dilihat banyak orang. Jika sudah memiliki audience tersendiri, anda bisa mengoptimasinya dengan menambahkan sedikit ilmu SEO dan tambahan backlink.

Sedikit tambahan, anda juga bisa mencari pengunjung dengan mengiklankan web anda di facebook ads atau google adwords. Setelah itu selanjutnya anda harus sabar dan berdoa menunggu hasilnya. Jika sudah memiliki pengunjung per hari minimal 500, anda bisa mulai memonetisasi web tersebut melalui beberapa cara berikut.

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Tanpa Modal

1. Menjadi Publisher Google Adsense

Sebagian besar blogger terutama blogger Indonesia menjadikan google adsense sebagai primadona utama untuk memperoleh penghasilan. Bisa dibilang google adsense adalah situs penghasil uang untuk blogger dan youtuber yang paling legit hingga saat ini.

Google adsense merupakan media pengiklan berbasis CPC & CPM, artinya anda akan mendapatkan uang jika ada pengunjung yang melihat ataupun mengklik iklan di blog anda. Bayaran per klik sangat bervariatif, dan biasanya tergantung topik blog. Apalagi jika blog tersebut blog berbahasa inggris, harga perkliknya bisa mencapai $100.

2. Menjadi Publisher Media Pengiklan Selain Google Adsensealternatif adsense terbaik saat ini

Selain google adsense, masih banyak media pengiklan yang membayar hingga saat ini dan legit, contohnya revenuehits, mgid, mediavenus, dan bahkan ada media pengiklan yang membayar menggunakan bitcoin seperti mellow ads, a-ads, dan masih banyak lagi. Untuk pembayaran tergantung dari situs tersebut.

Baca juga alternatif google adsense yang legit dan membayar hingga saat ini.

3. Mengikuti Berbagai Afiliasi Online

Cara mendapatkan uang dari blog selanjutnya yakni melalui afiliasi online. Usaha ini cocok sekali bagi anda yang punya skill pemasaran online. Sekarang banyak sekali toko online yang memberikan kesempatan bagi pihak lain menjual produk yang ada di web mereka menggunakan kode pelacakan, sistem ini disebut afiliasi.

Banyak situs menggunakan sistem ini agar barang di web mereka cepat laku. Contoh amazon untuk internasioanl, lazada untuk indonesia. Sistem pembayarannya yakni anda akan diberikan komisi jika ada seseorang yang membeli produk melalui link afiliasi anda. Besar kecilnya komisi tergantung harga barang yang dijual.

4. Jual Template Blog

jual template

Template blog merupakan tema dari sebuah blog. Tema disini berarti tampilannya, pada situs web, banyak sekali tema yang bisa digunakan mulai dari tema gratis hingga berbayar. Namun banyak blogger masih menggunakan tema gratisan, padahal ini suatu kesalahan yang besar. Lebih baik gunakanlah tema berbayar (premium).

Mengapa harus tema premium, karena tema premium selalu mendapatkan dukungan dari pengembangnya, fiturnya juga lebih lengkap dari gratisan. Jika anda ahli di bidang coding dan bisa membuat tema blog, cobalah menjual template tersebut di situs web anda. Jual template blogger, karena dalam pembuatan lebih mudah.

5. Menjual Jasa Backlink

Salah satu cara agar peringkat web kita bisa naik di mata mesin pencari yakni dengan backlink. Kriteria backlink yang disukai oleh mesin pencari terutama google yakni backlink yang terdapat dalam artikel pada sebuah blog yang mempunyai tag dofollow, backlink jenis ini dipercaya 1000 kali lebih kuat dibandingkan backlink otomatis.

Dari hal itu, sekarang banyak sekali orang berburu backlink, bahkan ada yang bersedia membayar dengan harga yang mahal. Jika memang anda mahir dalam bidang backlink, tidak ada salahnya anda memanfaatkan kesempatan ini untuk menghasilkan uang, agar lebih mantap, anda bisa mempromosikan lewat blog anda.

6. Menjual Jasa SEO

jasa seo

Selain backlink, cara mendapatkan uang dari blog lainnya yakni menjual jasa seo. Sama seperti backlink, namun SEO lebih luas cakupannya, mulai dari kualitas artikel, link masuk, link keluar, kata kunci utama, kata kunci turunan, semua harus dioptimasi dengan sangat baik, itulah jasa SEO.

Jasa SEO ini dinilai bahkan lebih mahal dari jasa backlink, mengapa demikian?. Karena melihat cakupannya yang luas serta kesulitannya yang tinggi, terutama untuk kata kunci dengan pencarian tinggi. Jika memang anda ahli di bidang SEO, tidak ada salahnya anda memasang jasa SEO di web anda.

7. Menjual Jasa Lainnya Secara Online

Selain jasa backlink dan SEO, banyak jasa lain yang bisa dijual melalui web. Contohnya jasa pembuatan artikel, jasa pembuatan logo perusahaan, dan masih banyak lagi. Fokuslah pada satu jasa saja, karena jika anda fokus pada banyak hal, bisa-bisa jasa yang sudah anda kuasai jadi terganggu/tidak maksimal.

8. Menjual Ebook

jual ebook

Ebook atau buku elektronik merupakan versi elektronik dari buku biasa pada umumnya. Jika anda seorang pelajar dan tidak ingin memenuhi tas dengan buku, maka anda bisa mencari ebook di internet. Ebook ada dalam versi gratis dan premium, tetapi untuk premium sangat jarang dijumpai ebook yang berkaitan dengan pendidikan.

Ebook berbayar biasanya terdapat pada bidang bisnis, contoh “rahasia mendapatkan uang dari internet”. Harga ebook sangat bervariatif, tergantung seberapa banyak halaman dan selengkap apa isi yang disampaikan. Jika anda pandai menulis, tidak ada salahnya mencoba langkah ini. Hasil ebook buatan anda bisa dijual di web pribadi.

9. Menjual Produk Pribadi

Produk pribadi banyak sekali bentuknya, ada produk dalam bentuk makanan, fashion, aksesoris, gadget, dan masih banyak lagi. Blog jual beli untuk web sering disebut toko online. Contoh toko online banyak sekali, di Indonesia seperti bukalapak dan lazada. Jika blog toko online anda baru, coba promosikan dengan facebook ads.

Selain 9 langkah mendapatkan uang dari blog yang sudah saya terangkan di atas, masih banyak lagi cara yang bisa anda coba, seperti menyewakan slot kosong dengan tujuan disewakan kepada blogger lain untuk menaruh link aktif ke blog mereka, atau anda bisa mencari solusi lainnya yang lebih ampuh.

Oke, itulah beberapa cara mendapatkan uang dari blog pribadi gratis tanpa mengeluarkan modal. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi yang mendidik. Sekian, terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *