10 Cara Mengamankan Wifi Agar Tidak Dibobol (UPDATE)

Cara Mengamankan Wifi Agar Tidak Dibobol Dengan Mudah! – Ada yang pernah mengalami ketika sedang pakai wifi, tiba-tiba kecepatan akses internet anda melambat?. Bisa jadi, itu adalah ulah seseorang yang sedang menggunakan WiFi anda tanpa sepengetahuan anda. Tentunya hal itu sangat merugikan anda, karena mereka mendapat akses internet anda cuma-cuma.

Bagi kalian yang belum mengerti wifi, Wi-Fi adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi. Itu saja pengertian singkat tentang WiFi.

Selanjutnya, kembali ke pembahasan awal tentang aksi pembajakan WiFi oleh orang orang usil disekitar anda. Untuk itu, pada artikel ini saya akan membagikan artikel yang berjudul Cara Terbaik Amankan WiFi Dari Pembajakan. Simak dengan baik beberapa cara yang akan saya jelaskan dibawah ini.

Cara Mengamankan Wifi Agar Tidak Dibobol

 1. Cek Pengguna Wi-Fi

Yang pertama harus anda lakukan adalah cek pengguna Wi-Fi, anda bisa mengecek MAC address hingga jenis hp yang digunakan. Apabila kalian ingat tidak memberi passwordnya, anda bisa memutuskan sambungnnya.

Jika ada banyak orang yang mengetahuinya, itu merupakan pertanda bahwa wifi anda sudah waktunya ganti password.

2. Rutin Mengganti Password Wi-Fi

Selanjutnya adalah anda harus rutin untuk mengganti password wifi anda. Ini adalah cara yang paling sederhana untuk mengamankan Wi-Fi. Kamu bisa melakukannya melalui pengaturan router. Biasanya, terdapat panduan yang jelas juga disetiap router.

Saran saya, pilihlah kata sandi yang mudah untuk anda ingat, namun yang perlu juga yakni kata sandi yang cukup sulit untuk dibajak. Biasanya saya menggunakan gabungan huruf kapital, huruf kecil, angka, dan lain sebagainya. Dengan ini, maka wifi anda sudah aman dari orang yang usil.

 3. Update Router Anda

router

Cara Mengamankan Wifi Agar Tidak Dibobol Selanjutnya yakni dengan melakukan Update Router. Untuk meningkatkan keamanan, kamu juga perlu mengupdate sistem operasi router. Pastikan router kamu menjalankan sistem operasi terbaru. Biasanya, tiap update akan menghadirkan peningkatan keamanan. Kamu bisa temukan caranya di buku panduan tiap router.

 4. Gunakan VPN

Selanjutnya yang juga tidak kalah membantu adalah dengan menggunakan VPN. Meskipun Virtual Private Network (VPN) tidak membantu sepenuhnya, setidaknya VPN menambah lapisan keamanan Wi-Fi. Kalaupun orang asing bisa menembus jaringan Wi-Fi, mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk mengintip hasil browsing dan data kamu. Untuk kelemahanya, ini dapat mengurangi kecepatan internet yang anda pakai saat itu.

5. Menggunakan Enkripsi WPA2

wpa2

Anda juga bisa menggunakan enkripsi WiFi Protected Access atau WPA2. Karena utuk saat ini, WPA2 merupakan metode pengamanan jaringan yang dinilai paling aman untuk digunakan. Sulit sekali bagi orang lain untuk membobol sandi wifi kita, jika kita menggunakan metode pengamanan ini.

Baca Juga :

6. Rutin Mengganti Nama Wifi (SSID)

Nama wifi atau SSID bisa kalian ganti dengan yang terbaru, agar seseorang yang sudah menggunakan wifi anda, tidak akan bisa lagi menggunakannya.

Untuk mengganti SSID, caranya mudah. Jika anda menggunakan modem ZTE, berikut tutorialnya :

  • Klik Network > WLAN > SSID Settings
  • Pada bagian SSID Name, masukkan nama wifi yang kalian inginkan
  • Jika sudah, klik Submit.

7. Mematikan Fitur WPS

wps

Matikan WPS atau WiFi Protected Setup dari jaringan WiFi Anda juga dapat dilakukan untuk mencegah jaringan wifi anda. Bagi anda yang belum tau wps, ini merupakan sistem keamanan pada wifi yang digunakan untuk menghubungkan router dengan perangkat (hp, laptop, tablet, dan lainnya).

Jika ingin aman, matikan fitur ini. Karena jika anda mengaktifkan WPS, maka bisa membuat seseorang membobol wifi kalian tanpa memasukkan password, bahaya kan?, iya jadi matikan sekarang juga.

8. Gunakan Mikrotik Dengan Fitur Voucher

Menggunakan cara ini, mungkin akan sangat memakan biaya, karena harga router mikrotik tidak murah ya. Saya membelinya sekitar oktober 2020 sekitar 700 ribuan. Namun, sudah pasti aman jika kalian menggunakan cara ini.

Anda bisa menyettingnya seperti voucher wifi pada umumnya. Dengan begitu, sangat sulit bagi orang lain untuk membobolnya.

9. Memfilter MAC Address

Saya juga sering menggunakan cara ini, karena ini sangat sangat efektif untuk mencegah seseorang yang tidak kita kenal membobol wifi kita. Namun, kelemahan dari metode ini adalah kita harus mengetahui satu persatu mac address, jadi, kita harus bisa membedakan siapa yang memang membeli voucher wifi, dan mana yang tidak membeli.

10. Manfaatkan Aplikasi Pembantu

Yang terakhir, yaitu gunakan Aplikasi yang menurut anda dapat membantu anda dalam mengatasi permasalahan di atas. Misalnya saja Ping yang tersedia untuk Android dan iOS. Untuk pengguna Windows bisa gunakan

  • Acrylic Wi-Fi
  • macOS, menggunakan Who Is On My Wi-Fi

Mungkin hanya itu beberapa Cara Mengamankan Wifi Agar Tidak Dibobol yang bisa saya bagikan dan semoga bisa bermanfaat. Semoga dengan cara ini, anda bisa lebih tau cara mengamankan wifi dari para Gretongers.

Jika ada pertanyaan, ajukan saja di kolom komentar ya!, terima kasih!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 komentar

  1. Benergan paling sebel kalo wifi tiap malam ada yang bajak rame-rame di depan kira apa eh orang wifian ,, pasti saya coba cara di atas makasih

  2. Nah nah, ini nih yang selama ini ane cari, soalnya wifi dirumah sering kenak bobol tuh :3

  3. setelah ngikutin tutorial ini, wifi ane dirumah jadi aman gan. thx tutorialnya ya.