7 Cara Mengatasi Router Wifi Sering Putus Nyambung

5 Cara Mengatasi Router Wifi Sering Putus Nyambung – Mungkin di rumah ataupun di tempat kerja anda memasang wifi, dan pasti sering mengalami masalah, iya kan?. Dimana masalah yang sering dialami yakni wifi sering banget putus nyambung, ini bukanlah masalah yang baru lagi. Akan tetapi permasalahan ini sudah sering kita dengar dan masih banyak juga yang tidak tahu cara mengatasinya.

Bagi beberapa orang memang bukan masalah besar apabila hanya untuk sekedar online saja. Namun menjadi sebuah masalah yang besar apabila anda adalah seorang gamer ataupun orang yang suka download. Karena jika koneksi tiba tiba terputus, maka akan memberikan gangguan yang cukup berarti.

Apalagi jika file download bergiga-giga, dimana kurang beberapa megabytes lagi malah download an error karena koneksi wifi yang putus nyambung. Maka dari itu mau tidak mau anda harus mengatasinya. Dalam hal ini anda juga perlu mengetahui beberapa penyebabnya juga.

Seperti salah satunya yakni sinyal yang terlalu lemah, kesalahan pengaturan wifi, adanya komponen yang sudah rusak, dan masih banyak lagi. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, berikut solusinya.

Cara Mengatasi Router Wifi Sering Putus Nyambung

1. Cek Apakah Sinyal Bagus Atau Buruk

Untuk cara yang pertama ini cara mengatasinya yakni dengan cara mengecek sinyal apakah baru bagus atau buruk. Karena ini sangat berpengaruh, apabila sinyal terlalu kecil ataupun lemah, maka memang sangat wajar apabila suka putus nyambung. Kecuali jika koneksi bagus akan tetapi kok putus nyambung pasti ada masalah lainnya.

2. Matikan dan Nyalakan Kembali Modem Wifi

restart wifi

Cara berikutnya yang sering saya coba untuk mengatasi routerwifi yang sering putus nyambung sendiri yaitu dengan cara mematikan wifi terlebih dahulu untuk beberapa saat. Setelah itu menghidupkan kembali, ibaratnya seperti restart loh ya. Bukan reset, jika reset maka akan mengganti settingan semuanya.

Baca Juga :

3. Cek Energy Saving Router (Kadang Ada Kadang Tidak)

Hal ini sering dihiraukan, seringkali fitur tersebut digunakan untuk meminimalisir penggunaan daya, so aturlah energy tersebut. Dengan beigitu, ketika sudah waktunya maka otomatis wifi akan diputus. Setelah itu akan menyala dengan sendirinya. Untuk mengecek settingannya, silahkan ikuti cara di bawah ini:

  • Langkah pertama silahkan kalian buka browser anda masing-masing, bebas mau buka apa aja
  • Setelah itu pada ketikkan 192.168.1.1 lalu enter, masukkan username dan password, nanti anda akan masuk ke dashboard.
  • Berikutnya tinggal cari saja Energy saving
  • Terakhir tinggal ubah settingan atau pengaturannya menjadi Never atau off

4. Ganti Router Wifi Beserta Kabelnya

ganti router wifi

Masalah wifi suka putus nyambung sebenarnya belum lama saya alami sendiri, dan akhirnya saya melakukan satu cara untuk mengatasi agar wifi tidak putus nyambung lagi. Caranya yakni dengan mengganti router ataupun kabel router yang lain kalau bisa sih yang baru.

Belum lama ini saya juga mengganti kabel router beserta routernya, dan alhasil sudah lumayan tidak terlalu sering lagi wifi putus nyambungnya. Berhubung router beserta kabelnya tersebut bukan barang baru, so wajar saja.

5. Faktor Dari Perangkatnya (Handphone/PC/Laptop)

Selain dari faktor routernya, wifi yang sering putus nyambung juga bisa disebabkan oleh perangkat yang terhubung, misalnya saja handphone error, sistemnya rusak, belum instal driver LAN, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa merestartnya. Atau anda bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan mereset sistem perangkat, seperti hard reset, instal ulang windows, tapi jika dibutuhkan ya. Jangan asal reset.

6. Lapor Gangguan Ke CS Wifi Yang Bersangkutan

lapor gangguan indihome

Anda juga bisa melaporkan gangguan ke customer service wifi yang bersangkutan. Jika anda menggunakan indihome, lapor saja ke cs indihome, jika anda menggunakan Biznet, lapor ke cs biznet, dan lainnya. Dengan begitu, jika sudah dilaporkan ke cs nya, maka akan segera ditangani, biasanya tidak lama, selang 30 menit, bagian perbaikan sudah sampai di lokasi.

7. Cek Apakah Baru Down Atau Tidak

Cara yang terakhir anda hanya sekedar memastikan wifi tersebut apakah baru down servernya atau tidak. Jika down maka itu adalah hal yang wajar jika suka putus nyambung. So untuk solusinya hanya menunggu proses pemulihan dari pusat saja. Apabila masih error juga suka putus nyambung, maka tinggal komplain saja ke penyedia layanan wifi anda tersebut.

Jadi itulah mengenai cara mengatasi router wifi sering putus nyambung. Semoga bermanfaat dan bisa mengatasi permasalahan anda semua, apabila ada hal yang ingin ditanyakan silahkan langsung komentar saja. Sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *