3 Cara Mengatasi HP Bootloop Pada Android Paling Ampuh Dan Cepat

3 Cara Mengatasi HP Bootloop Pada Android Paling Ampuh Dan Cepat – Android merupakan handphone dengan OS yang istimewa menurut saya. Karena pada handphone android terdapat banyak sekali istilah kerusakan handphone seperti bootloop, hardbrick, softbrick, mati total, dan masih banyak lagi.

Dan biasanya untuk setiap kerusakan ada penanganannya masing-masing. Namun tidak semua handphone memiliki penanganan yang sama dengan handphone lainnya. Contohnya disini bootloop, anda tahu kerusakan bootloop itu kerusakan yang seperti apa?.

Kerusakan bootloop itu adalah kerusakan pada handphone android dimana ketika handphone dalam keadaan mati dan kita menghidupkannya, pada saat sampai muncul logo, handphone tersebut mati kembali. Jadi, bisa dibilang gagal booting. Banyak sekali faktor handphone gagal booting.

Contohnya yakni handphone terbentur benda keras yang bisa merusak komponen dalamnya, faktor usia, faktor pemakaian, dan masih banyak lagi. Jika handphone android anda sudah rusak bootloop, anda bisa mengatasinya dengan cara-cara di bawah ini.

Cara Mengatasi HP Bootloop Pada Android

1. Lepas Baterai Dan Pasang Kembali (Bootloop Ringan)

Terkadang ada handphone yang dikatakan rewel, sehari ini bootloop, besoknya normal. Ya, ini sering terjadi pada beberapa handphone, termasuk handphone lama saya. Namun, handphone lama saya memiliki baterai tanam/tidak bisa dilepas, maka dari itu saya tidak mencoba cara ini.

Namun jika handphone anda memiliki baterai yang bisa dilepas, anda bisa mencoba cara ini, dengan catatan handphone android anda masih bootloop ringan, restart gara-gara salah instal aplikasi dan kerusakan kecil lainnya. Jika tergolong sedang sampai berat, cara ini tidak bisa anda gunakan.

2. Restart Ulang Menggunakan Menu Recovery (Bootloop Sedang)

Nah, untuk cara kedua ini bisa anda lakukan jika handphone android anda bootloop sedang. Dalam arti anda sudah melepas dan memasang baterai beberapa kali tetapi belum bisa booting ke sistem android. Yang perlu anda lakukan untuk mengatasi hal ini yakni :

  • Masuk ke mode recovery, untuk caranya berikut cara masuk recovery mode semua jenis handphone.
  • Setelah masuk ke recovery mode, pilih menu Wipe Data/Factory Reset. Untuk memilih menu atas/bawah, anda bisa menggunakan Tombol Volume, dan untuk mengkliknya gunakan tombolĀ Power. wipe data factory reset
  • Kemudian pilih lagi Yes, delete all user data.yes delete all user data
  • Setelah itu tunggu prosesnya hingga selesai, jika sudah selesai klik Reboot Now!.reboot system now
  • Tunggu handphone anda menyala, jika berhasil booting, maka masalah anda sudah teratasi. Jika belum, anda bisa melanjutkan tutorial ketiga di bawah.

3. Flash Handphone (Bootloop Parah)

Cara terakhir ini bisa anda lakukan jika bootloop sudah semakin parah hingga menyebabkan mati total. Langkah-langkahnya adalah dengan melakukan instal ulang pada perangkat android melalui pc/laptop atau sering disebut flash. Cara flash handphone sangat mudah.

Beberapa minggu belakangan ini saya flash handphone samsung saya yang lemot dan alhamdulillah berhasil. Dan cara ini bisa anda lakukan untuk semua jenis handphone, terutama samsung. Langsung saja berikut cara flash hp samsung dan merk lainnya dengan mudah.

Itulah cara mengatasi kerusakan bootloop dengan 3 langkah tergantung tingkat bootloop. Memang handphone android ini memiliki ciri khas masing-masing, ada yang rusaknya mudah, dan ada yang dipakai bertahun-tahun tetap saja awet. Yah, mungkin itu juga karena faktor penggunaan.

Sekian artikel mengenai cara mengatasi hp bootloop tanpa pc dan lewat pc dengan mudah dan cepat. Semoga artikel ini dapat membantu permasalahan anda di kemudian hari dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Related Posts

About The Author

One Response

  1. bimahartono
    Agustus 6, 2018

Add Comment

error: Content is protected !!