oleh

Jangan Panik!, Berikut 3 Cara Mengatasi HP Kecebur Air Pertama Kali

Jangan Panik!, Berikut 3 Cara Mengatasi HP Kecebur Air Pertama Kali – Jalan jalan dan traveling pergi ke pantai atau danau memang mengasyikan. Ketika sedang traveling, smartphone juga sering dibawa untuk mengabadikan momen-momen penting. Namun ketika sedang bermain air di tempat berair tak sengaja smartphone anda jatuh di air.

Pada umumnya ketika sebuah smartphone atau hp milik seorang sudah jatuh di air otomatis akan menimbulkan reflek cemas dan khawatir takut hp menjadi rusak. Biasanya ketika hp sudah kemasukan air akan mati dan ketika orang yang sedang cemas dan khawatir akan kondisi hp, maka sang pemilik hp akan mencoba menghidupkan hp.

Hal tersebut memang seringkali dilakukan oleh orang yang awam sehingga hp malah jadi error touchscreen atau komponen lainnya. Perlu anda ketahui bahwa ketika alat elektronik komponennya kemasukan air maka secara otomatis semuanya pasti terkena air.

Dalam keadaan kemasukan air, apabila dialiri oleh arus listrik maka dapat menyebabkan korslet. Maka dari itu anda jangan langsung dihidupkan. Penting sekali bagi anda mengetahui tindakan utama apa yang harus dilakukan yang baik dan benar ketika smartphone kemasukan air. Berikut tindakan pertama yang wajib anda ketahui, simak baik-baik.

Tindakan Pertama Ketika Hp Kemasukan Air

1. Cara Mengatasi HP Kecebur Air – Jangan Nyalakan HP

matikan hp

Seperti yang sudah di bahas di atas tadi, apabila tiba-tiba hp anda kemasukan air maka anda yang paling penting jangan sampai menyalakan hp. Jika anda menyalakan hp maka banyak sekali bagian bagian hp yang rusak seperti yang paling sering dialami yaitu touchscreen, serta tiba-tiba hang dan hp cepat panas. Maka dari itu jangan sampai menyalakan hp.

2. Cara Mengatasi HP Kecebur Air Dengan Melepas Baterai, Sim, Dan Kartu SD

Setelah anda tidak menyalakan hp, maka selanjutnya yaitu dengan cara lepas casing hp, kemudian lepas juga baterai pada handphone anda serta tak lupa juga kartu SD anda. Semua hal tersebut demi meminimalisir baterai dan kartu sd agar tidak mudah cepat rusak.

Seperti anda ketahui bahwa air laut ketika mengenai barang elektronik akan bersifat korosif. Maka dari itu apabila terkena air maka cepat cepat lepaskan komponen komponen yang sudah disebutkan tadi.

Baca Juga : HP Anda Sering Panas Saat Internetan?, Ini Solusinya!.

3. Segera Hp Taruh ke Dalam Beras

memasukkan hp dalam beras

Cara mengatasi hp kecebur air terakhir yakni menaruhnya dalam beras. Apabila anda sudah melepaskan semua bagian, maka yang terakhir yaitu tinggal masukan smartphone kesayangan anda yang terkena air tersebut ke dalam beras. Seperti kita ketahui bahwa beras mampu menyerap air yang terdapat pada smartphone anda walaupun masuk lubang yang terdapat pada hp yang paling kecil.

Ketika sudah di masukan ke dalam beras maka cukup diamkan 1 hari hingga 1 minggu, jadi ketika anda sudah 1 hari maka coba hidupkan hp anda jika tidak menyala atau error touchscreennya maka biarkan hingga 1 minggu agar kering maksimal. Selain itu juga ketika sudah seminggu anda coba charger, karena biasanya ketika sisa sisa air tinggal sedikit ketika di aliri arus listrik maka air sedikit tersebut akan hilang.

Jadi seperti itulah cara mengatasi hp kecebur air ataupun kemasukan air, semoga bermanfaat untuk anda, jadi anda tidak boleh salah lagi dan cemas ketika hp masuk di air, sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 comments