7 Cara Mengatasi Hp Yang Lemot Padahal Aplikasi Cuma Sedikit

Kayeols

7 Cara Mengatasi Hp Yang Lemot Padahal Aplikasi Cuma Sedikit – Masalah yang sering dialami oleh beberapa perangkat elektronik seperti laptop dan hp adalah masalah kinerja yang menjadi lemot. Menurunnya performa dari perangkat sering kali terjadi secara tiba – tiba, meskipun biasanya terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kedua perangkat ini memang paling sering digunakan, namun yang paling sering adalah perangkat hp. Makanya banyak produsen yang meningkatkan kinerja dari sebuah smartphone. Hasilnya tentu saja sebuah kesenangan pelanggan di mana hp yang diproduksi memiliki performa yang begitu baik dan terhindar dari lag. Performa yang baik pada perangkat hp memang sangat diinginkan banyak orang.

Sebab, dengan performa baik maka aktivitas yang menggunakan perangkat ini bisa berjalan lebih cepat. Hal ini malah sebaliknya, performa yang sangat buruk, sering terjadinya not responding mengakibatkan aktivitas dengan perangkat ini tiba – tiba terhenti. Kejadian seperti ini akan dialami hampir seluruh perangkat, walaupun tinggal menunggu waktu.

Cara Mengatasi Hp Yang Lemot Dengan Sedikit Aplikasi

Masalah lemotnya hp atau performa yang menurun pada perangkat biasanya disebabkan oleh aktivitas ketika menggunakan. Buruknya penggunaan menjadi faktor yang sering mengakibatkan masalah seperti ini timbul. Mengunduh aplikasi yang tidak penting, serta banyaknya file pada memori membuat hp menjadi lebih terbebani. Dampaknya, performa dari sebuah hp akan sedikit demi sedikit akan menurun seiring berjalannya waktu.

Baca Juga:  Cara Agar Laptop Tidak Sleep Otomatis Di Windows 7,8, dan 10

Hal seperti ini tentunya tidak diinginkan terjadi pada perangkat hp yang anda miliki, sebab memang tidak menyenangkan kalau sudah begini. Terserang virus, juga akan membuat hp menjadi lemot. Sebab, adanya virus sudah pasti akan merusak beberapa komponen di dalam hp. Alhasil, penurunan kinerja akan terjadi, bahkan dengan adanya virus pada hp akan berdampak lebih buruk apabila tidak ditangani dengan segera.

Dengan tidak optimalnya performa hp yang anda miliki, maka akan membuat anda terasa tidak bersemangat. Maka, anda harus mulai memikirkan bagaimana cara mengatasi hp yang lemot tersebut. Kalau bingung caranya, berikut ini penjelasannya untuk masalah ini.

1. Membatasi Keberadaan Widget Di Hompage

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah mengurangi jumlah widget yang berada di layar depan. Mempercantik halaman depan dengan berbagai aplikasi memang sangat menyenangkan. Namun, dampaknya bisa mengakibatkan penurunan kinerja pada hp.

Alhasil, hp tidak bekerja secara optimal ketika digunakan. Jadi, usahakan untuk menggunakan widget secara minimal. Dengan begitu, anda tidak akan membebani layar depan. Biasanya halaman depan bisa anda isi dengan widget penting, seperti aplikasi chat, kontak, pesan, jam dan lainnya.

2. Mencopot Aplikasi Tidak Berguna

uninstal aplikasi

Mengunduh aplikasi-aplikasi baru di google playstore memang sangat mudah dilakukan. Ada banyak aplikasi yang bisa anda unduh dari game, dan lainnya. Apabila anda terlalu banyak menginstal aplikasi pada hp, akan berdampak pada kapasitas pada ROM yang dimiliki hp.

Apabila kapasitas ROM semakin menipis, maka hp tidak akan berjalan optimal seperti biasanya. Jadi, dalam masalah ini penyebab lemotnya hp adalah terlalu banyaknya aplikasi. Nah, cara mengatasi hp yang lemot dari penyebab ini adalah mencopot aplikasi yang tidak berguna.

Baca Juga:  Cara Mengubah Nama Channel Youtube di Laptop & HP

3. Update Sistem Operasi

Buruknya kinerja hp bisa jadi disebabkan oleh tidak terupdatenya sistem operasi pada hp yang anda gunakan. OS (operation system) yang telah usang, hanya akan membuat hp terbebani sebab biasanya beberapa bagian sudah tidak support lagi. Jadi cara mengatasinya adalah, lakukan update sistem operasi ketika ada perintah update.

Dengan begitu, akan ada fitur yang telah diperbarui dan bisa meringankan kinerja dari hp. Apabila tidak ada pemberitahuan mengenai pembaruan anda bisa mengeceknya. Caranya, pergi ke Setting > About > System Update lalu pilih Check for Updates.

4. Menghentikan Aplikasi Yang Tidak Terpakai

force stop apk

Seringkali ketika memakai beragam aplikasi di perangkat yang anda miliki, tanpa di sadari telah memakan banyak kapasitas ROM. Padahal ROM ini memiliki batasan tertentu, apabila sudah hampir mencapai batasan hp akan bertingkah aneh.

Belum lagi aplikasi yang masih berjalan tapi anda tidak menggunakannya. Dari faktor ini, cara mengatasinya adalah menghentikan aplikasi – aplikasi tersebut (aplikasi yang sudah tidak digunakan). Cara ini akan memberikan sedikit ruang ROM pada hp, yang berimbas pada kinerja hp yang lebih optimal.

5. Membersihkan Cache Data

Apa itu cache?. Cache adalah sebuah ruang penyimpanan data sementara yang sebelumnya anda gunakan entah itu membuka kontak, aplikasi dan lainnya. Dengan adanya fitur ini, ketika anda membuka kembali aplikasi yang sebelumnya telah dibuka maka akan terbuka dengan cepat.

Baca Juga:  Snaptik, TikTok Video Downloader tanpa Watermark Terbaik!

Namun, sering kalicache ini juga bisa berdampak buruk bagi kinerja hp, yang mana ini bisa mengakibatkan leg, dan aplikasi tiba-tiba berhenti. Dari penyebab yang terlihat, solusi yang bisa anda lakukan adalah dengan membersihkan cache data pada beberapa aplikasi.

6. Gunakan 1 Aplikasi Antivirus

antivirus android

Demi keamanan dari serangan virus, seringkali kita mengunduh berbagai macam aplikasi antivirus dari google playstore. Memang dampaknya virus-virus pada hp yang menyingkir, namun bagaimana dampak negatifnya dari banyaknya aplikasi ini.

Banyaknya ruang ROM pada hp yang digunakan untuk aplikasi, mengakibatkan hp menjadi tidak optimal, alhasil lag akan sering terjadi. Mendingan, untuk mengatasi virus anda bisa menggunakan 1 aplikasi saja. Hal ini juga melihat dari sudut pandang kapasitas yang dimiliki hp anda.

7. Restart HP Anda

Apabila hp ada sudah terbebani berbagai program yang berjalan, pada akhirnya sering mengalami lag dan aplikasi tiba-tiba berhenti. Cobalah untuk merestart hp anda. Program yang terlalu banyak digunakan akan membuat hp tidak optimal, namun dengan merestartnya kemungkinan besar kemampuan hp yang anda miliki akan lebih lancar. Sebab, belum ada program apapun yang berjalan. Meskipun ada beberapa, tetapi itu tidak terlalu berarti. Setelah melakukan tindakan ini, anda bisa menjalankan aplikasi pilihan dengan lancar.

Baca juga : 7 Cara Mempercepat Kinerja Android Agar Tidak Lemot Dengan Cepat.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi hp yang lemot padahal aplikasi sedikit digunakan. Dari beberapa faktor yang sering menghantui terjadinya hp lemot adalah penggunaan yang kurang baik. Mengunduh file dan aplikasi secara sembarangan, juga sangat berdampak buruk bagi hp.

Bisa-bisa aplikasi yang anda unduh terindikasi virus dan pada akhirnya bisa mengakibatkan kerusakan pada sistem. Jadi, di sini intinya gunakan hp dengan baik agar kinerja yang dihasilkan dapat optimal. Sekian artikel yang bisa saya jelaskan semoga bisa membantu menyelesaikan masalah anda.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar