7 Cara Mempercepat Kinerja Android Agar Tidak Lemot Dengan Cepat

7 Cara Mempercepat Kinerja Android Agar Tidak Lemot Dengan Cepat – Tidak semua handphone android memiliki spesifikasi tinggi, karena handphone android yang memiliki spesifikasi tinggi pasti mempunyai harga yang mahal. Memang banyak yang mengatakan harga sebanding dengan kualitas.

Bersyukurlah anda yang mempunyai handphone android bagus dan tidak perlu memusingkan masalah handphone lemot. Tapi, bagi anda yang memiliki handphone android biasa/tidak memiliki spesifikasi tinggi jangan sesekali berkecil hati, tetapi anda harus bisa mengatasi kelemahan tersebut.

Handphone murah cenderung memiliki spesifikasi rendah dan bisa dibilang lemot. Lemot dalam urusan internet, akses, dan kinerja memang sangat mengganggu bagi penggunanya. Jadi, hal ini bisa anda atasi dengan mudah jika anda mengerti caranya.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat kinerja handphone android, tetapi bukan berarti cara ini bisa 100% membantu anda mengatasi kelemahannya. Namun, cuma bisa membantu anda mengatasi sekian persen saja. Langsung saja berikut beberapa cara meningkatkan kinerja android agar lebih ringan dan cepat.

Cara Mempercepat Kinerja Android Terbaik

1. Menghapus Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah menghapus aplikasi yang tidak terpakai, ini sangat mudah karena tidak semua aplikasi anda gunakan. Gunakanlah aplikasi penting-penting saja terutama untuk aplikasi yang memiliki ukuran besar seperti game.

2. Menonaktifkan Aplikasi Bawaan Yang Jarang Digunakan

mematikan aplikasi bawaan

Pada handphone android pasti memiliki aplikasi bawaan yang sering tidak digunakan karena kita merasa aplikasi tersebut tidak berguna. Nah, anda bisa menonaktifkan aplikasi tersebut untuk meningkatkan kinerja handphone agar lebih cepat. Jadi, anda bisa menginstal aplikasi yang bermanfaat dan menonaktifkan aplikasi bawaan.

Jika anda tidak bisa menonaktifkan aplikasi bawaan pada handphone android anda, berikut cara menonaktifkan/menghapus aplikasi bawaan pada handphone android.

3. Membuka Akses Root

Banyak yang mengatakan bahwa membuka akses root bisa mempercepat kinerja handphone. Ya, menurut saya peluangnya tidak sepenuhnya benar. Namun, sudah saya buktikan sendiri bahwa membuka akses root pada handphone cukup ampuh meningkatkan kecepatan handphone, namun tidak sepenuhnya membantu.

Untuk tutorial rootnya, berikut ada 2 cara. Anda bisa menggunakan root melalui pc atau tanpa pc :

4. Memasang Aplikasi Pembersih

aplikasi pembersih

Nah, cara mempercepat kinerja android ke 4 ini juga sangat ampuh mempercepat kinerja handphone, pasalnya dengan memasang aplikasi pembersih pada handphone, kita bisa menghapus data, sampah, dan cache handphone yang tidak berguna. Saya pun juga selalu menggunakan aplikasi pembersih pada handphone android saya.

banyak sekali aplikasi yang bisa anda gunakan sebagai pembersih tanpa akses root seperti ccleaner mobile, clean master, du booster, dan masih banyak lagi. Cukup gunakan salah satu saja dan jangan gunakan terlalu banyak karena justru bisa mempercepat kinerja handphone android anda.

5. Mematikan Fitur Auto-Sync

Cara setting hp android agar tidak lemot selanjutnya adalah mematikan fitur auto sync yang ada di pengaturan umum handphone android. Fitur ini berfungsi untuk melakukan sinkronisasi otomatis jika ada akun baru yang kita masukkan saat login atau daftar, seperti akun google, facebook, whatsapp, dan lainnya.

Pada umumnya fitur ini secara default menyala, namun untuk mematikannya berikut caranya :

  • Masuk ke Pengaturan.
  • Masuk ke menu Akun.
  • Kemudian klik menu 3 titik pada pojok kanan atas, akan ada tulisan Auto Sync Data/Sinkronisasi Otomatis yang bertanda centang. Nah, matikan tanda centang tersebut untuk mematikan fitur ini.
  • Mudah kan?.

6. Update OS

upgrade os android

Cara meningkatkan kinerja android agar lebih ringan dan cepat selanjutnya adalah mengupdate os handphone anda. Memang cara ini sangatlah ampuh, karena os handphone lama pasti terdapat bug, jadi dengan memperbaruinya kita bisa menutup celah tersebut dan meningkatkan kinerja handphone.

7. Terakhir, Lakukan Factory Reset

Terakhir, anda bisa melakukan factory reset untuk merefresh kembali handphone anda ke keadaan semula. Cara ini bisa anda lakukan jika terjadi error sistem seperti gagal root, bootloop, dan kerusakan lain. Dengan cara ini, saya pastikan anda berhasil mempercepat kinerja handphone tersebut.

Itulah beberapa cara dan langkah yang bisa anda lakukan untuk mempercepat kinerja handphone android. Terkadang ada langkah yang bisa dilakukan dan ada yang tidak bisa dilakukan, tetapi apa salahnya jika anda mencoba cara di atas. Semua tergantung anda sendiri ingin melakukannya atau tidak.

Jika anda ragu dan takut nanti handphone android justru bertambah lemot, lebih baik urungkan niat tersebut. Oke, itu saja artikel mengenai cara mempercepat kinerja android dengan cepat dan mudah, Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *