5 Cara Mengatasi Kamera Gagal Dengan Mudah, Terbukti Ampuh

5 Cara Mengatasi Kamera Gagal Dengan Mudah, Terbukti Ampuh – Banyak orang ketika ingin membeli hp pasti yang dipertanyakan tentang kamera. Jadi kebanyakan melihat berapa sih resolusi kamera yang ditawarkan oleh suatu produk hp ini.

Jika hp terlalu mahal dan kamera cukup kecil serta kurang bagus maka kebanyakan tidak akan memilih. Sedangkan jika ada kamera yang beresolusi besar dengan harga murah maka kebanyakan akan membelinya. Kamera sendiri seiring perkembangan zaman sangat dibutuhkan, semakin besar resolusi kamera maka dinilai semain bagus.

Mengingat saat ini banyak sosial media yang memerlukan kamera, seperti mulai dari instastory, foto untuk instagram, foto untuk story wa dan masih banyak lagi. Maka dari segi inilah kamera diwajibkan serta syukur-syukur juga memiliki resolusi yang tinggi dan hasil yang memuaskan. Jika ditengok perkembangan kamera hp sekarang dengan hp jaman dulu bisa dibilang perkembangannya cukup pesat.

Hal ini dibuktikan dengan perbandingan kamera saat ini dan dulu yang sangat jauh sekali. Apabila dulu satu kamera akan tetapi saat ini ada 8 kamera pada satu hp. Untuk normalnya sih saat ini ada 3 hingga 4 rangkap kamera. Dimana setiap kamera tersebut memiliki jenis masing-masing kegunaannya. Mulai dari lebar, ultrawide, tele foto, dan depth sensor.

Dalam beberapa kasus pada kamera terdapat satu masalah yang menurut saya juga cukup sering terjadi yakni kamera tidak dapat terhubung. Seketika notif tersebut muncul ketika kita hendak ingin membuka kamera kita dan untuk melakukan selfie, mengambil gambar ataupun mengambil video.

Jika masalah seperti itu terus didiamkan begitu saja dan tidak segera diatasi maka kita semua tidak dapat mengakses kamera serta di sosial media pun juga demikian. Lalu apakah ada cara untuk mengatasi kamera gaga?, jawabannya ada, berikut solusinya.

Cara Mengatasi Kamera Gagal Dengan Mudah

1.  Restart Ponsel

restart handphone

Cara pertama yang patut anda coba silakan kalian restart smartphone kalian. Restart sendiri merupakan penyegaran pada ponsel agar error yang muncul bisa hilang. Salah satunya juga ketika saat kamera tidak dapat terhubung. Apabila sudah restart akan tetapi tetap error, maka silahkan ikuti cara berikutnya.

2. Hapus Data dan Hapus Cache

Cara berikutnya yang perlu anda coba juga silahkan anda hapus data dan hapus cache. Ini sebenarnya untuk mengecek apakah ada file error ataupun apk yang error pada kamera. Maka dari itu kita coba cek dengan cara menghapus data kamera serta file cachenya.

Tenang disini hapus data kamera bukan berarti hapus gambar hasil kamera ya. Nah untuk caranya sendiri sangatlah mudah, pertama masuk ke pengaturan. Jika sudah kemudian cari aplikasi, berikutnya pilih semua. Nah disitu nanti anda akan menemukan kamera, lalu hapus data dan hapus file cachenya.

Baca Juga :

3. Cara Mengatasi Kamera Gagal Dengan Mengupdate Sistem Android

update sistem android

Biasanya yang paling berkaitan erat dengan kamera yakni sistem android yang digunakan. Saya sendiri sering melihat ketika ada pembaruan sistem dan yang sering diperbarui itu adalah kamera. Misalnya saja hasil update an yakni mempertajam hasil kamera dan membuat hasil kamera lebih soft, dan lainnya. Nah, kemungkinan untuk mengatasi kamera tidak mau connect silahkan anda update sistem android saja.

4. Coba Gunakan Aplikasi Kamera Dari Playstore

Cara berikutnya yang perlu anda coba silahkan gunakan aplikasi kamera lainnya yang pastinya bisa kalian semua download lewat google play store. Disana anda tinggal memilih kira kira mau kamera yang mana, pokoknya bebas intinya sih sama fungsinya. Apabila tidak mau terhubung lagi maka silahkan ikuti cara terakhir.

5. Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik

factory reset

Langkah terakhir yang perlu anda lakukan yakni apabila semua cara sudah anda coba, maka tinggal kembalikan settingan seperti pabrik. Nah, ini sama saja seperti install ulang, maka dari itu data yang tersimpan di internal anda pindahkan terlebih dahulu.

Jika sudah kemudian tinggal restart hp anda ke pengaturan pabrik, tunggu sampai selesai. Dan pasti jika tidak ada kerusakan dengan hardwarenya, peluang terbukanya masih banyak. Apabila masih belum bisa, coba bawa ke tukang servis terdekat, siapa tahu yang kena mesinnya.

Jadi itulah mengenai cara mengatasi kamera gagal dengan cepat dan mudah. Semoga bisa mengatasi permasalahan terhadap kamera smartphone anda. Semoga bermanfaat untuk anda semua, sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *