oleh

5 Cara Mengatasi Mata Lelah Karena Terlalu Lama Main Komputer

5 Cara Mengatasi Mata Lelah Karena Terlalu Lama Main Komputer – Mata lelah merupakan kondisi dimana mata mengalami gangguan yang disebabkan karena penggunaan mata yang terlalu lama tanpa istirahat. Bagi sebagian besar orang yang memiliki rutinitas di depan komputer setiap hari pasti merasakan mata lelah.

Kondisi mata yang lelah dapat menyebabkan gangguan lain seperti kaku pada leher, pegal pada bahu serta pinggang sehingga kenyamanan bekerja pun terganggu. Oleh karenanya mengatasi mata lelah menjadi suatu hal yang penting untuk diketahui.

Biasanya mata lelah dapat dikenali dengan beberapa gejala seperti mata mulai kering atau berair, pandangan mulai kabur, mata lebih sensitive terhadap cahaya dan mata terasa gatal disertai perih. Gejala-gejala tersebut dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan dapat menurunkan produktivitas kerja.

Untuk menghindari keluhan pada mata tersebut berikut dewailmu berikan cara mengatasi mata lelah. Namun sebelum membahasa cara mengatasi mata lelah akibat terlalu lama menatap layar komputer, perhatikan terlebih dahulu cara mencegah agar mata tidak mudah lelah dan tetap segar meskipun lama menatap layar komputer berikut ini.

Cara Mencegah Mata Agar Tidak Mudah Lelah

1. Atur Pencahayaan Dan Posisi Layar Komputer

Ketika melakukan aktivitas di depan layar computer maka sebaiknya jaga jarak aman antara mata dengan layar computer. Anda bisa mengatuur layar computer ini melalui bantuan filter. Karena pencahayaan ini sangatlah penting untuk kesehatan mata, atau jika tidak gunakan aplikasi pengatur kecerahan layar seperti f.lux.

2. Perhatikan Pencahayaan Ruangan

pencahayaan ruangan

Mengatur pencahayaan ruangan juga perlu diperhatikan untuk mencegah agar mata tidak terlalu lelah. Usahakan agar pencahayaan ruangan tidak terlalu redup namun juga tidak terlalu terang, sehingga tidak menyilaukan mata. Nyalakan lampu di ruangan jika anda ingin bermain komputer.

3. Istirahat Berkala Selama 20 Detik

Baik saat membaca maupun menatap layar komputer mengistirahatkan mata asangatlah penting. Sebab mata yang terlalu lama bekerja akan cepat lelah dan lama kelamaan dapat merusak sistem kerjanya. Oleh sebab itu beristirahatlah setiap 20 menit selama 20 detik agar mata tetap sehat.

4. Cara Mengatasi Mata Lelah Dengan Menggunakan Kacamata Anti Radiasi

cara mengatasi mata lelah dengan kacamata anti radiasi

Menggunakan kacamata anti radiasi sangat disarankan untuk Anda yang memiliki aktivitas di depan komputer. Dengan kacamata anti radiasi maka mata akan terhindari dari radiasi yang terpapar di layar computer.

Meskipun pencegahan di atas telah diterapkan namun terkadang mata kerap kelelahan akibat terlalu banyak jam terbang mata yang menatap layar computer. Jika ini terjadi pada Anda maka tidak perlu khawatir. Berikut kami berikan cara mengatasi mata lelah dengan sederhana.

Baca Juga : Pilihan Kacamata Berkualitas dan Pelayanan Terbaik di Optik Tunggal.

Cara Mengatasi Mata Lelah

1. Lakukan Sauna Telapak Tangan

Jika mata sudah merasa lelah maka segeralah istirahat dan lakukan sauna telapak tangan. Cara ini bisa Anda lakukan dengan menggosok kedua telapak tangan kemudian tutup kedua mata dengan kedua telapak tangan yang telah digosok tadi.

Posisi telapak tangan tepat berada di atas mata dan kedua ujung jari bersandar pada dahi serta tumit tangan bertumpu di pipi. Dengan posisi tersebut lemaskan mata dan bersantailah beberapa menit, kemudian lepaskan tangan dengan perlahan dari mata.

2. Memutar Bola Mata

memutar bola mata

Cara mengatasi mata lelah selanjutnya dengan memutar bola mata. Rilekskan badan dan lemaskan otot-otot pada mata di wajah Anda. Kemudian arahkan pandangan ke atas lalu pelan-pelan gerakan bola mata membentuk lingkaran serah jarum jam.

Ketika memutarkan bola mata fokuskan pandangan pada benda disekitar dimana mata kita melihatnya. Lakukan gerakan ini hingga mata terasa tidak tegang dan lebih rileks dan ulangi sebanyak 2 kali lalu tutup mata dan santai sejenak. Lakukan gerakan yang sama dengan arah yang berlawanan sebanyak 2 kali.

3. Melihat Jarak Jauh

Terlalu lama menatap layar computer membuat mata terlalu lama fokus di satu pandangan. Ini dapat menyebabkan otot mata menjadi kaku. Arahkan pandangan Anda dan fokuskan pada satu objek yang jauh sambil jaga mata dan wajah agar tetap rileks. Tarik napas sembari tersenyum lalu hembuskan perlahan. Cara ini tidka hanya akan meengurangi mata lelah namun juga menurunkan tingkat stress setelah lama bekerja.

4. Cara Mengatasi Mata Lelah Dengan Memijat Wajah

memijat wajah

Memijat wajah selain membuat rileks juga dapat mengurangi resiko lelah pada mata. Pijatlah bagian dahi atau daerah sepanjang kedua alis dan daerah bawah mata dengan ujung jari. Gerakan pemijatan ini dapat membantu meringankan tekanan pada otot mata sekaligus pada wajah.

5. Cara Mengatasi Mata Lelah Dengan Melirik

Cara mengatasi mata lelah terakhir yaitu dengan melakukan lirikan-lirikan untuk mengurangi otot mata yang kaku. Anda dapat melakukannya dengan mengerakan mata ke atas sejauh yang Anda bisa lalu tahan sebentar. Kemudian lakukan gerakan yang sama dengan pandangan ke bawah. Begitu pula lakukan gerakan yang sama untuk pandangan ke samping kanaan dan kiri.

Sama seperti manusia dan anggota tubuh lainnya, mata juga membutuhkan istirahat. Selalu usahakan Anda memberikan jeda di tengah kesibukan kerja yang mengharuskan selalu menatap layar komputer. Ini untuk mencegah agar tidak terjadi gangguan kesehatan pada mata. Anda juga bisa menggunakan cara mengatasi mata lelah di atas agar sistem kerja mata dapat tetap berfungsi dengan baik. Selamat mencoba, semoga informasi ini bermanfaat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *