5 Cara Mengatasi Sayangnya Kontak Telah Berhenti

Cara Mengatasi Sayangnya Kontak Telah Berhenti – Smartphone pada umumnya berfungsi sebagai alat untuk komunikasi, dan dimana memiliki penyimpanan kontak. Kontak tersebut untuk menyimpan nomor-nomor teman, kerabat, saudara anda, dan masih banyak lagi. Coba deh bayangkan apabila aplikasi kontak malah mengalami error dimana sayangnya aplikasi kontak telah berhenti.

Jika rusak, maka secara otomatis anda tidak bisa berkomunikasi dengan kontak-kontak yang sudah tersimpan di hp anda tersebut. Memang seringkali aplikasi kontak sayangnya telah berhenti tersebut terjadi secara tiba-tiba dan mungkin banyak diantara anda masih bingung apa sih penyebabnya.

Sebelum membahas mengenai cara mengatasinya, alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa sih penyebab kontak menjadi error. Sebenarnya yang paling sering menjadi penyebabnya yakni pada aplikasi itu sendiri yakni terdapat bug ataupun RAM penuh.

Jadi itulah beberapa penyebabnya. Untuk mengatasinya, berikut tutorialnya?. Langsung saja baca langkah-langkah berikut ini dengan seksama.

Cara Mengatasi Sayangnya Kontak Telah Berhenti

1. Restart HP

Cara pertama untuk memperbaiki kontak yang error dan tiba tiba force close yang paling mudah yakni silahkan restart hp. Jadi waktu anda mengalami kontak yang sudah tidak bisa dibuka ataupun error, maka silahkan cepat-cepat restart hp saja. Restart hp, kemudian buka hp seperti biasa.

2. Hapus Cache Dan Paksa Berhenti

Apabila cara pertama tadi tidak dapat mengatasi permasalahan sayangnya kontak telah berhenti, maka anda bisa mencoba cara yang kedua ini. Jadi anda tinggal menghapus data dan hapus cache yang ada di kontak. Akan tetapi alangkah baiknya anda perlu membackup dulu data-datanya.

Jika anda malas untuk membackup, maka anda hanya menghapus cache saja, dan dicoba saja siapa tau bisa. Akan tetapi disini akan diberikan cara untuk menghapus kedua-duanya. Silahkan simak berikut ini:

  • Pertama masuk ke Pengaturan
  • Berikutnya masuk ke Aplikasi
  • Setelah itu pilih saja Aplikasi Sistem atau Semua
  • Dan cari dan klik Kontak
  • Jika sudah ketemu dan di klik, maka Gulir saja ke bawah
  • Dan secara otomatis anda akan menemukan Hapus Cache & Paksa Berhentihapus cache dan paksa berhenti aplikasi
  • Klik keduanya, jika sudah kemudian buka kontak kembali.

3. Cara Mengatasi Sayangnya Kontak Telah Berhenti Update Aplikasi Kontak

Cara berikutnya yang bisa kalian coba silahkan kalian update kontak saja. Karena biasanya aplikasi yang jarang diupdate akan sering ditemui bug dan error yang muncul di aplikasi. Sehingga menyebabkan aplikasi selalu berhenti dan keluar sendiri. Anda bisa update lewat google play store ataupun app store, jika di hp admin sendiri selalu update sendiri so ane gak perlu khawatir.

Baca Juga :

4. Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting Untuk Melegakan RAM

hapus aplikasi sampah

Seperti yang sudah saya singgung di atas, mungkin kontak tidak bisa dibuka karena RAM nya penuh untuk aplikasi-aplikasi lainnya. Maka dari itu saya sarankan untuk menghapus aplikasi lainnya yang tidak penting, terutama aplikasi yang berjalan di latar belakang.

5. Gunakan Aplikasi Kontak Lain

aplikasi kontak

Apabila sudah menjalankan ketiga cara di atas dan tetap error serta sayangnya aplikasi telah berhenti, maka anda bisa menggunakan aplikasi kontak lain yang bisa anda download secara gratis. Karena di google play store ataupun app store anda bisa menemukan banyak aplikasi kontak. Disitu anda bebas memilih, mau download dan pasang yang mana bebas.

Jadi itulah keempat cara mengatasi sayangnya kontak telah berhenti. Apabila masih error lagi, anda bisa reset hp ke settingan pabrik apabila terus terusan error. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, jika terdapat pertanyaan yang ingin anda ajukan silahkan tuliskan di komentar. Sekian dan terima kasih, jangan lupa share sob.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *