oleh

3 Cara Mengembalikan Kontak Yang Hilang Atau Terhapus Di Semua Hp

3 Cara Mengembalikan Kontak Yang Hilang Atau Terhapus Di Semua Hp – Kontak merupakan suatu komponen penting yang terdapat dalam sebuah handphone, kontak atau lebih sering disebut nomor hp adalah sesuatu yang digunakan untuk menghubungi seseorang melalui handphone.

Dulu sebelum media sosial belum booming seperti sekarang ini, warga indonesia termasuk saya menggunakan kontak handphone untuk menghubungi seseorang entah itu untuk telepon ataupun sms. Meskipun tidak sepenting dulu, ada beberapa orang mengatakan bahwa kontak handphone masih penting.

Meski sudah ada banyak media sosial, kontak biasanya masih digunakan untuk melakukan verifikasi. Selain itu, aplikasi chat whatsapp pun juga menggunakan nomor telepon. Namun, bagaimana rasanya jika nomor handphone anda tiba-tiba hilang entah disengaja maupun tidak disengaja?.

Nomor handphone bisa hilang karena banyak penyebab, contoh setelah melakukan restart handphone, tidak bisa melakukan backup atau pembuatan cadangan, hilang karena sering ganti. Tetapi tenang saja, ada cara untuk mengembalikannya, berikut tutorial lengkapnya.

Cara Mengembalikan Kontak Yang Hilang Atau Terhapus Di Android Dan Hp Lainnya

1. Mengubah Pengaturan Kontak

Terkadang anda tidak tahu jika kontak pada kartu SIM anda masih ada atau tidak hilang, namun anda tidak menyadarinya. Biasanya handphone secara default menampilkan kontak telepon dan bukan kontak SIM, maka dari itu terkadang kontak tidak terlihat.

Bukan hanya pada handphone android, hampir semua jenis handphone pada awalnya hanya menampilkan kontak sim seperti handphone nokia jadul, java, symbian, dan masih banyak lagi. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut cara mengembalikannya :

  • Buka aplikasi kontak di hp android anda masing-masing, pilih menu 3 titik (options) di sudut kanan atas. aplikasi kontak
  • Klik pada Contact to Display/kontak untuk ditampilkan. Ceklis atau enable kan semua pilihan mulai dari phone, sim contact, dan lainnya. Jika sudah simpan dan kembali ke kontak. contacts to display
  • Terakhir, cek kembali apakah daftar kontak pada handphone sudah kembali atau tidak.
  • Cara ini berlaku untuk semua jenis handphone dan caranya hampir sama, namun menunya pasti berbeda antara satu hp dengan hp lainnya.

Jika kontak belum kembali, kemungkinan kontak terhapus secara permanen dari penyimpanan kartu sim atau telepon. Namun perlu anda ketahui masih ada satu cara untuk mengembalikannya, yakni melalui akun google. Ikuti langkahnya pada tutorial nomor 2 di bawah ini.

2. Melakukan Restore Kontak Dari Akun Google

Untuk cara mengembalikan nomor kontak yang terhapus di sim card yang kedua ini cenderung diperuntukkan bagi pengguna handphone android, karena handphone android dan akun google merupakan satu paket yang tidak dapat dipisahkan. Berikut caranya :

  • Pertama, login/masuk dengan akun google pada komputer atau laptop anda. Gunakan akun google yang sama pada saat anda membackup nomor kontak yang hilang dulu.
  • Tunggu sampai anda masuk ke Inbox gmail, lihat gambar Gmail yang bertanda merah. Disitu ada icon dropdown (tanda panah kebawah), klik icon tersebut, nanti beberapa menu, pilih menu Contacts. gmail contacts
  • Tunggu sebentar sampai anda masuk ke halaman Google Contacts, klik pada icon dropdown ( 3 garis horizontal) kemudian klik lagi More/Lainnya, setelah itu klik lagi Ekspor. google contacts export
  • Nanti akan muncul tulisan Go to Old Version/pergi ke versi lama, klik saja Yes. Otomatis semua kontak yang dulu pernah di backup akan muncul satu persatu.
  • Untuk mengembalikan kontak tersebut ke handphone, klik Tanda Ceklis pada setiap kontak yang ingin dikembalikan. Jika anda ingin mengembalikan semuanya, tinggal Select All. Setelah di ceklis, kemudian pilih menu Lainnya, dan pilih opsi Pulihkan Kontak. google contacts restore
  • Atur waktu saat dimana kontak tersebut belum hilang (masih ada di handphone anda). restore contacts
  • Terakhir, lakukan Sinkronisasi terhadap kontak tersebut dengan masuk ke Pengaturan/Setting handphone anda. Masuk ke Menu Akun/Account kemudian pilih Google. Pilih akun Google anda tadi kemudian klik Sinkronisasi Sekarang.
  • Selesai, itulah cara mengembalikan kontak yang hilang pada handphone android.

3. Melalui Situs Live.com (Untuk Windows Phone)

  • Masuk ke situs Live.com dari pc, komputer, atau laptop anda menggunakan akun microsoft. Jika belum punya akun microsoft, daftar terlebih dahulu.
  • Pada dashboard Live.com, klik Manage kemudian pilih “Restore Deleted Contacts”.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul daftar kontak yang terhapus atau hilang.
  • Jika sudah muncul, pilih daftar nama kontak yang ingin anda kembalikan. Jika anda ingin mengembalikan semua kontak tanpa terkecuali, pilih Select All.
  • Sekian, perlu anda ketahui bahwa akun microsoft hanya menyimpan data selama 30 hari. Jika kontak di windows phone anda sudah hilang atau terhapus lebih dari 30 hari, maka cara mengembalikan kontak yang terhapus di kartu sim ini tidak akan pernah berhasil.

Baca juga cara memindahkan aplikasi ke kartu sd serta file obb nya.

Melalui 3 cara mengembalikan kontak yang terhapus di android, windows phone, dan jenis handphone lainnya yang sudah saya terangkan panjang lebar pastinya anda sudah berhasil mengembalikan kontak tersebut. Lakukan setiap langkahnya dengan teliti dan jangan terburu-buru.

Semoga artikel mengenai cara mengembalikan kontak yang hilang pada semua jenis handphone ini bermanfaat untuk anda semua, semoga sukses. Sekian, dan terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa berkunjung kembali atau anda bisa berlangganan dengan mengklik notifikasi Ikuti.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *