7 Cara Mengatasi Tidak Ada Suara Saat Live Instagram

Cara Mengatasi Tidak Ada Suara Saat Live Instagram – Sama seperti facebook dan youtube yang memiliki fitur live, instagram juga memiliki fitur tersebut.

Namun, terkadang fitur instagram yang satu ini sering bermasalah. Salah satu masalahnya adalah tidak ada suara saat melakukan live streaming.

Ada beberapa alasan mengapa hal ini terjadi, baik karena faktor internal seperti versi instagram yang lama, atau faktor eksternal bawaan ponsel seperti speaker rusak.

Tapi tenang saja, saya telah menuliskan beberapa cara mengatasinya seperti di bawah ini.

Cara Mengatasi Tidak Ada Suara Saat Live Instagram

1. Matikan Mute Mode

Salah satu masalah instagram pada iPhone, ketika instagram tidak bersuara, bisa jadi hal itu karena mute modenya  aktif.

Untuk mematikannya adalah dengan menggeser switch ke atas  yang terdapat pada iPhone hingga tidak tampak garis berwarna orange. Pastikan volume suara sudah cukup terdengar dengan menekan tombol volume atas.

2. Update Instagram ke Versi Terbaru

Faktor utama yang banyak menyebabkan masalah pada instagram adalah karena versi instagram yang usang. Hal ini wajar terjadi karena biasanya ada bug yang tertinggal di aplikasi versi lama.

Maka dari itu disarankan untuk mengupdate aplikasi ke versi terbaru agar semua masalah teratasi.

3. Laporkan Masalah

laporkan masalah instagram

Sama seperti facebook, Anda bisa melaporkan kesalahan yang terjadi pada Instagram. Jika pada video live instagram Anda tidak terdapat suara, sementara semua konfigurasi telah menunjukkan bahwa suara telah bekerja, maka saatnya Anda melaporkan kesalahan tersebut pada pihak Instagram.

Anda bisa mencari menu laporan pada pengaturan Instagram, selanjutnya pihak Instagram akan mendiagnosa terlebih dahulu apakah itu memang murni kesalahan dari aplikasi, maka tim akan segera memperbaikinya.

Baca Juga :

4. Restart Ponsel

Anda juga bisa merestart ponsel, karena biasanya kerusakan seperti itu karena sistem ponsel yang error. Dengan merestart ponsel (mematikan kemudian menyalakan kembali/memulai ulang), maka kemungkinan besar masalah suara hilang saat live ini bisa teratasi.

5. Coba Gunakan Headset

Jika playback yang Anda lakukan menggunakan loudspeaker dan tidak muncul suara, cobalah menggunakan headset, apakah playback video live instagram bersuara.

Jika memang bersuara, mungkin saja terjadi masalah pada hardware loudspeaker pada ponsel tersebut.

6. Hapus Cache dan Data Instagram

Selanjutnya anda bisa menghapus cache dan data instagram. Caranya masuk ke Pengaturan > Manajemen Aplikasi. Cari aplikasi instagram, klik hapus cache dan data. Maka aplikasi instagram anda akan kembali ke pengaturan default dalam keadaan akun log out.

Setelah itu log in kembali dengan akun instagram anda. Berikutnya coba lakuka live dan coba suara sudah terdengar atau tidak.

7. Cek Speaker Hp

Terakhir anda bisa mengecek speaker hp. Anda bisa mengeceknya dengan memutar musik pada youtube maupun MP3 player, apakah suara terdengar atau tidak.

Jika terdengar, maka bisa anda simpulkan speaker anda normal, dan aplikai instagramnya yang memang error. Namun jika speaker handphone tidak terdengar, artinya speakernya memang rusak dan saya sarankan agar anda menservisnya segera.

Itulah beberapa cara mengatasi tidak ada suara saat live instagram dengan mudah dan cepat. Cara mana yang menurut anda paling tepat?, atau anda memiliki cara tersendiri?, tulis di kolom komentar ya!.

Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa kembali lagi ya!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *