√ Cara Membuat Filter Instagram Sendiri Dengan Cepat Dan Mudah

Cara Membuat Filter Instagram Sendiri Dengan Cepat Dan Mudah – Saat ini, instagram merupakan salah satu sosial media yang penting. Berbagai macam fitur yang memajakan para penggunannya tersedia di dalamnya, contohnya filter. Saat ini, filter instagram dibuat oleh developer langsung, namun seiring berkembangnya waktu, filter kini bisa dibuat oleh semua orang.

Namun sayangnya untuk membuat filter instagram harus membutuhkan skill khusus dan pengetahuan khusus agar bisa membuat filter sesuai yang kita inginkan. Selain itu, untuk membuat filter instagram tidak bisa melalui hp. Sebenarnya bisa, akan tetapi hanya desainnya saja, sedangkan untuk implementasinya melalui pc atau laptop.

Lalu bagaimana sih cara membuat filter di instagram?, sebelum anda mulai membuatnya. Ada satu hal yang wajib anda ketahui, yakni perangkat yang anda gunakan haru perangkat berspesifikasi tinggi. Karena jika spesifikasi rendah, untuk membuat filter akan ngelag, dan minimal menggunakan windows 10.

Maka dari itu sebelum anda merancang dan mengonsep filter ig dengan susah payah, pastikan laptop berspesifikasi mumpuni. Jika sudah, berikut cara-caranya.

A. Cara Membuat Filter Di Instagram

1. Download Spark AR Studio

spark ar studio

Hal pertama yang wajib anda lakukan yaitu mengunduh software yang digunakan untuk membuat filter instagram. Bagi kalian pengguna OS Windows maupun MacOS pun juga bisa. Spark AR Studio merupakan aplikasi pembuat filter yang menarik, karena fiturnya banyak dan keren. Berikut cara menggunakan Spark Ar :

  • Download aplikasi spark ar studio.
  • Jika sudah selesai download, kemudian instal dan buka softwarenya.
  • Setelah itu kalian akan disuruh login dengan menggunakan akun facebook. Usahakan akun facebook kalian juga sudah tersinkronisasi dengan instagram. Hal ini wajib dilakukan agar tidak error ketika proses login, karena banyak yang gagal login karena hal tersebut.

2. Siapkan Objek dan Nyalakan Fitur Face Tracker

Selanjutnya siapkan juga objek gambar atau motif. Kalian bisa membuatnya dengan picsart, di youtube banyak tutorial untuk lebih jelasnnya.

Jika sudah memiliki motif atau desain dengan format gambar PNG, maka tinggal pilih face tracker, lalu insert dan akan muncul objek baru yaitu facetracker 0 di bagian scene, nah silahkan klik kanan lalu pilih add.

Selanjutnya kalian pilih Facemesh untuk menambahkan model 3D yang nantinya akan merespon sendiri untuk ekspresinya.

3. Tambahkan Ke Facemesh Dan Cari Menu Material

Langkah berikutnya silahkan tambahkan material atau gambar tanpa latar belakang yang sudah anda persiapkan tadi sebelumnya yang berformat PNG.

Lalu untuk menambahkannya sendiri dengan cara tap tombol plus (+) dan akan muncul menu baru disampingnya serta bakalan muncul (material0) ini terletak di bawah bagian scene.

Baca Juga :

4. Pilih Face Paint Di Sharder Type dan Klik Choose

Setelah itu ubah pada bagian SHARDER TYPE menjadi face paint dengan cara klik menu drop, dan akan muncul berbagai macam pilihan.

Berikutnya silahkan pilih tombol choose file, lalu masukkan gambar yang sudah anda persiapkan. Oh iya, selain itu kalian juga bisa mengatur tingkat smoothness pada objek gambar.

5. Export Ke Instagram Device Anda

Langkah yang terakhir yaitu anda bisa simpan proyek yang sudah anda buat tersebut, lalu bisa export dengan cara klik tombol send.

Tombol sendnya bisa ke instagram camera juga. Biasanya akan diarahkan ke instagram langsung, dan anda pun bisa mencoba langsung.

B. Cara Agar Filter Instagram Bisa Digunakan Semua Orang

Tambahkan Face Tracker agar filter bisa digunakan semua pengguna. Berikut langkah-langkahnya :

  • Klik kanan pada menu Scene.
  • Klik Add lalu pilih Face Tracker.face tracker
  • Berikutnya, klik facetracker0 yang ada di sebelah kanan.
  • Klik Add pada menu Plan lalu beri nama.
  • Anda bisa melihat preview filter Instagram Story buatan anda sendiri pada Bidang Kerja.

C. Tes Filter

tes efek instagram

Setelah mengunggah filter, kita bisa melihat pratinjau filter buatan kita. Jika kalian memilih Preview in App, kalian bisa mencoba filter tersebut selama 60 menit di Instagram.

Namun jika kalian memilih Get a preview link, kalian bisa membagikannya ke banyak orang, filter tersebut bisa digunakan sampai 200 kali dalam sehari.

D. Membagikan Filter Ke Instagram

Kunjungi lagi laman pengaturan filter Spark AR di Facebook. Pilihlah kategori filtermu sesuai tema yang sudah kalian buat. Kemudian gunakan tautan pratinjau yang kamu simpan tadi dan cobalah merekam video dengan filtermu menggunakan ponsel.

Nanti, video tersebut akan jadi video demo yang muncul ketika ada yang akan menggunakan filter buatan kita. Kemudian pindahkan video kalian saat mencoba filter tadi kembali ke komputer.

Di laman Facebook tadi, kalian bisa mengatur kapan filter itu akan dirilis di Instagram, kemudian kalian bisa mengisi Review Information dengan keterangan tentang filter yang kalian buat.

Kemudian pilih Submit for Review, ini adalah proses dimana filter buatan anda akan dicek terlebih dahulu, Setelahnya, kalian hanya perlu menunggu sampai filter diterima. Jika  sudah diterima, filter akan muncul di Instagram.

Itulah cara membuat filter instagram lengkap, susah ya?. Hehehe memang tidak semua orang bisa membuat filter instagram, namun jika anda memang niat membuatnya, tidak ada yang tidak mungkin. Langsung coba ya jika berminat!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *