√ Cara Menggunakan Google Classroom Lengkap

Kayeols

Cara Menggunakan Google Classroom Lengkap – Di masa-masa pandemi virus corona seperti saat ini banyak kegiatan aktivitas belajar yang diliburkan. Mulai dari siswa SD hingga SMA, dan bahkan mahasiswa pun juga diliburkan. Namun libur kali ini berbeda dengan libur yang biasanya. Jika biasanya mungkin libur tanpa tugas, akan tetapi kalau khusus pada saat ini libur disertai dengan berbagai macam tugas dari dosen maupun guru.

Disamping itu ada juga yang memanfaatkan daring online ataupun media online untuk melaksanakan proses pembelajaran. Seperti mulai dari zoom, whatsapp, dan salah satu yang banyak digunakan yakni google classroom. Bagi anak kuliahan pastinya ini sudah sering terdengar sekali, namun untuk anak-anak SD hingga SMA, mungkin masih jarang banget mendengar istilah ini.

Sebelum membahas lebih mengenai google classroom, kita perlu tahu dulu mengenai apa itu google classroom.

Apa Itu Google Classroom?

Jadi google classroom sendiri merupakan sebuah ruang kelas buatan google dimana kita bisa berdiskusi dan mengumpulkan berbagai macam tugas yang telah dibuat oleh guru. Dalam hal ini kita bisa mengkategorikan satu per satu sesuai kebutuhan ataupun mata pelajaran yang di ampu. Jadi walaupun jumlah mata pelajaran banyak, maka kita bisa membuat kelas google tersebut dengan jumlah yang banyak. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Baca Juga:  6 Cara Mengatasi Error 404 Ketika Mengakses Internet/Browser

Cara Menggunakan Google Classroom

Setelah mengetahui pengertiannya, tentu saja kita ingin tahu juga mengenai cara penggunaannya. Jadi seperti ini sob saya akan jelaskan secara sederhananya dulu, ibaratnya pada sebuah game kita membuat sebuah room ataupun tempat untuk belajar. Jadi ketika awal kita memasuki aplikasi tersebut kita bisa memilih salah satu entah itu menjadi posisi sebagai siswa ataupun sebagai guru.

Baca Juga :

Akan tetapi biasanya ketika pembelajaran berbasis online seperti saat ini, banyak guru-guru yang membuat kelas di google classroom tersebut. Untuk google classroom sendiri bisa kalian akses dalam bentuk aplikasi yang tersedia di play store ataupun bisa langsung mengunjungi situs websitenya.

Baca Juga:  2 Cara Mengirim Folder Lewat Email Gmail Dengan Mudah & Cepat

Kita mulai :

  1. Jadi pertama-tama silahkan login dengan menggunakan akun gmail
  2. Berikutnya silahkan anda bisa memilih untuk membuat kelas atau gabung ke kelas.
  3. Biasanya untuk guru-guru memilih membuat kelas, sedangkan untuk murid yakni gabung ke kelas.
  4. Untuk opsi membuat kelas (untuk guru) anda bisa mengisikan nama kelas, bagian kelas, ruangan kelas dan mata pelajaran. Setelah itu tinggal klik buat, maka selesai.
  5. Selanjutnya untuk murid, tinggal klik gabung ke kelas, dan untuk bergabung anda memerlukan kode ataupun kunci masuk ke kelas. Biasanya para guru akan memberikan kunci kelas setiap mata pelajaran. Jadi setiap mapel bisa berbeda-beda tuh.gabung kelas

Oke kita sudah selesai dari cara masuk google classroomnya, kita akan bahas fitur-fiturnya. Mulai dari forum, dimana para guru bisa saling berdiskusi dengan siswa masing-masing. Selain itu untuk tugas kelas, dimana anda bisa memposting file ms word dan sebagainya yang bisa kalian jadikan sebagai tugas untuk siswa kalian. Selain itu kalian juga bisa memberikan keterangan deskripsi mengenai deadline. Bahkan untuk menambahkan anggota pun juga bisa.

Baca Juga:  Pilih VPN Atau Proxy?, Berikut Pilihan Terbaik Di Tahun 2019

Setelah fitur untuk guru seperti di atas, maka kita berpindah untuk siswa, hampir sama dengan guru atau dosen, maka akan ada forum, tugas kelas, dan anggota. Di forum kita bisa memposting dan bahkan mengomentari apa yang telah diposting oleh guru maupun siswa. Selain memposting pastinya bisa mengunggah juga tugas yang telah diberikan oleh guru. Namun bedanya di anggota, kita hanya bisa melihat siapa saja anggotanya.

Tidak seperti guru yang bisa menambahkan, mengedit, dan sebagainya. Jadi seperti itu lah mengenai cara menggunakan google classroom. Bagaimana, sangatlah mudah kan?, semoga bermanfaat untuk anda semuanya. Namun sayangnya di apk ini kita tidak bisa saling tatap muka seperti layaknya di zoom, buts its ok.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar