2 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root & Dengan Root

2 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root & Dengan Root – Sebuah handphone android pasti memiliki aplikasi bawaan, dan setiap merk handphone seperti samsung pasti memiliki aplikasi bawaan yang berbeda dari handophone xiaomi.

Jumlah aplikasi bawaan pada handphone bervariatif, biasanya tergantung merk handphone tersebut. Kadang ada handphone android yang memiliki sedikit aplikasi bawaan dan ada juga yang memiliki banyak aplikasi bawaan. Ada aplikasi yang membantu, dan ada juga yang tidak membantu alias tidak berguna.

Pada handphone berspesifikasi tinggi, mungkin jumlah aplikasi bawaan yang banyak tidak mengganggu dan memperlambat kinerja handphone, namun pada handphone yang berspesifikasi rendah, contohnya handphone yang ram memiliki RAM 1 giga ke bawah pasti merasa lebih berat karena jumlah aplikasi yang terlalu banyak.

Akibatnya banyak pengguna android yang ingin menghapus aplikasi bawaan yang tidak berfungsi karena hanya membuat penuh memori telepon. Namun, untuk menghapus aplikasi bawaan, banyak kendala yang ditemui di jalan karena belum mengerti caranya. Kebetulan, di artikel ini saya memberikan solusinya, berikut caranya.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

1. Menggunakan Aplikasi CCleaner (Tanpa Root)

  • Masuk ke Playstore, kemudian cari dan unduh aplikasi CCleaner.
  • Setelah di unduh buka aplikasinya. Nanti di pojok kiri atas ada tab 3 Garis, klik menu tersebut. Kemudian klik lagi menu App Manager. ccleaner app manager
  • Pada menu App Manager, nanti ada lagi sub menu aplikasi yang Terinstal, Sistem, dan Tidak Digunakan, pilih Sistem.
  • Pada Sub Menu Sistem, banyak sekali aplikasi bawaan handphone.
  • Setelah itu klik Icon Tong Sampah. Nanti akan ada peringatan dalam bahasa inggris bahwa intinya mengapus aplikasi bawaan akan menyebabkan gangguan sistem, tekan saja Continue untuk melanjutkan, jika anda ragu-ragu, sebaiknya jangan diteruskan.
  • Oke. setelah mengklik continue, pilih aplikasi yang ingin anda hapus. Jika lebih dari satu maka anda bisa mengklik beberapa aplikasi bawaan lainnya.
  • Jika sudah memilih aplikasi mana saja yang ingin anda hapus, terakhir klik Uninstal.
  • Akan ada notifikasi untuk meyakinkan anda apakah benar-benar ingin menghapus aplikasi sistem, pilih Ok.
  • Selesai, aplikasi bawaan handphone android anda sudah terhapus.

2. Menggunakan Aplikasi System App Remover (Root)

  • Untuk cara kedua ini anda wajib melakukan root pada perangkat android anda, untuk cara rootnya, berikut cara root android tanpa pc hanya dengan sekali klik.
  • Jika handphone sudah mendapatkan akses root, masuk ke playstore, cari dan instal aplikasi System App Remover.
  • Setelah terinstal buka aplikasinya, nanti aplikasi tersebut akan meminta izin SuperUser, klik Izinkan/Allow untuk melanjutkan.
  • Pada dashboard aplikasi System App Remover, akan ada banyak aplikasi bawaan sistem. Pilih aplikasi bawaan yang ingin anda hapus, anda bisa menandai beberapa aplikasi sekaligus.
  • Jika sudah menentukan aplikasi mana yang ingin anda hapus, kemudian klik Uninstal di bagian bawah aplikasi. system app remover uninstal
  • Terakhir tekan Yes untuk melanjutkan penghapusan. Tunggu sampai proses penghapusan aplikasi berhasil, rasakan bedanya. Jika handphone anda terasa lebih ringan dan tidak lelet dari sebelumnya, berarti proses ini berhasil.
  • Sekian cara menghapus aplikasi bawaan android menggunakan aplikasi system app manager.

Menonaktifkan Aplikasi Tanpa Harus Menghapusnya

Jika anda memang merasa banyak aplikasi bawaan pada handphone android yang sangat memberatkan kinerja handphone, sebaiknya saran saya lebih baik nonaktifkan saja aplikasi bawaan tersebut. Karena ini demi kebaikan anda sendiri, mungkin sekarang anda tidak butuh aplikasi tersebut, tetapi bagaimana keesokannya?.

Maka dari itu, pasti suatu saat anda membutuhkan aplikasi tersebut. Untuk menonaktifkan aplikasi bawaan android yang tidak digunakan, caranya sangat mudah, anda tidak perlu melakukan root pada perangkat android anda, langsung saja berikut caranya :

  1. Masuk ke Pengaturan handphone android anda masing-masing.
  2. Kemudian buka menu Aplikasi.
  3. Pada menu aplikasi nanti ada beberapa sub menu seperti aplikasi yang Diunduh, Di Kartu SD, Berjalan, dan Semua. Pilih Semua.
  4. Cari aplikasi bawaan yang ingin anda nonaktifkan, disini saya beri contoh aplikasi Olah Pesan.
  5. Klik aplikasi Olahpesan, Disitu ada banyak pilihan, klik Hapus Cache, Hapus Data, dan Berhenti Paksa. Setelah itu klik Nonaktifkan. olahpesan
  6. Nah, selesai. Dengan begitu aplikasi yang tidak berguna sudah berhasil dinonaktifkan.
  7. Jika suatu saat aplikasi tersebut anda butuhkan, tinggal masuk kembali ke pengaturan aplikasi Olahpesan kemudian klik Aktifkan.

Baca juga cara mengembalikan kontak handphone yang hilang di semua jenis hp.

Selain dengan menggunakan dua aplikasi di atas, masih banyak aplikasi lain yang bisa digunakan untuk menghapus aplikasi bawaan handphone android. Tetapi menurut saya, ada baiknya anda tidak menghapus aplikasi bawaan handphone android untuk mencegah kerusakan sistem.

Lebih baik anda menonaktifkan aplikasi tersebut tanpa harus menghapusnya untuk berjaga-jaga apabila suatu saat aplikasi tersebut dibutuhkan. Oke, sekian artikel mengenai cara menghapus aplikasi bawaan android lengkap, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda pengguna android. Terima kasih atas kunjungan anda.

Add Comment

UA-101858990-1
error: Content is protected !!