2 Cara Menghapus Virus Dengan CMD Hingga Ke Akarnya, Yuk Simak!

Cara Menghapus Virus Dengan CMD Hingga Ke Akarnya, Yuk Simak! – Virus tidak hanya menyerang manusia saja, melainkan di dunia digital virus pun juga bisa menyerang device anda. Maka dari itu biasanya banyak para pemiliki barang digital misalnya komputer atau laptop membersihkan virus dengan anti virus. Namun terkadang membersihkan dengan software anti virus ataupun aplikasi anti virus, virus pun tetap ada.

Bahkan ada yang masih banyak belum percaya dengan anti virus yang tersedia di internet secara gratis. Mungkin karena takut, anti virus tersebut bajakan dan malah membawa virus. Padahal jika kita ketahui ada cara untuk menghapus virus dan anda tidak perlu menginstall aplikasi pihak ketiga. Hanya dengan menggunakan program bawaan komputer saja sudah bisa.

Jadi di sini sebenarnya ada cara untuk menghapus virus komputer atau laptop dengan menggunakan CMD. Nah pastinya kalian tahu bukan mengenai apa itu CMD atau command prompt. Memang sih beberapa orang mengetahui cmd itu mungkin hanya sebatas untuk mengecek info tentang lan wifi perangkat, info ip, dan sebagainya melewati cmd. Padahal fungsi cmd tidak hanya itu saja.

Bisa untuk spesifikasi info pc, hardisk, system, dan salah satunya juga untuk menghapus virus. Lalu gimana sih cara untuk menghapus virus melalui cmd?, biar lebih jelas lagi mengenai informasi ini silahkan simak tutorialnya di bawah ini!.

Cara Menghapus Virus Menggunakan CMD

Terdapat dua cara untuk menghapus virus cmd, alangkah baiknya kalian mencoba satu persatu agar mengerti cara yang baik yang mana.

1. Cara Pertama

  • Buka saja program CMDnya, anda bisa tekan tombol shift pada keyboard lalu klik kanan pada mouse. Lalu tinggal dilanjut run command prompt.
  • Jika program cmd sudah terbuka, berikutnya silahkan tinggal ketikkan cd lalu tekan enter pada keyboard.cd cmd
  • Berikutnya silahkan mencari nama drive yang sekiranya ingin kamu cek dengan cmd. Misalnya saja kamu ingin mengecek drive F. Nah kamu tinggal ketikkan saja F, dilanjut saja dengan tekan tombol enter pada keyboard kalian.
  • Setelah itu ketik saja attrib dan dilanjut tekan enter lagi pada keyboard.cara menghapus virus menggunakan cmd
  • Lalu akan muncul beberapa file-file yang begitu banyak. Setelah itu silahkan cek satu per satu filenya, apabila ada yang sekiranya mencurigakan yang anda kira virus, ketik DEL pada lokasi file yang kalian anggap sebagai virus.del cmd

Baca Juga :

2. Cara Kedua

Untuk cara yang kedua ini sedikit berbeda dengan cara yang pertama, apabila cara pertama tadi lingkupannya begitu luas. Namun untuk yang cara yang kedua ini memiliki lingkupan kecil akan tetapi lebih valid dalam menghapus virus yang ada di komputer ataupun laptop kalian.

  • Silahkan kalian buka cmdnya, untuk caranya sama seperti di atas membuka cmdnya.
  • Berikutnya silahkan kalian perhatikan kolom state
  • Jika terdapat tulisan listening maka komputer atau laptop kalian aman
  • Sedangkan ada tulisan established maka komputer atau laptop kalian sedang terserang virus-virus jahat yang bisa mengancam keselamatan file penting anda maupun data-datanya juga.
  • Untuk memperbaiki hal tersebut banyak yang memilih tindakan dengan menggunakan task manager, hal ini bertujuan untuk mencocokkan PID di CMD.
  • Terakhir silahkan kalian coba klik kanan, lalu stop service , nah pada langkah terakhir tinggal sabar menunggu saja hingga prosesnya selesai.

Jadi itulah beberapa cara menghapus virus dengan CMD. Memang sih agak rumit, akan tetapi nyatanya banyak yang berhasil menghapus virus dengan cara ini.

Namun jika sekiranya sudah menggunakan anti virus dan cmd, tetapi virusnya tetap masih ada. Maka saran saya untuk instal ulang OS nya, karena ini benar-benar membersihkan tuntas sampai ke akar-akarnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semuanya, sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *