Ini Dia 10 Perintah CMD Yang Sering Digunakan Dan Jarang Diketahui

Ini Dia Perintah CMD Yang Sering Digunakan Dan Jarang Diketahui – Command Prompt atau sering kita sebut dengan CMD merupakan tools bawaan dari windows yang memiliki banyak fungsi dan manfaat yang mungkin masih jarang diketahui.

Bagi orang awam mungkin ini tidak berguna dan tampilannya pun begitu membosankan, padahal ini adalah pemikiran yang salah. Terdapat banyak fungsi di sana yang sangat bermanfaat. Memang sih dari tampilan CMD cuma mayoritas itu berwarna hitam saja, lalu untuk fontnya berwarna putih. Tapi tahukah anda bahwa CMD ini sangat powerfull?.

CMD ini sendiri merupakan sebuah perintah DOS yang terdapat pada OS Windows. Yang paling penting dari tools ini yakni bisa digunakan untuk mempermudah pengguna windows untuk mengoperasikan laptop/komputer melalui perintah perintah secara offline maupun online.

Tidak hanya di OS Windows, bahkan sampai-sampai di OS linux pun ada juga yang menggunakan Command Prompt ini. Akan tetapi jika di linux istilahnya yaitu terminal. Namun secara keseluruhan fungsi dan kegunaannya sama.

Untuk mengakses CMD kita biasanya menggunakan menekan kombinasi keyboard antara windows+ R, lalu tinggal ketikkan CMD dan akan langsung muncul. Selain itu kalian juga bisa dengan cara tekan shift, lalu klik kanan dan pilih open command prompt. Ada hal menarik nih, di sini saya akan membagikan mengenai informasi. Perintah CMD yang sering digunakan, siapa tahu ini bakalan bermanfaat kelak. Untuk lebih jelasnya silahkan simak sebagai berikut.

Perintah CMD Yang Sering Digunakan

1. Ping

ping cmd

Ketika mengalami koneksi buruk atau susah sinyal, biasanya banyak diantara kita yang sudah tahu mungkin akan menggunakan CMD dengan perintah PING agar nantinya sinyal bisa langsung bagus kembali. Perlu kalian ketahui PING ini juga memiliki manfaat lain dalam dunia peretasan, seperti untuk mencari informasi apakah ip/domain masih dalam keadaan hidup atau mati. Untuk cara penggunaannya seperti gambar di atas.

2. Ipconfig

Perintah CMD kedua yang sering digunakan ada IPCONFIG. Dalam hal melihat informasi jaringan yang ada ataupun untuk mengetahui info ip yang terpasang pada suatu network adapter. Tak hanya itu saja, perintah ini juga berguna dalam hal browser dan sebagainya. Namun jika lebih spesifik maka ini memang bisa berguna dalam seluk beluk ip, troubleshooting jaringan dan sebagainya.

3. Netstat -an

Berikutnya ada netstat, mungkin banyak diantara anda yang masih belum mengerti mengenai perintah CMD yang satu ini. Ini bisa bermanfaat untuk menghadirkan statistik jaringan dalam PC anda. Netstat ini cenderung menampilkan service jaringan yang sedang digunakan bahkan beserta IP dan portnya juga. Jadi ini berbeda dengan task manager.

4. Route

Selanjutnya ada router, nah untuk perintah yang satu ini berfungsi membuat sebuah jalur routing baru pada suatu kompuer dalam satu jaringan. Seperti kita ketahui bahwa pada umumnya yang biasa digunakan pada LAN atau WAN. Bahkan dengan perintah ini kalian juga bisa mengetahui info jalur, host, gateway, dan sebagainya.

5. Tracert

Tracert merupakan perintah CMD yang berfungsi sebagai alat untuk mencari jalur yang sering dilewati data menuju ke ip atau host secara detail di internet. Perintah yang satu ini terdapat di beberapa alat seperti router, wireless, windows, linux, dan modem. Tapi walaupun di setiap alat-alat tersedia, akan tetapi memiliki perbedaan.

Baca Juga :

6. NSlookup

Perintah nslookup berfungsi untuk mengetahui ip dari sebuah domain. Selain itu, nslookup sering dipakai untuk mendiagnosa permasalahan jaringan yang berhubungan dengan DNS.

Contohnya jika anda tahu URL website, tetapi anda tidak tahu alamat Ip nya, anda bisa mengetahuinya dengan perintah nslookup di CMD. Contohnya, dengan mengetikkan nslookup www.dewailmu.id (www.dewailmu.id adalah contoh situs yang ingin anda ketahui Ip nya).

7. Recimg

recimg
Picture by Winpoin

 

Windows 8 memiliki fitur Refresh Your PC, yang bisa memungkinkan anda untuk membuat laptop anda lebih fresh. Selain itu, windows 8 juga memiliki fitur recovery image tersembunyi dan bisa dibuka dengan menggunakan perintah command prompt, perintah tersebut adalah recimg. Untuk membuat recovery image, anda dapat mengetikkan perintah seperti di atas.

8. sfc /scannow

Perintah CMD Selanjutnya yakni sfc /scannow digunakan untuk tool system file checker yang bisa membantu anda memperbaiki Windows dengan memeriksa file yang ada di system Windows. Jika terdapat file di system Windows yang rusak atau corrupt, tool system file checker akan memperbaikinya.

9. Chiper

chiper
Picture by Winpoin

Perintah cipher sering digunakan untuk mengatur enkripsi, selain itu juga bisa digunakan untuk membersihkan hardisk atau drive. Jika anda ingin membersihkan drive melalui preintah ini, file yang dibersihkan tidak bisa dikembalikan lagi. Di atas merupakan contoh perintahnya.

10. ARP

Yang terakhir dan sering digunakan ada ARP, nah arp sendiri merupakan kepanjangan dari adress resolution protocol. Ini berfungsi untuk mencari tahu mac adress atau alamat pada suatu hardware pada suatu host. Misalnya saja dalam OSI layer itu, kira-kira dapat bekerja pada layer berapa saja. misal layer 1 dan layer 2.

Jadi itulah beberapa perintah cmd yang sering digunakan banyak orang. Kalau saya sendiri cenderung menggunakan PING, NETSFAT, dan IPCONFIG. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, sekian dan terima kasih, apabila ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *