2 Cara Menghapus Windows Old Di Windows 10, 8, Dan 7 Lengkap

2 Cara Menghapus Windows Old Di Windows 10, 8, Dan 7 Lengkap – Apakah anda pernah mengupgrade windows anda atau menginstal ulangnya?, saya rasa jika anda memiliki laptop, komputer, maupun pc pasti pernah melakukan instalasi ulang windows. Karena os windows anda pasti pernah error.

Untuk instal ulang windows, biasanya kita akan menginstalnya pada drive C. Dan setelah instal ulang, pasti kapasitas drive C akan berkurang drastis. Ini wajar karena digunakan sebagai file sistem, tetapi ada satu hal lagi yang menyebabkan drive C penuh, yakni folder windows.old.

Folder windows.old adalah folder sistem windows sebelumnya. Mengapa foldernya tidak otomatis tertindas oleh windows baru?, folder ini tidak tertindas secara otomatis karena jika suatu saat terjadi masalah pada windows baru, folder windows.old ini bisa direstore/dikembalikan. Pada handphone fungsinya seperti file backup.

Namun banyak orang berpikiran folder ini tidak begitu penting dan memenuhi penyimpanan komputer, maka dari itu banyak pengguna komputer ingin menghapus file windows.old ini. Cara menghapusnya mudah, berikut cara menghapus file windows.old yang pada berbagai versi windows.

Cara Menghapus Windows Old

1. Menggunakan Disk Cleanup

Catatan : Setiap windows memiliki cara berbeda, namun disini saya memberikan tutorial menggunakan windows 10. Jadi, simak baik-baik ya tutorialnya.

  • Masuk ke Windows Explorer, kemudian klik Drive C.
  • Selanjutnya klik kanan pada drive c dan pilih Properties.
  • Pada menu properties, nanti ada menu Disk Cleanup seperti pada gambar di bawah. disk cleanup menu
  • Pilih disk cleanup, tunggu beberapa saat karena sistem sedang melakukan scan/pembacaan pada file di drive c.
  • Setelah proses scanning selesai, lanjutkan dengan mengklik menu Clean up system file.  clean up system file
  • Nanti akan muncul tab baru seperti gambar di bawah. Centang Previous Windows Instalations, kemudian klik Ok. previous windows instalation
  • Klik lagi Delete Files. delete file disk cleanup
  • Akan muncul konfirmasi terakhir apakah anda benar-benar akan menghapus file windows lama seperti di bawah ini, Pilih Yes. delete confirmation
  • Kemudian proses penghapusan file akan berlangsung, dan ini membutuhkan waktu yang cukup lama melihat ukuran file nya juga lumayan besar.
  • Tunggu sampai selesai, jika sudah selesai restart komputer anda dan coba lihat memori drive c, pastinya sudah bertambah dan file windows.old sudah menghilang.
  • Selamat mencoba!!.

2. Dengan Command Prompt (CMD)

Catatan : Untuk tutorial menghapus windows.old menggunakan CMD, saya memberikan tutorial menggunakan windows 7, jadi simak ya baik-baik!.

  • Klik menu Start pada pojok kiri bawah desktop.
  • Selanjutnya pada kolom pencarian tulis CMD kemudian enter.
  • Setelah jendela command prompt terbuka, ketikkan perintah takeown /F C:\\Windows.old\\* /R /A kemudian klik Enter. Contohnya seperti gambar berikut. cmd disk cleanup
  • Jika berhasil, nanti anda akan mendapatkan izin untuk mengakses folder windows.old. Selanjutnya ketikkan cacls C:\\Windows.old\\*.* /T /grant administrators:F kemudian klik Enter. Nanti CMD akan meminta konfirmasi. Pilih Y kemudian tekan Enter lagi. command prompt delete windows.old
  • Konfirmasi diperlukan agar anda memiliki hak penuh atas file windows.old.
  • Terakhir, ketikkan perintah ini pada command prompt rmdir /S /Q C:\\Windows.old\\ dan tekan Enter. Perintah ini dibutuhkan untuk menghapus file windows.old. command prompt disk cleanup cara menghapus windows old
  • Tunggu sampai prosesnya selesai, jika sudah selesai, restart kembali komputer anda.
  • Mudah kan?, selamat mencoba.

Baca Juga :

Memang folder windows.old ini memakan banyak kapasitas memori. Namun, sebelum menghapus folder windows old, anda bisa merestore beberapa instalasi software maupun game anda sebelumnya tanpa harus menginstalnya lagi. Itulah beberapa kelebihan file windows.old.

Namun, jika memang tidak penting anda bisa langsung menghapusnya setelah update windows. Oke, itulah sekilas artikel tentang cara menghapus windows old di semua versi windows. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

31 komentar

  1. Kok lama sekali hapus windows old menggunakan disk cleanup ya..???
    Tlong masukannya kak
    Terimakasih kak…

    1. Ya kalau file di windows old nya banyak, ya otomatis lama. sabarlah bang. saya aja hampir 30 menit.

  2. berarti dihapus itu gappa kan mas? soale saya habis update windows trus ada previuos installs.

  3. Bang, ini cuma hapus OS oldnya ajakan? File yang lain gak kehapuskan? Soalnya file osnya ada di folder file file yang penting

  4. Mantap thx ilmunya, 100% work dan bermanfaat sekali
    Komputerku udh ngga lemot lagi.

  5. Setelah hapus windows old bisa instal windows 7 nga bang, soalnya saya pake windows 1o juga bang laptop saya jadi lemot

  6. Terima kasih atas sharing ilmu nya. Saya udah pusing menghapus manual gak bisa. Untung dapat info dari dewailmu.id

  7. Mohon bantuannya, Bagai mana cara mengaktifkan calculator windows 10 yg tidak bisa dibuka stelah terinstal. Direset sudah, diinsatl ulang sudah, hasil nya masih nol. Trima kasih atas bantuannya.