oleh

2 Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Flashdisk Secara Permanen

2 Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Flashdisk Secara Permanen – Flashdisk merupakan hardware yang digunakan untuk menyimpan file dari komputer secara sementara maupun permanen. Jika anda memiliki komputer, anda bisa menyimpan file sementara di flashdisk, kemudian memindahkannya ke laptop.

Namun jika anda tidak memiliki laptop/komputer, anda bisa menyimpan file tersebut secara permanen di flashdisk dalam jangka waktu yang lama. Tetapi menyimpan file di flashdisk dalam jangka waktu yang lama juga bukanlah hal yang baik, karena setiap flashdisk mempunyai daya ketahanan terhadap virus/malware.

Sekian banyak dari anda yang memiliki laptop/komputer pasti pernah menjumpai file di flashdisk berbentuk shortcut ketika anda memakai flashdisk setelah sekian lama tidak digunakan. Memang bukan hanya karena terlalu lama tidak digunakan, ada banyak hal yang bisa menimbulkan masalah tersebut.

Seperti saat kita memindahkan file tetapi tidak sampai selesai kita mencabut flashdisk tersebut/lampu mati. Jarang di scan virus dan malware, serta banyak penyebab lainnya. Maka dari itu disini saya menerangkan mengenai cara menghapus virus shortcut di flashdisk agar tidak keluar lagi.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Flashdisk Permanen

1. Format Flashdisk

Memang cara ini sangatlah mudah, namun tidak semua flashdisk bisa sembuh dari virus shortcut ini. Pada dasarnya virus shortcut ini bisa membuat laptop/komputer lemot karena jumlah shortcut yang sangat banyak hingga ribuan.

Untuk mengatasinya anda bisa memformat flashdisk tersebut. Memang terbilang sulit, karena setelha laptop dimasukkan maka laptop akan lemot, maka dari itu anda harus cepat memformatnya. Itulah cara menghilangkan virus di flashdisk terutama virus shortcut paling mudah.

2. Menggunakan CMD Dan Fitur Hidden

  • Tancapkan flashdisk ke komputer, tunggu sampai terdeteksi.
  • Setelah terdeteksi, cepat-cepat buka file explorer dan masuk ke drive flashdisk anda.
  • Pada pojok kiri atas klik Organize > Folder And Search Options. navigate hidden file
  • Pada menu Folder Options, klik lagi menu View.
  • Kemudian centang kolom Show Hidden Files, Folders, And Drives. Hilangkan centang pada Hide Protected Operating System Files (Recommended). folder options
  • Jika nanti muncul notifikasi seperti pada gambar di bawah ini, tekan Yes. system app
  • Sampai disini, folder yang berisi virus shortcut biasanya tampil, tapi biasanya juga akan hilang lagi/Semi-Hidden.
  • Untuk membuatnya kembali normal, kita perlu bantuan Command Prompt/CMD. Silahkan buka CMD, caranya klik menu Start pada pojok kiri bawah, kemudian pada kolom pencarian ketikkan CMD dan klik Enter.
  • Selanjutnya pada cmd, ketikkan lokasi drive flashdisk anda. Misalnya D, anda tinggal memasukkan perintah D kemudian tekan Enter.
  • Kemudian ketikkan lagi perintah attrib -s -r -h /s /d seperti gambar di bawah dan tekan Enter. cmd
  • Tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Jika sudah, anda bisa mengecek kembali folder yang berisi virus shortcut. Lihat, apakah sudah normal atau belum, jika sudah normal hapus saja semua folder yang menurut anda mencurigakan.
  • Sekian cara menghapus virus shortcut di flashdisk secara permanen, memang virus shortcut bukan hanya disebabkan oleh flashdisk itu sendiri. Terkadang virus shortcut juga berasal dari sebuah komputer/laptop, dan ketika flashdisk tersebut ditancapkan, maka virus dari komputer tersebut masuk ke flashdisk.

Baca juga : Cara mematikan windows defender pada semua versi windows.

Mudah sekali kan?, anda semua pasti bisa melakukannya. Sebenarnya banyak yang mengatakan bahwa shortcut tersebut bukanlah virus, sebelum melakukan tutorial di atas, coba scan menggunakan antivirus yang agak bagus seperti avast, avg, dan avira. Jika memang file tersebut adalah virus, otomatis antivirus akan menghapusnya.

Sekian artikel tentang cara menghilangkan virus shortcut di flashdisk agar tidak keluar lagi. Semoga artikel ini dapat membantu permasalahan anda dan berhasil 100 persen. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa kembali lagi untuk mendapatkan artikel terbaru gratis.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

  1. Terimakasih mas wawan . info nya sangat bermanfaat nih .salam sukses selalu dan buat teman blogger lainnya jika sempat mampir di myblog bimahartono dan tinggalkan komentar tanpa menyembunyikan nama asli.