11 Cara Menjadi Youtuber Sukses Mulai Dari Nol, Wajib Dicoba!!!

Cara Menjadi Youtuber Sukses Mulai Dari Nol, Wajib Dicoba!!! – Apakah kalian mungkin pernah berfikir, aku ini hanya orang biasa apakah bisa menjadi youtuber sukses?, jawabannya bisa. Menjadi youtuber sukses sebenarnya merupakan pilihan asal ada usaha dan kerja keras. Tak lupa juga doa dari kedua orang tua dan kerabat kita pastinya. Namun kebanyakan youtuber saat ini cenderung memikirkan penghasilan dan tidak memikirkan kualitas video.

Sebenarnya itu adalah hal yang sangat wajar, karena memang kebanyakan orang menjadi youtuber agar memiliki penghasilan besar. Akan tetapi sebisa mungkin kalian harus menghindari keinginan mendapatkan uang secara cepat. Karena semua itu butuh proses, kecuali jika memang benar benar rejeki anda tersebut lancar.

Maka bisa saja anda menjadi viral dan sukses, namun orang orang seperti itu jarang ditemukan, ada mungkin hanya viral sesaat. Serta seiring berjalannya waktu, orang tersebut tidak terkenal lagi dan penghasilannya pun mulai down. Menjadi seorang youtuber sukses tidak hanya membuat sebuah channel youtube dan selalu upload konten secara asal, semua itu ada caranya.

Mungkin diantara kalian ingin mengetahui cara menjadi youtuber sukses?, berikut disini saya akan menjabarkan beberapa tips-tips yang pernah saya dengar untuk menjadi youtuber sukses dari youtuber-youtuber yang sudah sukses.

Cara Menjadi Youtuber Sukses

1. Pilih Nama Channel Yang Mengena

Dalam memilih nama channel banyak sekali yang asal membuat nama channel yang penting asal jadi. Eits sebisa mungkin anda harus menghindari hal tersebut, kalau bisa pikirkan secara matang-matang nama channel tersebut.

Karena besok apabila anda sudah sukses, maka anda akan sangat bangga dengan nama channel youtube tersebut. Apalagi jika sudah mencapai ratusan ribu ataupun juta subscriber, maka anda bisa menggunakan nama channel youtube anda sebagai brand.

2. Selalu Konsisten Dalam Unggah Video

konsisten adalah kunci sukses

Waktu ATTA Halilintar memiliki subcriber 10 ribuan, maka ia selalu rajin sekali posting videonya. Dan alhasil kini ia sekarang menjadi youtuber terpopuler di Asia Tenggara dengan memiliki subcriber 20 jutaan lebih. Wow, angka yang sangat fantastis ya.

Maka dari itu sebisa mungkin kalian harus selalu konsisten dalam posting video. Apabila kuatnya seminggu upload 3 kali, maka tiga kali saja. Jika sanggup setiap hari update, maka cobalah untuk setiap hari update. Karena semakin sering update, maka secara otomatis subscriber ataupun visitor juga ikut naik.

3. Selalu Memperbarui Formula

Formula sendiri merupakan resep, apa sih yang bikin suatu hal yang baru?, seperti pasangan Baim dan Paula. Mereka berdua menemukan formula baru untuk menjadi seorang gembel, dan pada akhirnya memberikan rejeki kepada orang yang kurang mampu. Dari hal ini anda bisa menyesuaikan dengan jenis konten ataupun niche yang ada di channel youtube anda. Jadi pokoknya cari hal hal yang baru, sekira di channel orang lain belum ada.

4. Jalin Hubungan Interaksi dengan Subscriber

cara menjadi youtuber sukses dengan meet and greet fans

Banyak youtuber-youtuber yang enggan berinteraksi dengan subscriber, padahal itu adalah hal yang penting. Maka dari itu sebisa mungkin kalian selalu berinteraksi dengan subcriber anda. Jadi jika ada komentar di salah satu video anda yang masuk, sebisa mungkin kalian balas. Walaupun ada beberapa yang hate comment, maka tetap balas saja dengan santun.

Baca Juga :

5. Fokus Kualitas Video, Bukan Uang

Seperti yang saya katakan di atas, banyak yang tidak fokus pada kualitas video, tetapi pada uangnya. Dan itu sebenarnya adalah hal yang salah. Tahukah anda, sebenarnya pendapatan mengikuti kualitas suatu video, semakin bagus kualitas video, maka pendapatan pun bisa mengalir dengan cepat. Jadi tidak perlu repot mikirin uang, uang itu cuman bonus. Fokus ke kualitas video saja.

6. Buat Judul Video Yang Mengena, Kalau Bisa Clickbait, Tapi Harus Sama Dengan Isi Video

judul clickbait

Nah, ini juga penting. Biasanya seseorang akan melihat video yang memiliki judul clickbait, ternyata eh pas setelah di klik biasa saja, dan itu adalah hal yang sudah biasa. Tapi kalau bisa, selain judulnya clickbait, usahakan judul tersebut ada hubungannya dengan isi video, agar terlihat relevan lah pokoknya.

7. Pasang Thumbnail Yang Mengundang Klik

Diluar sana, penonton youtube banyak yang terpancing dengan thumbnail, dan thumbnail inilah yang banyak membuat orang penasaran, selain judul clickbait. Jadi, usahakan pasang thumbnail yang mengundang klik, seperti thumbnail cewek cantik, uang jutaan rupiah, dan anda juga bisa memasang thumbnail yang agak p*rn*, hehehe tau kan?, maaf ya saya sensor.

8. Lengkapi Deskripsi Dan Tag

tag youtube

Usahakan Buat Tag dan deskripsi yang sama dengan judul, ini bisa juga masuk dalam kategori seo youtube. Jadi main kata kunci aja, dan gunakan tag sebanyak mungkin, dan usahakan relevan agar video tersebut muncul di setiap pencarian yang menggunakan kata kunci yang berhubungan dengan judul video tersebut.

9. Share!

Membagikan video merupakan suatu hal yang penting, terutama untuk youtuber pemula. Karena jika anda memiliki subscriber sedikit, mau dapat view darimana kalau tidak dibagikan?, ya kalau anda sudah memiliki banyak subscriber, seperti 1 juta subscriber, oke oke saja kalau anda tidak membagikan video tersebut, bahkan saya berasumsi video tersebut justru akan dibagikan subscriber anda.

Jadi, wajiblah bagi anda membagikan video youtube anda sendiri agar mendapatkan banyak view, usahakan share semua video yang barusan anda upload, jangan pilih-pilih.

10. Promosi Berbayar (Opsional)

endorsement

Nah, jika anda ingin video anda cepat mendapatkan uang, lakukan promosi berbayar seperti endorse ke artis-artis, facebook ads, instagram ads, tapi saya sarankan hanya untuk anda yang memiliki uang lebih ya, hehehe. Takutnya video tersebut belum mendapatkan banyak view, belum dapat uang, eh tau tau rugi duluan.

11. Membuat Fans Base

Cara terakhir untuk menjadi youtuber sukses yakni membuat fans base. Hal ini sebenarnya poinnya sama dengan poin ke 4 agar anda memiliki interaksi dengan para subscriber. Jadi anda bisa membuat sebuah meet and greet, karena itu adalah bentuk rasa sayang anda kepada para subscriber, maka secara otomatis lama kelamaan pun anda bisa menjadi sukses dengan cepat dengan adanya interaksi.

Jadi itulah beberapa cara untuk menjadi youtuber sukses. Semoga bermanfaat untuk kalian, dan bagi anda semua yang ingin jadi youtuber, semoga sukses semua, amin. Sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar