3 Cara Menjalankan Windows Safe Mode Dengan Mudah & Praktis

Cara Menjalankan Windows Safe Mode Dengan Mudah & Praktis – Safe mode merupakan salah satu fitur yang terdapat di windows dan ini masih jarang yang mengetahui. Padahal fungsi dari safe mode yang ada di windows ini cukup banyak terutama dalam hal memecahkan permasalahan troubleshooting. Biasanya hal-hal yang terjadi dan bisa diatasi dengan safe mode yaitu program yang tidak berjalan dengan normal karena adanya virus.

Ketika memasuki safe mode maka yang akan tampil hanya driver serta software bawaan windows saja selama proses startup. Lalu beberapa aplikasi yang sekiranya mengandung virus ataupun terdapat masalah error tidak akan ikut berjalan, dan bahkan kita bisa memperbaikinya. Banyak sekali cara untuk menjalankan safe mode pada windows.

Pastinya banyak diantara anda juga yang masih belum tahu cara menjalankan ataupun mengaktifkannya?, tenang berikut saya akan menjelaskan cara mengaktifkan windows safe mode dengan cepat.

Cara Menjalankan Windows Safe Mode

1. Melalui System Configuration

Cara pertama agar kalian bisa menjalankan ataupun memasuki windows safe mode dengan cara melalui system configuration. Untuk caranya sendiri silahkan tekan logo windows pada keyboard atau arahkan pada pencarian windows, lalu silahkan ketik msconfig.

Selain itu anda juga bisa mengetikkan system configuration jika sudah tekan enter. Setelah itu akan muncul jendela baru, dan di situ silahkan klik pada tab boot, dan akan ada 4 macam metode safe boot. Mulai dari minimal, alternate shell, active directory repair, dan network. Untuk lebih jelasnya lagi saya akan jelaskan 4 hal tersebut.safe mode

  • Minimal : menjalankan safe mode dengan memuat driver dan service saja, dan tampilannya hanya windows standart pada umumnya
  • Alternate Shell: menjalankan safe mode dengan cmd tanpa windows gui
  • Active Directory Repair : menjalankan safe mode yang memiliki akses ke komponen komputer, dan fitur ini cocok apabila mengalami gagal install hardware
  • Network : menjalankan safe mode dengan tambahan druver, untuk akses jaringan dengan tampilan GUI standart.

2. Melalui Tombol Keyboard F8

Nah ini merupakan salah satu cara yang sering digunakan untuk mengakses windows safe mode. Jadi hanya beberapa kali tekan tombol F8 pada saat proses booting terutama di windows xp, 7, dan 8. Sayangnya untuk memasuki safe mode di windows 10 dengan F8 ini sudah tidak ada lagi. Dengan tujuan agar proses booting semakin cepat. Jadi biasanya untuk windows 10 lebih ke CMD saja atau bisa menggunkan cara di atas juga.

Baca Juga :

3. Melalui Advanced Startup

Cara terakhir yang dapat kalian lakukan untuk memasuki windows safe mode yang mungkin sekiranya hendak kalian manfaatkan terutama dalam memperbaiki aplikasi yang bermasalah yaitu lewat advanced startup. Caranya simak di bawah ini :

  • Pertama klik start
  • Setelah itu pilih settings
  • Kemudian pilih saja update & security dan pilih kolom recoveryupdate n security
  • Dilanjut dengan memilih tombol restart now
  • Setelah itu pc anda akan masuk ke mode recovery
  • Di sana akan ada pilihan, mulai dari continue, troubleshoot, dan turn off your pc. Silakan pilih troubleshoot Lalu pilih advanced optionsadvande option windows 10
  • Pilih startup settings dan silahkan restart komputer anda

    startup setting
    Pictures by How To Geek
  • Setelah restart akan muncul pilihan startup lagi dan termasuk safe mode juga ada
  • Pilih safe mode
  • Selesai

Jadi itulah ketiga cara untuk menjalankan safe mode di windows dengan mudah. Menurut mimin yang paling mudah adalah yang F8 walaupun sayangnya di windows 10 sudah dihilangkan, tapi cara pertama juga bisa diandalkan.

Untuk cara yang terakhir memang panjang sob, tapi ya cuma itu sih caranya. Semoga bermanfaat bagi anda yang sekiranya ingin membenahi aplikasi yang terkena virus, apabila ada pertanyaan silahkan tanya di kolom komentar di bawah, sekian, dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. Terima kasih Ya kak untuk artikelnya, ini sangat berguna dan bermanfaat.
    Oh iya kak perkenalkan saya Ria Resti mahasiswa dari atmaluhur