6 Cara Merawat Baterai Hp Agar Tahan Lama Dalam Jangka Panjang

6 Cara Merawat Baterai Hp Agar Tahan Lama Dalam Jangka Panjang – Baterai menjadi bagian penting dalam sebuah alat elektronik entah itu senter, laptop, handphone dan lainnya. Pada handphone, baterai memiliki fungsi yang penting yaitu menampung energi listrik untuk didistribusikan pada seluruh perangkat handphone. Dengan adanya aliran listrik dari baterai, hp bisa menyala dan bisa berfungsi.

Baterai pada setiap peragkat hp memiliki kapasitas dan ukuran yang berbeda-beda. Namun, umumnya kapasitas dari sebuah baterai akan disesuaikan dengan kebutuhan dari hp itu sendiri. Daya yang dimiliki baterai sendiri tidak bisa digunakan untuk selamanya, melainkan ada batas waktunya. Beberapa baterai hp memiliki daya yang cukup lama bahkan berhari-hari pada posisi standby.

Sekarang ini, handphone telah menjadi bagian hidup yang tidak dapat dilupakan, hampir segala kegiatan manusia memerlukan handphone. Karena sering digunakan itulah, baterai handphone menjadi rusak dan harus diganti. Bukan bagian layar atau touchscreen yang rusak melainkan baterainya. Pemakaian yang berlebihan serta penggunaan baterai hingga habis bisa membuat baterai cepat rusak.

Cara Merawat Baterai Hp Agar Tahan Lama

Masalah yang sering dijumpai pada baterai handphone adalah cepat habis atau drop. Banyak penyebab yang menjadikan baterai hp menjadi cepat habis dan mudah drop antara lain menggunakan selain menggunakan handphone secara berlebihan, diantaranya mengecas handphone sambil digunakan untuk bermain game. Dengan melakukan berbagai kegiatan tersebut bisa membuat baterai hp tidak awet.

Baca juga : Penyebab Handphone Cepat Panas, Bahkan Hingga Meledak.

Oleh karena itu, Cara merawat baterai hp yang benar perlu anda pelajari agar baterai handphone yang anda miliki bisa terjaga kesehatannya. Anda belum mengetahui bagaimana cara merawat baterai hp yang benar?, tenang saja. Berikut ini kami akan memberikan sedikit tips merawat baterai hp dengan benar. Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menjaga agar baterai tetap awet dan berikut tipsnya.

1. Stop Bermain Hp Sebelum Daya 20%

stop main handphone

Kebiasaan yang banyak dilakukan oleh orang – orang adalah menggunakan hp mereka hingga daya baterai habis. Habis di sini berarti habis hingga 0%, dan ini bisa berakibat buruk pada kesehatan baterai hp yang anda miliki. Cepat habisnya daya baterai menjadi salah satu masalah yang sering ditimbulkan oleh kegiatan ini, jadi usahakan untuk bermain dan berhenti sebelum mencapai daya 20%.

2. Setelah Berhenti, Diamkan 5 Menit Dan Charge Sebelum Benar-Benar Habis

Banyak orang biasanya akan mencharge hp-nya ketika daya baterai benar – benar habis, padahal kebiasan seperti ini bisa merusak keawetan dari baterai hp anda. Charge baterai anda sebelum habis, dan sangat dianjurkan apabila anda mengisi ulang daya baterai ketika daya baterai masih 35 – 30%. Dengan begitu anda akan menjaga baterai tetap bagus dan maksimal.

Dan jangan lupa juga, jangan langsung cas handphone anda dalam keadaan setelah dipakai bermain, mengapa demikian?. Karena baterai handphone anda masih panas, jadi usahakan agar baterai tersebut menjadi dingin, diamkan 5-10 menit asalkan jangan sampai baterai tersebut habis dayanya, setelah dingin, anda bisa mengecas handphone tersebut.

3. Gunakan Charger/Cas Original

original charger

Memang menggunakan barang original adalah pilihan tepat tak terkecuali pada masalah charger. Penggunaan charger bisa mempengaruhi perfoma baterai hp anda. Jadi, tips merawat baterai hp yang terbaik adalah menggunakaan charger original yang ada ketika anda membeli hp. Penggunaan charger yang tidak sesuai bisa merusak dan memperburuk performa baterai itu sendiri.

4. Diamkan Hp Yang Panas

Hp yang panas sangat rawan terjadi sebuah ledakan, bahkan pemicunya adalah baterai yang panas. Baterai panas di sini bisa disebabkan oleh banyak faktor dan salah satu penyebab utama adalah penggunaan hp yang terlalu berlebihan. Sebaiknya ketika anda bermain hp jangan sampai menimbulkan suhu yang terlampau panas, apabila baterai sudah terasa panas sebaiknya anda menghentikan aktivitas tersebut.

5. Isi Daya Hingga Benar-Benar Penuh

baterai 100 persen penuh

Proses pengisian daya adalah waktu yang vital dalam menjaga performa baterai tetap bagus. Pengisian daya yang tidak mencapai titik penuh bisa mengakibatkan buruknya performa yang dimiliki baterai. Jadi, anda bisa merawat baterai hp dengan mengisi dayanya hingga benar-benar penuh. Dengan demikian anda secara langsung menjaga agar baterai tetap awet.

6. Jangan Memainkan Hp Ketika Dicharger

Lagi-lagi kegiatan yang bisa merusak kesehatan baterai yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah mengoperasikan hp ketika masih dalam keadaan di cas. Hal ini sangat mudah menurunkan performa dari baterai yang anda miliki. Tips merawat baterai hp agar awet bisa anda lakukan dengan tidak memainkan hp ketika masa charger. Kegiatan ini bisa membantu performa baterai tetap bagus.

Beberapa kegiatan anda sering menjadi faktor utama rusaknya performa dari bateri handphone tersebut. Dengan menggunakan tips merawat baterai hp di atas, anda bisa menjaga baterai agar tetap awet. Selain hal di atas, jauhkan hal-hal yang bisa menjadi penyebab eksternal yang mempengaruhi performa baterai. Oke, Sekian artikel mengenai cara merawat baterai hp agar tetap awet, semoga bermanfaat untuk anda semua, terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *