oleh

5 Cara Merawat Baterai Tanam HP Agar Awet Pada Android & iPhone

5 Cara Merawat Baterai Tanam HP Agar Awet Pada Android & iPhone – Ponsel sudah menjadi barang elektronik yang paling sering digunakan oleh banyak orang. Bahkan, permintaan akan ponsel terutama smartphone dari tahun ke tahun terus meningkat jumlahnya. Karena hal tersebut, produsen – produsen ponsel pintar melakukan berbagai inovasi sehingga orang tertarik.

Inovasi yang dilakukan banyak sekali, dari mulai penambahan fitur, perubahan desain, hingga ada perubahan total. Salah satu perubahan itu terletak pada bagian baterai. Bukan baterai-nya yang baru, melainkan sistem dari baterai. Di mana yang dulu baterai bisa dilepas sekarang ada yang tidak bisa dilepas dengan mudah alias tanam. Kalau begini perawatan harus hati – hati, dan sekarang kita akan mengulas tentang cara merawat baterai tanam.

Untuk versi – versi terbaru saat ini, baterai yang digunakan pada ponsel pintar sekarang dengan metode tanam. Selain itu, biasanya kapasitas daya dari baterai yang digunakan cukup besar sehingga awet. Penggunaan fitur ini, dilakukan supaya desain dari ponsel menjadi lebih tipis dari pada sebelumnya.

Cara Merawat Baterai Tanam

Ketika desain dari hp menjadi slime alias tipis, membuat para pengguna mudah dalam membawa. Namun, walaupun terlihat bagus ada kekurangan di dalamnya. Bagaimana tidak, yang namanya baterai tanam maka sebagai pengguna akan kesulitan dalam mengganti di kala rusak.

Nah, di sinilah pentingnya merawat barang untuk sekarang ponsel anda. Perawatan dilakukan terutama bagi kesehatan baterai handphone anda sendiri. Berikut ini beberapa cara merawat baterai ponsel yang tidak bisa dilepas alias baterai tanam.

1. Berhenti Ketika Daya Tersisa 30%

Penggunaan handphone sering kali membuat seseorang lupa waktu. Tak khayal, mereka juga melupakan sisa daya dari ponsel yang mereka punya. Kadang kala, mereka sering memakai dan mengoperasikan ponsel hingga sisa daya benar – benar habis alias tinggal 0% alias mati.

Untuk baterai tanam, jangan lakukan kebiasaan ini. Sebab, aktivitas ini hanya akan membuat baterai menjadi drop alias rusak. Apabila ini terjadi pada handphone anda, maka susah sekali untuk mengganti-nya, bisa – bisa malah anda keluar duit untuk memperbaikinya.

2. Pakai Charger/Cas Asli

cas hp asli

Emang, kalau menggunakan barang asli akan membuat barang tersebut awet dan bertahan lama. Hal ini berlaku pula pada aksesoris handphone anda dari mulai headset, charger dan lainnya. Karena berhubungan dengan baterai, tentu anda perlu menggunakan charger asli.

Mengapa asli? supaya baterai pada handphone anda tidak mengalami kerusakan. Charger asli biasanya sudah sesuai kebutuhan baterai sehingga tidak mengalami hal – hal negatif. Kalau charger palsu, memiliki daya yang tidak sesuai sehingga baterai menerima daya yang tidak sesuai.

3. Sudahi Pemakaian Jika Hp Mulai Panas

Pemakaian handphone yang terlalu lama, membuat kondisi dari ponsel jadi panas. Sumber panas ini bisa diberikan dari mesin, atau pun baterai. Apabila ini dioperasikan terus menerus, dan memaksa ponsel bertambah panas maka bisa membuat kerusakan pada handphone maupun baterai.

Jika handphone yang anda miliki adalah baterai tanam yang tidak bisa lepas, segera lakukan tips ini. Sebab, panas pada baterai bisa membuat kondisi dari baterai tidak baik. Alhasil, jika terus – menerus begini maka kerusakan tidak akan terelakan lagi.

4. Cara Merawat Baterai Tanam – Jangan Gunakan Hp Ketika Dicharger

menggunakan hp sambil dicas

Sudah banyak kita ketahui, bahwa ketika handphone di charger dan digunakan bisa berbahaya. Bahaya yang ditimbulkan dari meledak, baterai jadi tidak bagus, performa handphone menurun. Ini sangat berbahaya lagi, bagi handphone yang memiliki fitur baterai tanam. Sebab, apabila sudah mengalami kerusakan maka anda harus mengeluarkan biaya untuk mengganti-nya.

Baca Juga : 5 Penyebab Baterai Handphone Cepat Habis & Cara Mengatasinya.

5. Jangan Charger Hp Terlalu Lama

Selain jangan digunakan ketika di charger, ada yang perlu anda ingat ketika charger. Jangan charger secara berlebihan, maksudnya charger handphone secara terus menerus. Padahal baterai sudah penuh, dan anda tetap membiarkan hal itu terjadi. Akibatnya, baterai akan mudah drop di mana daya cepat habis dan penuh. Alhasil, penggunaan handphone anda akan bertahan sebentar.

Nah, itulah beberapa cara merawat baterai tanam pada hp yang anda gunakan entah android atau iPhone. Walau beda OS, cara perawatan tetap sama sebab baterai hanya satu fungsi yaitu menyimpan dan memberi daya. Apabila tidak ingin rusak pada baterai, lakukan tips – tips diatas.

Jika ingin mendapatkan hasil yang baik dan kondisi baterai tetap prima, segera aplikasi-kan tips di atas. Anda bisa mulai lakukan, sejak awal pembelian supaya tetap awet. Sekianlah ulasan kali ini, semoga penjelasan di atas bisa berguna dan bermanfaat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *