oleh

3 Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP Android Dengan Mudah

3 Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP Android Dengan Mudah – Listrik sudah menjadi kebutuhan vital bagi semua orang di dunia, tak terkecuali indonesia. Dulu, saat menggunakan meteran listrik lama, PLN selalu memberi jatah listrik setiap bulannya dan dikenakan pembayaran.

Namun sekarang ini sudah ada meteran listrik baru berbentuk pulsa listrik. Jadi tidak hanya handphone yang ada pulsanya, listrik pun juga demikian. Kelebihan dari rekening listrik pulsa ini tergantung pemakaian kita, tidak ditentukan oleh PLN. Jadi, bisa saja jatah listrik yang biasanya 1 bulan sekali menjadi 3 bulan sekali.

Selain memperbarui jenis meteran listrik, PLN juga memberikan kemudahan kepada kita untuk urusan pembayaran. Sekarang kita bisa membayar listrik secara online, hal yang tidak dapat kita lakukan tempo dulu. Dan bahkan kita bisa mengecek tagihan listrik, jadi ini akan mempermudah kita dalam membayar.

Hanya dengan hp android, kita bisa mengecek tagihan listrik PLN dan langsung membayarnya saat itu juga. Ada banyak cara cek tagihan listrik lewat hp android, mulai dari via telepon, sms, maupun aplikasi. Jika anda belum tahu caranya, berikut tutorialnya lengkap untuk anda.

Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP Android

1. Via SMS

Cara cek tagihan listrik bulanan pertama adalah dengan menggunakan SMS. Disini ada 2 pilihan, anda memilih untuk mengetahui tagihan listrik secara manual atau secara otomatis. Dengan ini anda tidak membutuhkan sambungan internet, langsung saja berikut caranya :

  • Cara Cek Tagihan Listrik Manual
    • Kirim SMS dengan format REK (spasi) No ID Pelanggan.
    • Kemudian kirim ke 8123.
    • Contohnya REK 12345678910, kirim ke 8123.
  • Cara Cek Tagihan Listrik Otomatis/Berlangganan.
    • Kirim SMS dengan format PLN (spasi) ON (spasi) 12 Digit ID Pelanggan.
    • Kemudian kirim ke 8123.
    • Untuk berhenti berlangganan, kirim sms dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) 12 Digit ID Pelanggan
    • Kemudian kirim ke 8123.

2. Via Telepon

contact center pln

Cara cek tagihan listrik lewat hp android kedua adalah dengan via telepon. Cara ini sangat simpel, anda tinggal menghubungi customer service PLN, namun untuk menggunakan cara ini anda dikenakan tarif telpon seperti biasanya. Jadi saya sarankan lebih baik anda menggunakan SMS.

Tetapi jika anda masih ingin menggunakan cara ini, anda bisa melakukan panggilan ke call center di nomor 123 diikuti dengan kode area. Misalnya anda berada di jakarta, maka formatnya 021-123. Jadi, 021 disini adalah kode daerah jakarta. Dengan cara ini, anda bisa mengecek tagihan listrik kapanpun anda mau selama 24 jam.

Baca Juga : Cara Menukarkan Poin Telkomsel Dengan Paket Internet 100% Work.

3. Dengan Aplikasi PLN Mobile

Cek tagihan listrik online lewat hp terakhir adalah menggunakan aplikasi mobile bernama PLN Mobile. Anda bisa mendownload aplikasi ini melalui google play store handphone android anda masing-masing. Anda tidak perlu khawatir dengan aplikasi ini, karena aplikasi ini merupakan aplikasi resmi dari PLN.

Jadi, untuk menggunakan aplikasi ini, anda wajib memiliki sambungan internet entah itu paket data internet maupun wifi. Selain info cek tagihan listrik, masih banyak fitur lainnya dalam aplikasi ini. Langsung saja berikut tutorial untuk menggunakan aplikasi ini.

  • Unduh aplikasi PLN Mobile melalui handphone android anda masing-masing.
  • Kemudian daftar seperti biasa, atau jika anda pengguna lama, coba gunakan fitur migrasi yang ada di bawah menu pendaftaran.pln mobile register
  • Namun jika anda pengguna baru, Daftar terlebih dahulu dan ikuti panduannya.
  • Masukkan semua hal yang dibutuhkan, terakhir klik Simpan.daftar pln mobile
  • Setelah menyimpan, anda akan otomatis login ke akun PLN Mobile anda. Dan untuk melihat tagihan mudah sekali, karena tagihan otomatis akan tertera di atas, seperti pada gambar di bawah ini.Cek Tagihan Listrik PLN Mobile
  • Namun jika anda masuk tanpa login, atau tidak memiliki akun, bisa mengecek tagihan dengan masuk ke menu Masuk Tanpa Login.
  • Setelah itu klik menu Informasi, disitu nanti akan ada banyak menu pilihan. Untuk mengecek tagihan listrik, klik Informasi Tagihan dan Token Listrik.cek tagihan non login
  • Selanjutnya masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meteran Listrik anda, terakhir klik Cari.masukkan nomor meteran
  • Tunggu beberapa saat, maka tagihan akan muncul di layar handphone anda.

Untuk tutorial cek tagihan listrik iOS, sama saja dengan tutorial ketiga. Dengan menggunakan cara ini, anda akan lebih mudah untuk mengetahui tagihan listrik dan membayarnya langsung apabila anda ingin. Tentu saja cara ini lebih menghemat waktu dan tenaga.

Oke, sekian tutorial mengenai cek tagihan listrik online lewat hp. Semoga tutorial ini dapat menambah wawasan anda dan tentunya bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kunjungannya, dan jangan lupa berkunjung kembali.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *