Contoh Penerapan HRIS dan Dampaknya Terhadap Perusahaan

Contoh Penerapan HRIS dan Dampaknya Terhadap Perusahaan – Salah satu tugas departemen Human Resource (HR) adalah mencari kandidat terbaik untuk bergabung bersama perusahaan mereka.

Dalam menjalankan tugas ini, beberapa dari mereka seringkali mencari jasa pasang iklan lowongan kerja gratis untuk menghemat budget perusahaan.

Selain tugas tersebut, departemen HR juga bertugas untuk mengelola SDM yang ada. Guna meningkatkan kualitas kinerja karyawan dan efisiensi pengambilan keputusan, muncul suatu program bernama HRIS.

HRIS adalah singkatan dari Human Resource Information System, yakni sistem yang digunakan untuk mengelola SDM dalam suatu perusahaan. Bagaimanakah contoh penerapan HRIS dalam suatu perusahaan dan apa dampak yang terjadi? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

A. Contoh Penerapan HRIS dalam Suatu Perusahaan

HRIS adalah sistem yang dibuat untuk membantu pengelolaan karyawan menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan bantuan teknologi ini, para HRD perusahaan akan lebih mudah dalam mengatur dan mengelola karyawan yang ada di perusahaan mereka.

Lebih jelasnya, berikut adalah contoh penerapan HRIS dalam suatu perusahaan yang bisa Anda simak dengan baik.

1. Penerapan dalam Sistem Rekrutmen

Semakin berkembangnya zaman dan teknologi, hampir semua perusahaan menggunakan website atau media sosial sebagai sarana pencarian calon kandidat yang kompeten. Dengan cara ini, proses dalam sistem rekrutmen menjadi lebih mudah dan efektif.

Penerapan HRIS dalam sistem rekrutmen akan sangat membantu HRD dalam menyeleksi ribuan pendaftar yang mengirimkan data diri mereka. Sistem HRIS yang canggih akan menganalisa data yang dikirimkan calon karyawan dan menentukan apakan mereka lolos kualifikasi yang telah ditentukan perusahaan atau tidak.

2. Penerapan dalam Sistem Penyimpanan Data Karyawan

Penerapan HRIS akan sangat berguna dalam sistem penyimpanan data karyawan. Hal ini karena penyimpanan database karyawan dapat dilakukan secara terpusat. Dengan begitu, bila suatu saat ada keperluan mengenai data karyawan tersebut, seorang HRD tidak akan kebingungan saat mencarinya.

Penerapan HRIS ini juga dapat meringankan tugas HRD dalam melakukan input data karyawan baru. Sistem HRIS memberikan akses kepada karyawan untuk menginput datanya sendiri secara lengkap, sesuai dengan keterangan data apa saja yang diminta.

3. Penerapan dalam Sistem Kehadiran

Sistem kehadiran atau presensi harus dilakukan dengan tepat dan akurat karena berhubungan dengan performa karyawan. Dengan HRIS, Anda bisa mengecek bagaimana pola presensi karyawan secara keseluruhan melalui Attendance Analytics.

Anda bisa mendapatkan data karyawan yang bekerja di kantor pada hari tersebut, karyawan yang sedang cuti, hingga karyawan yang mengambil jam lembur. Data-data mengenai sistem kehadiran ini nantinya akan kita jadikan perhitungan atas gaji yang akan kita terima.

Baca Juga :

4. Penerapan dalam Sistem Payroll

HRIS juga dapat kita terapkan dalam sistem payroll yang kita lakukan setiap bulannya. Sistem ini sangat membantu HRD dalam membuat laporan rekap penggajian seluruh karyawan, tanpa harus memakan waktu dan tenaga yang berlebihan.

Dengan fitur penggajian dalam HRIS, proses penggajian dapat dilakukan secara otomatis dan tidak akan mengalami keterlambatan. Anda dapat menggunakan HRIS untuk menghitung uang lembur, THR, denda, bonus, pinjaman karyawan, pajak, dan BPJS karyawan

5. Penerapan dalam Sistem Komunikasi Internal

HRIS juga dapat kita terapkan dalam sistem komunikasi internal untuk meminimalisir masalah miskomunikasi.

Sistem ini menawarkan komunikasi terpusat, sehingga perusahaan dapat mengirimkan notifikasi terkait informasi apapun yang akan muncul melalui email, push notification, atau aplikasi HRIS yang digunakan karyawan.

B. Dampak Penerapan HRIS dalam Suatu Perusahaankita lusus lowongan kerja

 

Beberapa dampak dari penerapan HRIS dalam suatu perusahaan adalah sebagai berikut.

1. Memudahkan Proses Monitoring

HRIS dapat memudahkan Anda dalam melakukan proses monitoring. Anda dapat menghemat banyak waktu untuk mengelola aplikasi atau proses wawancara, menjadwalkan kegiatan evaluasi, maupun menunjukkan masalah yang membutuhkan intervensi pimpinan.

2. Meningkatkan Layanan kepada Karyawan

Penerapan HRIS dapat meningkatkan layanan kepada karyawan yang memudahkan mereka dalam mendapatkan layanan dari HR.

Sistem ini akan memudahkan karyawan dalam mengakses slip gaji, surat keterangan kerja karyawan, maupun reimbursement.

3. Meningkatkan Produktivitas HR

Keberadaan HRIS tentu saja akan meningkatkan produktivitas HR. Dengan fitur yang sangat rinci dan dirancang untuk mempercepat proses internal HR dalam berbagai cara, HRIS akan membuat produktivitas HR meningkat serta lebih mudah dan cepat.

4. Mengurangi Pekerjaan Administratif

Dampak lain yang akan terjadi pada suatu perusahaan adalah adanya pengurangan pekerjaan administratif.

Anggaran yang selama ini kita gunakan untuk membeli dan mengelola data menggunakan kertas dapat kita gunakan dalam hal lain karena pekerjaan administratif akan kita alihkan dengan formulir secara online yang paperless.

5. Cari Jasa Pasang Iklan Lowongan Kerja Gratis? Kitalulus Jawabannya

Setelah memahami informasi seputar HRIS di atas, apakah Anda masih mencari jasa pasang iklan lowongan kerja gratis untuk mendapatkan kandidat kompeten dan berkualitas? Cobalah untuk memasang iklan di Kitalulus, platform pencarian kerja yang aman dan cepat.

Tak perlu ragu, jasa pemasangan lowongan pekerjaan ini 100% gratis dan tidak dikenakan biaya administrasi apapun. Tanpa ada batasan posisi, semua iklan loker Anda akan muncul di aplikasi dan website Kitalulus yang sudah menjangkau lebih dari 500.000 pengguna.

Bahkan, jika sampai akhir masa pemasangan loker Anda belum menemukan kandidat yang cocok, Anda dapat mengajukan perpanjangan masa pemasangan loker tersebut. Tertarik mencobanya? Kunjungi website atau download aplikasi KitaLulus untuk informasi selengkapnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *