9 Cara Mengatasi Fingerprint Tidak Berfungsi Error di HP

Cara Mengatasi Fingerprint Tidak Berfungsi Error di HP – Ponsel yang banyak beredar sekarang ini memiliki banyak fitur, seperti memiliki 4 kamera, retina scanner, dan salah satunya sidik jari.

Untuk sidik jari, fitur yang satu ini memang terbilang sangat membantu sebagai salah satu metode keamanan. Namun fitur ini sebenarnya bisa rusak dan tidak berfungsi.

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi masalah tersebut?. Nah, pada artikel ini akan saya jelaskan beberapa cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Fingerprint Tidak Berfungsi Error di HP

1. Bersihkan Tangan Sebelumnya

Sebelum menggunakan fitur fingerprint untuk membuka ponsel, pastikan jari-jari anda bersih. Karena salah satu penyebab yang bisa menyebabkan papan sidik jari tidak berfungsi adalah jari yang kotor.

Lebih baik basuh kedua tangan agar benar-benar bersih dari kotoran dan debu.

2. Membersihkannya Area Fingerprint

Jika memang anda sudah membersihkan tangan namun fingerprint masih tidak bisa merespon sidik jari anda, bersihkan area sidik jari tersebut.

Untuk membersihkannya usahakan pakai tisu atau kain yang halus. Jangan membersihkannya menggunakan bahan yang kasar karena akan merusak permukaan papan sidik jari.

3. Restart Ponsel

Selanjutnya, terkadang sistem ponsel sering error dan bisa menyebabkan beberapa fitur di ponsel tidak bisa berjalan dengan baik, termasuk sidik jari.

Hal ini adalah hal yang wajar, untuk mengatasinya, anda tinggal merestart ponsel/memulai ulang. Dengan cara ini, saya selalu berhasil mengatasi permasalahan sistem error di hp android saya.

4. Aktifkan Kembali Sidik Jari

Untuk poin yang satu ini, biasanya sidik jari bisa mati karena ponsel selesai melakukan update sistem. Jadi untuk mengatasinya, anda tinggal mengaktifkan kembali fitur sidik jari tersebut.

Baca Juga :

5. Hapus Cache Aplikasi Fingerprint

Beberapa aplikasi pernah mengalami crash karena terlalu banyak cache yang tidak terhapus, salah satunya fitur sidik jari.

Anda bisa menghapus cache aplikasi sidik jari ini di manajemen aplikasi ponsel android anda masing-masing. Untuk anda yang belum bisa, berikut tutorialnya :

  • Buka Setelan di hp android anda.
  • Masuk ke Manajemen Aplikasi.
  • Kemudian cari aplikasi sidik jari, lalu buka aplikasinya dan klik Hapus Cache. Jangan Hapus Data ya!, karena biasanya jika anda menghapus data, maka sidik jari yang sudah tersimpan akan hilang dan anda perlu mengaturnya kembali dari awal.

6. Atur Lebih dari Satu Jari

Maksudnya disini, ketika melakukan pengambilan sidik jari, anda bisa memasang 1, 2 atau 3 jari untuk discan.

Hal ini memiliki maksud, ketika anda ingin membuka ponsel yang terkunci dengan fingerprint dan salah satu jari anda sakit atau sidik jarinya hilang karena kulitnya terkelupas, anda bisa menggunakan jari yang lainnya.

7. Setel ke Pengaturan Pabrik/Factory Reset

Jika setelah melakukan restart ponsel, namun anda belum bisa mengatasi hal ini, cara selanjutnya adalah dengan merestartnya ke pengaturan pabrik.

Atau dengan kata lain factory reset, sama saja ya. Untuk caranya seperti di bawah ini :

  • Masuk ke Setelan/Pengaturan.
  • Klik menu Buat cadangan & setel ulang.
  • Selanjutnya pilih kembali ke pengaturan pabrik.
  • Ikuti langkah-langkah selanjutnya dan tunggu proses reset.
  • Selesai.

8. Melakukan Flashing Ulang

Jika anda sudah melakukan restart ponsel, bahkan melakukan restart ulang, dan belum bisa mengatasi hal ini, cara selanjutnya adalah dengan melakukan flashing ulang.

Cari ROM asli bawaan ponsel ketika anda beli ponsel tersebut. Dengan melakukan hal ini, kemungkinan besar fitur sidik jari anda akan bisa digunakan kembali.

9. Servis HP

Jika semua cara di atas sudah anda lakukan dan masih belum bisa mengatasi permasalahnnya, cara terakhir adalah dengan membawanya ke servis ponsel di kota anda.

Atau jika terdapat servis center untuk merk ponsel anda, lebih baik anda membawanya kesana. Dengan cara ini, pastinya fitur sidik jari anda bisa berfungsi kembali, namun ada biaya yang anda keluarkan.

Nah, sudah paham kan?. Jadi itu saja beberapa cara mengatasi fingerprint tidak berfungsi atau error di berbagai macam ponsel.

Tutorial ini berfungsi untuk ponsel merk samsung, xiaomi, realme, oppo, iPhone, dan semua merk ponsel yang memiliki fitur fingerprint. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *