10 Decentralized Exchange Terbaik di Dunia Cryptocurrency

Decentralized Exchange Terbaik di Dunia Cryptocurrency – Dalam dunia kripto, ada beberapa jenis exchange, seperti CEX dan DEX.

CEX atau kepanjangan dari Centralized Exchange adalah platform perdagangan cryptocurrency yang diatur oleh sebuah perusahaan organisasi pusat untuk memberikan sebuah tempat pertemuan orang-orang yang ingin saling memperjualbelikan aset kriptonya.

Sedangkan DEX atau Decentralized Exchange merupakan evolusi dari centralized exchange yang sudah sepenuhnya mengusung konsep dari blockchain, yaitu desentralisasi. Jenis exchange ini tidak bergantung pada perusahaan atau layanan untuk mengontrol aset para pengguna.

Menggunakan teknologi blockchain, pertukaran DEX dibangun untuk memastikan terdapat cara aman untuk melakukan pertukaran aset kripto tanpa perlu bantuan pihak ketiga.

Nah, ada bayak DEX atau Decentralized Exchange di luar sana yang sering digunakan dalam melakukan transaksi jual beli aset kripto, berikut beberapa daftarnya!.

Decentralized Exchange Terbaik di Dunia Cryptocurrency

1. UniSwap (V3)

uniswap v3

Di tempat pertama ada Uniswap V3, yang mana merupakan DEX yang berada di jaringan Ethereum. Pertukaran Terdesentralisasi yang satu ini sudah ada cukup lama untuk versi pertama.

Sedangkan untuk yang versi ketiga ini baru rilis pada Mei 2021. Di dalam Uniswap, anda bisa melakukan jual beli lebih dari 600 aset kripto, dan volume perdagangannya mencapai Rp 15 Triliun selama 24 jam.

Untuk keamanan, sudah pasti aman ya. Dan untuk melakukan transaksi di Uniswap V3 ini, terdapat biaya yang disebut Gas Fee dalam bentuk Ethereum. Anda bisa mengunjungi situsnya di app.uniswap.org/#/swap.

2. dYdX

Merupakan salah satu DEX yang sudah ada cukup lama, namun baru viral beberapa bulan belakangan ini. dYdX berdiri pada April 2019.

Volume perdagangan pada Pertukaran Terdesentralisasi yang satu ini mencapai 15 Triliun per 24 jam. Namun sayang, sejak dYdX ada, sampai artikel ini saya buat, hanya ada 10 aset yang bisa pengguna tukarkan.

Jika berminat, anda bisa mengunjungi situsnya di trade.dydx.exchange

3. PancakeSwap

Nah, ini dia DEX sejuta umat, Pancakeswap memiliki pengguna yang sangat banyak, karena biaya Gas Fee BNB/BSC sangatlah murah.

Selain itu, hampir semua token kripto ada di dalamnya, baik token-token top market maupun token baru bisa kita temukan di pancakeswap. Volume perdagangannya mencapai Rp 8 Triliun per 24 jam.

DEX yang satu ini sangat rekomended bagi anda yang baru belajar jual beli aset kripto di Decentralized Exchange. Jika berminat, anda bisa mengunjungi situsnya di pancakeswap.finance

4. ApolloX DEX

Mungkin terdengar baru ya guys, namun ApolloX DEX masuk CoinMarketCap sebagai top 10 pertukaran terdesentralisasi dengan volume perdagangan tertinggi di dunia.

DEX yang baru lahir pada November 2021 ini memiliki volume perdagangan hingga Rp 5 Triliun per 24 jam, dengan sekitar 16 aset yang bisa pengguna tukarkan.

5. Kine Protocol

kine protocol

Kine Protocol menyediakan pasar derivatif, yang mana pool likuiditas yang didukung oleh aset digital on-chain berfungsi sebagai pihak lawan pasif dari semua pedagang di bursa.

Pertukaran terdesentralisasi yang lahir pada maret 2021 ini memiliki transaksi mencapai Rp 4 Triliun per 24, dan terdapat sekitar 21 jenis aset kripto yang bisa diperdagangkan.

Anda bisa mengunjungi situs resminya di kine.io

Baca Juga :

6. HoneySwap

Merupakan DAO yang mengeluarkan dan mendistribusikan mata uang digital yang disebut Honey. Untuk DEX nya sendiri cukup populer ya, dengan volume transaksi mencapai Rp 3 Triliun per 24 jam.

HoneySwap berdiri pada Juli 2020, dan di dalamnya, terdapat lebih dari 70 aset kripto yang bisa kita jual belikan. Menarik sekali bukan?.

Untuk situs DEX nya, anda bisa mengunjungi app.honeyswap.org/#/swap.

7. SpookySwap

SpookySwap adalah pertukaran desentralisasi (DEX) untuk jaringan Fantom. Berbeda dari DEX lainnya, SpookySwap juga memiliki token bernama BOO yang berfungsi untuk staking, dan lainnya.

DEX ini lahir pada April 2021 dan memiliki transaksi lebih dari Rp 2 Triliun per 24 jam, dengan jumlah token yang bisa diperdagangkan mencapai 200 lebih.

Untuk mencoba DEX ini, link aslinya adalah spookyswap.finance

8. SushiSwap

sushiswap

Banyak orang mungkin yang sudah mendengar nama ini, yaps, sushiswap merupakan salah satu Pertukaran terdesentralisasi paling populer, dengan lebih dari 400 token tersedia di dalamnya.

Sushiswap juga memiliki volume transaksi yang cukup besar, yakni lebih dari Rp 1 Triliun per 24 jam. Sedangkan untuk token, SushiSwap juga memiliki nama yang sama, dengan kapitalisasi pasar lebih dari Rp 6 Triliun.

Untuk mencobanya, anda bisa langsung menuju ke app.sushi.com/swap

9. UniSwap (V2)

Dengan nama yang sama, namun versi yang berbeda, UniSwap V2 ini versi sebelumnya dari UniSwap V3. Dalam DEX ini, terdapat lebih dari 1500 token yang bisa kita perdagangkan.

Selain itu, DEX yang lahir pada November 2018 ini juga memiliki volume transaksi yang cukup tinggi, yakni mencapai Rp 2 Triliun.

10. DODO

Di daftar terakhir ada DODO, dimana merupakan Pasar Desentralisasi yang berjalan di jaringan Polygon. DEX ini juga cukup ramai, yang mana transaksi hariannya mencapai Rp 1 Triliun.

DODO berdiri pada September 2020, dan terdapat lebih dari 40 aset kripto yang bisa kita jual belikan di dalamnya. Jika berminat menggunakan DEX ini, anda bisa langsung menuju app.dodoex.io

Bahkan, DODO juga memiliki tokennya sendiri dengan nama yang sama, dan memiliki kapitalisasi pasar hampir mencapai Rp 1 Triliun.

Jadi itulah beberapa decentralized exchange terbaik di dunia cryptocurrency. Selain DEX di atas, ada banyak nama yang juga tidak kalah populer, seperti Serum, Curve Finance, Biswap, dan masih banyak lagi.

Anda bisa melihat secara lebih lengkap di CoinMarketCap. Oke, itu saja pembahasan kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua, jangan lupa share ya guys.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.