Human Capital Management, Kunci Baru Kesuksesan Perusahaan Anda

Human Capital Management, Kunci Baru Kesuksesan Perusahaan Anda – Perkembangan dunia bisnis dan industri memasuki era yang semakin menuntut pelaku bisnis bergerak cepat dan kompetitif. Bila dahulu modal sebuah perusahaan adalah uang dan mesin, maka hal itu sekarang telah bergeser. Salah satu unsur penting dalam perusahaan adalah pelakunya atau orangnya. Dan yang mengatur bagian ini adalah human resource management.

Human Capital Management, Kunci Baru Kesuksesan Perusahaan

A. Sebagai Pergeseran Cara Pandang Baru

Manajemen sumber daya manusia adalah pengaturan sumber daya, baik kerja atau jasa, untuk mencapai tujuan perusahaan. Konsep ini kemudian berkembang menjadi human capital management. Apa itu human capital?, Pada management ini, peran sumber daya manusia digeser karena manusia merupakan intangible aset yang memiliki banyak kelebihan. Human capital adalah evolusi dari konsep human resource.

Dapat disimpulkan, jawaban dari pertanyaan apa itu humancapital dapat dijabarkan seperti berikut. Ini bisa menjadi modal dalam sebuah perusahaan atau industri. Pada konsep ini, terjadi perubahan peran sumber daya manusia dari peran administratif menjadi partner bisnis yang strategis. Selain itu, nilai tambah yang harus diberikan kepada setiap unsur pelaku usaha dalam satu lingkup organisasi perusahaan.

B. Metode Baru Meningkatkan Keuntungan Perusahaan

human resource

Dalam arti lain, human capital adalah kekayaan pengetahuan, keterampilan, dan nilai yang ada pada setiap karyawan. Human capital merupakan konsep yang menganggap bahwa karyawan atau sumber daya manusia merupakan modal atau capital yang menghasilkan pengembalian (return). Pada konsep ini, berarti pengeluaran yang dilakukan dalam rangka mengembangkan kualitas dan kuantitas modal tersebut termasuk kegiatan investasi.

Ini merupakan terobosan baru yang semakin banyak diterapkan pada setiap lapisan organisasi usaha dalam berbagai jenis perusahaan di Indonesia. Hal ini bermaksud untuk menyelaraskan dengan misi pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja. Bila kualitas tenaga kerja Indonesia semakin meningkat, hal ini menjadi daya saing dalam dunia internasional. Selain itu, peningkatan kualitas tenaga kerja berarti juga peningkatan kesejahteraan bagi tenaga kerja itu sendiri.

Baca Juga :

Karena humancapital adalah cara pandang terhadap sumber daya manusia sebagai asset yang berharga, maka terdapat hubungan yang kuat antara humancapital dengan kesehatan finansial sebuah perusahaan. Sudah banyak bukti bahwa perusahaan yang gagal memaksimalkan pertumbuhannya disebabkan karena tidak berinvestasi dalam sumber daya manusia dan tidak melulu berbicara tentang penggantian pegawai yang telah ada.

Keberhasilan humancapital adalah keberhasilan yang akan membawa dampak luas. Investasi pada human capital misalnya dalam bidang peningkatan pendidikan dan keterampilan tentu akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi tenaga kerja. Managemen ini dapat dimulai dari pemahaman yang seragam pada setiap lapis organisasi perusahaan agar dapat mengetahui bagian mana yang perlu dioptimalkan. Bila rekrutmen sedang sulit untuk dilakukan pada masa ini, maka peningkatan dan pengembangan pendidikan dan ketrampilan karyawan dapat dimulai. Selain itu, perlindungan terhadap karyawan yang ada juga merupakan aspek penting.

Kegiatan human capital management memang dilakukan oleh internal perusahaan. Namun, apabila belum dapat dilakukan sendiri oleh internal maka diperlukan pendampingan dari pihak ketiga. Pendampingan untuk perusahaan yang ingin meningkatkan human capital management dapat juga diperoleh melalui laman www.gemainovasi.id. GIT adalah tim terpercaya yang telah mendampingi banyak perusahaan besar untuk mengoptimalkan capital Anda.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *