8 Ide Bisnis Berbahan Kopi Yang Masih Jarang Diketahui

8 Ide Bisnis Berbahan Kopi Yang Masih Jarang Diketahui – Belakangan ini kopi sudah dianggap sebagai lifestyle atau gaya hidup seseorang. Biasanya kopi dijadikan teman begadang saat nongkrong bareng teman atau teman santai saat pagi hari sebelum berangkat kerja.

Sekarang ini kopi sudah sejajar dengan susu yang juga sebagai minuman utama. Dengan adanya kebutuhan kopi yang terus menerus tiap harinya, perlahan sebagian orang memanfaatkannya sebagai bahan olahan produk kreatif dan inovatif. Apalagi, sekarang makin banyak bermunculan coffee lover yang mana bisa menjadi target “ladang bisnis” untuk mendapatkan penghasilan yang menjanjikan.

Perkembangan bisnis dengan memanfaatkan bahan kopi ini seakan mulai menjamur terutama di kalangan anak muda. Produk yang dihasilkan tak hanya sekedar kafe kopi saja, tetapi sudah masuk ke ranah kecantikan dan kesehatan.

Bagi pebisnis pemula tentu akan terasa berat jika harus berbisnis skala besar seperti mendirikan coffee shop. Disamping persaingan yang begitu ketat dengan brand-brand ternama, juga modal tidak sedikit.

Nah, bagi Anda yang ingin terjun bisnis di area “dunia kopi”, ada beberapa ide bisnis yang sebenarnya tak begitu membutuhkan modal besar. Dan kerennya lagi belum begitu banyak orang yang menjalani bisnis yang sebentar lagi kami bagikan disini. Biar tidak kelamaan, simak ide bisnis berbahan kopi yang jarang diketahui.

Ide Bisnis Berbahan Kopi, Produk Kopi Untuk Konsumsi Luar

1. Sabun Kopi

Pasti tak terbayang kalau kopi bisa dijadikan bahan sabun. Ternyata sudah hadir sabun kopi yang juga lagi hits. Pembersih ini bermanfaat sekali untuk kesehatan kulit karena mengandung senyawa kafein, alkolid, magnesium, zat besi serta asam organik.

Berbagai kandungan yang kami sebutkan sebelumnya, sabun berbahan kopi ini mampu merilekskan badan, menghilangkan daki, memudarkan mata panda, mengangkat sel kulit mati, menghilangkan selulit serta melindungi kulit dari sinar matahari.

2. Masker Kopi

masker kopi

Ternyata kopi bisa dijadikan masker wajah yang terbukti menjadi lebih awet muda. Sudah banyak youtuber yang mempraktekkan masker kopi ini. Anda bisa membuatnya sendiri dari ampasnya. Jika ingin dibuat dalam produk jualan tentunya menggunakan bahan kopi segar.

Anda bisa membuat masker dengan campuran bahan alami lainnya seperti madu, susu, yogurt, lemon dan minyak zaitun. Tempatkan dalam wadah/kemasan yang menarik agar banyak pembeli.

3. Parfum Kopi

Olahan produk berbahan kopi yang satu ini juga tak kalah hits akhir-akhir ini yaitu parfum aroma kopi. Parfum kopi ini lagi laris peminatnya karena memiliki wangi yang tidak setajam aroma lain. Selain itu aroma kopi juga dipercaya mampu membuat penghirupnya tenang dan rileks.

Untuk varian bentuk berupa biji kopi yang ditempatkan dalam kantung dan bentuk cair dalam botol spray. Biasanya parfum ini digunakan untuk ruangan dan mobil. Para pecinta kopi sejati pasti akan suka dengan pengharum yang satu ini.

4. Lulur Kopi

lulur kopi

Satu produk kecantikan berbahan kopi lagi yang juga digandrungi terutama para wanita yaitu lulur kopi. Sekarang sudah cukup banyak spa dan klinik kecantikan yang menyajikan perawatan dengan lulur ini.

Penggunaan lulur kopi memberikan aromaterapi alami sehingga membuat tubuh lebih rileks. Jadi lulur ini cocok sekali ditargetkan pembeli ke orang-orang yang banyak aktivitas kerja di luar.

Ide Bisnis Berbahan Kopi, Produk Kopi untuk Konsumsi Dalam

1. Sirup Kopi

Identiknya kopi itu bentuknya bubuk untuk disajikan dalam bentuk minuman dingin atau panas. Akan tetapi, olahan kali ini beda dari biasanya yaitu dibuat dalam bentuk sirup.

Memang tidak sebegitu populer sirup buah tapi tak ada salahnya untuk dijadikan ide bisnis yang kedepannya tetap ada peminatnya. Sirup kopi bisa juga jadi campuran bahan aneka minuman kekinian atau cake.

2. Selai Kopi

ide bisnis berbahan kopi - selai kopi

Untuk selai berupa kacang, coklat atau buah sudah biasa, kali ini selai lain daripada yang lain yaitu selai kopi. Barangkali di Indonesia belum begitu banyak yang menjualnya, tidak seperti di luar negeri yang sudah banyak penjualnya.

Karena belum begitu banyak pebisnis yang melirik ide usaha ini, maka bisa jadi kesempatan emas bagi Anda. Selai kopi cocok sekali ditargetkan penawaran ke para penjual kuliner bakery atau roti.

Baca Juga : Usaha Makanan Unik & Kreatif Yang Laris Manis Sekarang Ini.

3. Ide Bisnis Berbahan Kopi – Saus Kopi

Terdengar aneh bukan kalau kopi dijadikan saus. Biasanya saus menggunakan tomat atau cabai sebagai bahan utamanya. Apa jadinya kalau makanan dicampur dengan saus kopi?

Ternyata ada restoran yang menyajikan hidangan ayam goreng dengan campuran saus kopi. Kreasi masakan ini viral di sosial media karena memang belum ada makanan dengan saus berbahan kopi. Ini bisa jadi ide bagi Anda yang ingin berbisnis kuliner berbahan kopi.

4. Yogurt Kopi

yogurt kopi

Umumnya yougurt berbahan dasar susu dan buah, tetapi kali ini bahan yang digunakan adalah kopi. Serasa tidak biasa bagi orang awam. Pembuatannya sama saja dengan proses fermentasi susu dan kopi.

Untuk penggunaan kopi tidak sembarangan, dipilih jenis kopi yang tidak dominan rasa pahit dan asamnya. Biasanya jenis arabika yang digunakan karena tingkat keasamannya termasuk rendah sehingga rasa yogurtnya lebih kerasa.

Itulah beberapa ide bisnis bahan kopi yang bisa Anda jalankan. Bagaimana?, Sudah dapat inspirasi kah?. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke teman atau keluarga yang barangkali juga tertarik untuk bisnis kopi. Terima kasih atas kunjungan anda, jangan lupa kembali lagi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *