6 Jenis Investasi Yang Tepat Saat Pandemi Corona

Jenis Investasi Yang Tepat Saat Pandemi Corona – Ketika wabah corona meluas di Indonesia dan setiap harinya jumlahnya semakin meningkat, tentu saja merubah ekonomi Indonesia secara drastis. Yang tadinya penghasilannya 3 juta misalnya kini mungkin turun 80% lebih. Lalu para pedagang yang biasanya dikunjungi oleh ratusan perhari pengunjung dan kini mungkin hanya puluhan saja.

Bahkan sekolah atau kampus yang tadinya ramai pelajar, kini tinggal hitungan jari saja. Banyak yang merasakan kerugian, di tengah kerugian ini mungkin anda sebagai investor pemula tentu saja bingung mau investasi apa yang cock di saat seperti ini.

Perlu disiapkan beberapa strategi dalam investasi agar hasilnya maksimal dan tetap mendapatkan keuntungan. Bahkan banyak investor yang mulai merubah strategi yang tadinya sudah masuk ke dalam investasi kini merubah pola maupun jalan agar selamat dari kerugian.

Berdasarkan data BEI atau dikenal juga dengan Bursa Efek Indonesia, hingga tanggal 8 april 2020 lalu, Indeks harga saham gabungan melorot sampai 26,44% dengan catatan net sell bersih asing sebesar RP15,01 triliun di pasar reguler.

Dari hal tersebut memberikan dampak yang begitu terasa tentu saja di beberapa sektor, mulai dari perhotelan, manufaktur, dan tambang.

Hingga saat ini kira kira ada gak sih investasi yang aman untuk dijalankan ketika pandemi corona agar tidak merugi melainkan dapat untung?, tentu saja ada. Berikut di bawah ini beberapa rekomendasi investasi yang perlu dicoba.

Jenis Investasi Yang Tepat Saat Pandemi Corona

1. Logam Mulia

Seperti kita ketahui bahwa emas lagi-lagi dipilih sebagai alternatif investasi yang tepat ketika pandemi corona atau covid-19 ini. Tak hanya kaum millenials saja yang menginvestasikan emas, melainkan semua kalangan pun juga tetap setia dalam investasi berwujud emas ini. Baik investasi emas fisik maupun emas virtual seperti forex.

Kenapa banyak yang memilih emas?, karena berinvestasi di emas risiko yang terbilang sangat kecil, apalagi emas fisik. Walaupun keuntungunnya tidak terlalu besar, tetapi ini sangat aman. Selain itu, cara investasi emas tidaklah sulit, cukup kita terapkan sistem jual dan beli. Beli di saat harga murah, dan jual di saat harga tinggi.

Perlu anda ketahui juga bahwa harga logam mulia relatif stabil, bahkan kian mengalami kenaikkan juga di atas inflasi.

2. Properti

investasi properti

Banyak yang menganggap bahwa kaum millenials sangatlah boros dan konsumtif, akan tetapi perlu kalian ketahui juga banyak yang menyisihkan pendapatan dan memulai berinvestasi, salah satunya dalam investasi properti. Pembelian banyak properti yang ada di kamar misalnya, sebenarnya tidak hanya untuk dijadikan hunian pribadi atau koleksi pribadi.

Melainkan ini juga ditujukan sebagai bentuk investasi. Lalu properti berupa rumah merupakan salah satu aset jangka panjang sob yang harganya cukup tinggi.

3. Reksadana Pasar

Seperti kita ketahui bahwa reksadana saham dan reksadana campuran saat ini bukanlah investasi pilihan yang tepat karena saat ini sedang merosot-merosotnya dan hampir melemah. Akan tetapi yang begitu diminati adalah reksadana pasar, karena memiliki kinerja cenderung positif dan stabil dari awal tahun 2020. Wajib coba deh!!!.

Baca Juga:

4. Surat Utang Negara

surat utang negara

Di saat pandemi seperti saat ini, SUN adalah jenis investasi yang begitu diminatibanyak orang, investasi ini dinilai sangat tepat diambil, apalagi ketika pandemi corona. Mengingat investasi ini sudah dijamin oleh negara, maka kamu tidak perlu lagi memikirkan kerugian seperti duit hilang atau gagal bayar.

Salah satu jenis SUN yang dianggap efektif ketika corona yakni ada Obligasi Negara. Ini terdiri dari SBR, ORI, dan SR.

5. Saham

Saham, meskipun saat ini harga saham turun, tidak seperti saat pandemi corona, bisnis ini begitu diminati, apalagi untuk jangka panjang. Di saat harga indeks saham/IHSG turun, justru ini saat yang tepat untuk berinvestasi. Anda bisa membeli saham di harga yang murah, dan ketika pandemi covid selesai, anda bisa menjualnya dengan harga yang tinggi.

6. Deposito

deposito

Deposito merupakan jenis investasi yang tidak ada matinya, karena ada atau tidaknya pandemi covid, instrumen investasi yang satu ini sangat diminati. Untuk investasi ini tidak memiliki resiko, dikarenakan, uang anda pasti balik beserta bunganya, namun dalam waktu yang telah disepakati, semisal dalam waktu 6 bulan, 12 bulan, atau lebih.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *