oleh

Menilik Jaringan Seluler 5G Yang Katanya Akan Meluncur Tahun 2020

Menilik Jaringan Seluler 5G Yang Katanya Akan Meluncur Tahun 2020 – Jaringan 5G adalah generasi terbaru dari konektivitas internet seluler. 5G atau jaringan telepon seluler generasi kelima menawarkan kecepatan yang lebih cepat dan koneksi yang lebih handal pada smartphone dan perangkat lain daripada sebelumnya. Dengan menggabungkan teknologi jaringan mutakhir dan penelitian paling mutakhir, jaringan 5G harus memberikan koneksi yang lebih cepat daripada koneksi saat ini.

Kecepatan unduh rata-rata sekitar 1 GBps.  Jaringan ini akan membantu meningkatkan teknologi internet sehingga mampu menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan untuk membawa data dalam jumlah besar. Hal ini memungkinkan dunia yang lebih cerdas dan terhubung. Sebab koneksi internet dapat dinikmati dengan lebih cepat. Dengan perkembangan yang berjalan dengan baik, jaringan 5G diharapkan diluncurkan di seluruh dunia pada tahun 2020.

Bagaimana Cara Kerja Jaringan Seluler 5G?

Dikutip dari techtarget.com, 5G bekerja melalui jaringan nirkabel. Jaringan nirkabel terdiri dari situs sel yang dibagi menjadi beberapa sektor yang mengirim data melalui gelombang radio. Teknologi nirkabel Long-Term Evolution  (LTE) generasi keempat menyediakan fondasi untuk 5G. Penggunaan beberapa sel kecil diperlukan karena spektrum gelombang milimeter (spektrum antara 30 GHz dan 300 GHz yang memungkinkan 5G untuk menghasilkan kecepatan tinggi).

Tidak seperti 4G, yang membutuhkan menara seluler berdaya tinggi untuk memancarkan sinyal melalui jarak yang lebih jauh. Sinyal nirkabel 5G akan ditransmisikan melalui sejumlah besar stasiun sel kecil yang terletak di tempat-tempat seperti tiang lampu atau atap bangunan.

Generasi sebelumnya dari teknologi nirkabel (4G) telah menggunakan pita spektrum frekuensi rendah. Spektrum frekuensi rendah mencapai jarak yang lebih jauh tetapi memiliki kecepatan dan kapasitas yang lebih rendah daripada gelombang milimeter.

Oleh karena 5G ini menggunakan spectrum gelombang millimeter, maka koneksi jaringannya akan lebih cepat daripada 4G. Bahkan dipastikan kecepatannya hingga 10-20 kali lebih cepat dari jaringan 4G. Beberapa sumber, seperti The Korea Times, bahkan memperhitungkan jaringan 5G akan mampu mentransmisikan data hingga 20Gbps.

Baca Juga : Bulan Buatan China Yang Katanya Akan Diluncurkan Tahun 2020.

Siapa Saja Yang Telah Mendukung Jaringan 5G?

china 5g

 

Sampai saat ini perkembangan dan kemajuan jaringan seluler generasi kelima ini telah didukung oleh berbagai negara. Negara-negara tersebut yaitu Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, dan China. Namun untuk Indonesia sendiri sepertinya belum bisa menggunakan teknologi ini, karena jaringan 4G saja belum tersebar sepenuhnya di Nusantara.

Jenis Layanan Nirkabel 5G Apa Yang Akan Tersedia?

Operator jaringan sedang mengembangkan dua jenis layanan 5G. Pertama yaitu 5G layanan broadband nirkabel tetap. Layanan ini memberikan akses internet ke rumah dan bisnis tanpa koneksi kabel. Untuk melakukan itu, operator jaringan menggunakan NR di situs sel kecil di dekat bangunan untuk memancarkan sinyal ke penerima.

Kedua yaitu layanan seluler 5G. Layanan ini akan memberikan akses pengguna ke operator jaringan 5G. Layanan ini akan mulai diluncurkan pada 2019, ketika perangkat 5G telah tersedia. Namun pengiriman layanan seluler juga bergantung pada penyelesaian standar inti seluler oleh 3GPP di akhir 2018.

Apa Keuntungan Adanya Jaringan 5G?

salient_features_5g

Generasi kelima nirkabel, atau 5G, adalah teknologi seluler terbaru yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan dan daya tanggap jaringan nirkabel. Dengan 5G, data yang dikirimkan melalui koneksi broadband nirkabel dapat berjalan dengan kecepatan setinggi 20 Gbps. Hal ini tentu memudahkan kita untuk mengakses internet.

Selain peningkatan kecepatan, kapasitas, dan latensi 5G menawarkan fitur manajemen jaringan, di antaranya network slicer, yang memungkinkan operator seluler membuat beberapa jaringan virtual dalam satu jaringan 5G. Kemampuan ini akan memungkinkan koneksi jaringan nirkabel untuk mendukung penggunaan pribadi maupun untuk berbisnis.

Keuntungan selanjutnya yaitu Mobil self-driving, dengan kecepatan dari koneksi 5G maka kendaraan dapat menavigasi secara real time. Serta berbagai keuntungan lainnya yang dapat dirasakan dengan kecepatan internet yang mengagumkan.

Dari artikel di atas, kita tahu bahwa jaringan 5G memiliki banyak kelebihan dan menawarkan kecepatan akses internet yang luar biasa. Dengan adanya perkembangan jaringan seluler seperti 5G ini diharapkan dapat dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi agar semakin maju. Selain itu, jaringan seluler generasi kelima ini diharapkan mampu menjangkau secara luas hingga ke berbagai daerah pelosok.

Sekian informasi ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda semua. Jika ada sesuatu yang anda ketahui atau kurang pada artikel ini, masukkan komentar pada kolom komentar yang tersedia di akhir artikel. Terima kasih atas kunjungannya, jangan lupa kembali lagi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *