Kenapa Yandex Di Blokir? Berikut Cara Mengatasinya!

Kayeols

Belakangan ini banyak yang bertanya kenapa Yandex di blokir, pemblokiran sebuah situs memang sesuatu yang sering terjadi di internet.

Hampir sebagian besar pengguna internet pernah mengalami masalah tersebut. Nah bagi kamu yang ingin tahu cara mengatasi situs Yandex yang diblokir kamu bisa simak tips yang akan kami bagikan.

Karena setiap negara memiliki peraturan yang berbeda-beda untuk penayangan sebuah konten yang dilarang, salah satunya di Indonesia. Oleh karena itu kita harus mencari cara agar konten yang ingin kita tonton di Yandex tidak di blokir.

Berikut ini kami akan menyampaikan beberapa fakta kenapa Yandex di Blokir di Indonesia.

Faktor Yandex Di Blokir 

Ada banyak faktor yang menyebabkan situs di blokir dan tidak bisa diakses oleh siapapun.

Biasanya ada beberapa kategori pemblokiran jarignan yang terjadi misal wifi di sekolah, tempat kerja, dan dari pihak pemilik website tersebut.

Bahkan kominfo juga bisa memblokir sebuah situs agar tidak bisa diakses oleh pengguna internet di Indonesia.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir karena kami sudah menyiapkan banyak solusi ketika Yandex di blokir dan kamu tidak bisa mengakses nmcorp yang belakangan ini sedang viral.

Namun sebelum itu kami akan menjelaskan faktor-faktor pemblokiran tersebut terjadi terlebih dahulu.

1. Diblokir Dari Pihak Sekolah atau Kantor Tempat Berkerja

Apakah kamu pernah mengalami tidak bisa mengakses sebuah konten saat kamu terhubung dengan jaringan wifi yang ada di sekolah dan di kantor? nah bagaimana itu bisa terjadi?

Karena kantor atau sekolah pasti tidak ingin kamu membuka situs-situs yang melanggar dan menghambat produktifias kamu saat berkerja dan belajar.

Pihak sekolah dan kantor biasanya memblokir suatu url yang biasanya sering dibuka dan situs tersebut memang tidak mendatangkan manfaat bagi pendidikan dan pekerjaan.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut kamu perlu pihak ketiga seperti proxy atau VPN.

Baca Juga:  Beberapa Bahaya Berita Hoax Di Internet Bagi Masyarakat Umum

2. Di Blokir Pemerintah

Seperti yang sudah kami katakan bahwa pemerintah memiliki wewenang untuk memblokir situs-situs terlarang.

Dan itu tidak hanya terjadi di Indonesia melainkan negara-negara yang lainnya juga.

Itu wajar karena pemerintah ingin menajaga reputasi dari hal-hal yang tidak diinginkan dan memalukan.

Salah satu contoh yang dilakukan pemerintah China adalah memblokir “great firewall” yang bertujuan memblokri situs website dan lalu lintas dari berbagai negara yang tidak sesuai aturan di negara tersebut misalnya tujuan sensor china.

Tetapi hal itu terjadi biasanya karena pemerintah memblokir jaringna dan url serta alamat situs web.

Sama seperti sebelumnya jika kamu ingin mengakses situs terblokir atau bisa Yandex di blokir maka kamu bisa menggunakan Proxy atau VPN.

3. Di Blokir Oleh Penyedia Layanan ISP

Penyedia layanan internet sering memblokir pengguna karena tidak ingin terjadi lalu lintas web yang melanggar hukum. Biasa blokir terjadi karena dua faktor yaitu blokir keras dan blokir lembut. Tetapi untuk mengatasi masalah ini kita hanya perlu mengganti DNS saja.

Banyak pengguna Internet bahkan tidak menyadari bahwa ISP mereka memblokir mereka. Alasan umumnya adalah pemblokiran ini dapat menjadi layanan tambahan yang berguna untuk menjaga pengalaman browsing Anda. Namun, beberapa ISP mungkin membatasi akses untuk melindungi kepentingan mereka.

Tapi bagaimana Anda tahu jika ISP Anda memblokirnya? Meskipun tidak selalu mudah, Anda biasanya dapat mencurigai bahwa pemblokiran tersebut berasal dari ISP Anda jika Anda tidak dapat mengakses situs online yang tidak seharusnya diblokir.

Misalnya, jika Anda tinggal di negara tanpa sensor dan tidak menggunakan Internet di kantor atau sekolah, kemungkinan pemblokiran yang Anda hadapi berasal dari ISP Anda.

4. Pemblokiran Berdasarkan Lokasi

Banyak situs web memblokir lalu lintas dari negara atau wilayah tertentu. Juga dikenal sebagai “pembatasan geografis”, jenis pemblokiran ini umum terjadi pada layanan streaming seperti Netflix, YouTube, Prime Video, dan lainnya.

5. Akun Kamu Yang Diblokir

Terkadang pemblokiran berasal dari situs web itu sendiri. Banyak situs web populer, seperti Omegle dan Twitter, mungkin memblokir pengguna yang melanggar ketentuan layanan atau mempromosikan aktivitas ilegal.

Jika ya, cukup mudah untuk mengetahui apakah Anda diblokir. Tapi bagaimana cara menghindarinya?

Jawabannya mungkin berbeda-beda tergantung situs web dan metode pemblokiran. Layanan berbasis akun seperti Twitter hanya melarang akun itu sendiri. Artinya, Anda tidak bisa menerobos blokir hanya dengan menggunakan VPN. Anda harus membuat akun baru.

Baca Juga:  6 Cara Jualan Laris Di Shopee Terbukti Ampuh

Namun, banyak pemblokiran didasarkan pada alamat IP pengguna. Daripada memblokir akun, situs web dapat memblokir semua lalu lintas dari alamat IP pengguna. VPN dan proxy adalah cara terbaik untuk mengatasi hambatan ini karena mereka dapat mengubah alamat IP Anda dan mengalihkan lalu lintas.

Cara Membuka Situs Yandex Di Blokir

VPN dan proxy adalah alat paling populer dan efektif untuk membuka blokir situs web. Namun, banyak pengguna juga mendapatkan hasil yang baik dengan browser anonim seperti DuckDuckGo.

Meskipun ada banyak metode lain untuk membuka blokir situs web, keempat metode ini adalah yang paling umum digunakan.

1. Menggunakan VPN

Salah satu metode yang paling mudah untuk mengatasi Yandex yang ke blokir adalah menggunakan VPN. VPN sekarang sudah bisa di download secara gratis. Dengan menggunakan VPN maka lalu lintas jaringan internetmu akan menjadi jaringan publik dan bisa untuk mengakses semua situs yang di blokir.

2. Menggunakan Proxy

Perbedaan utamanya adalah proxy tidak mengenkripsi data seperti VPN. Akibatnya, lalu lintas dapat dilihat sepenuhnya oleh pihak ketiga, yang dapat menimbulkan risiko keamanan tambahan bila Anda menggunakan penyedia layanan yang tidak dapat diandalkan. Pengguna harus berhati-hati saat memasukkan kata sandi atau memberikan informasi aman lainnya saat menggunakan proxy.

3. Menggunakan Ekstensi VPN atau Proxy di Browser

Menggunakan VPN atau Proxy adalah metode terbaik untuk mengatasi kenapa Yandex di Blokir di Indonesia. VPN biasa mengalihkan seluruh koneksi Anda, bukan hanya lalu lintas dari masing-masing aplikasi. Meskipun beberapa penyedia mengizinkan pengguna memilih aplikasi mana yang menggunakan VPN, Anda mungkin harus membayar ekstra untuk mendapatkan hak istimewa tersebut.

4. Menggunakan Bantuan TOR

Kependekan dari “The Onion Router,” Tor adalah jaringan gratis dan sumber terbuka yang didedikasikan untuk menjaga anonimitas di Internet. Meskipun tujuan utamanya adalah untuk menyembunyikan identitas Anda, Tor juga memiliki kemampuan untuk membuka blokir situs web dengan merutekan lalu lintas Anda melalui jaringan perantaranya yang luas.

5. Mengubah HTTP ke HTTPS

Salah satu cara termudah untuk membuka blokir situs web tertentu adalah dengan beralih ke versi HTTPS-nya. Caranya sederhana, cukup ganti “http://” di URL dengan “https://”.

Saat ini, hal ini tidak memberikan keamanan karena HTTPS telah menjadi standar untuk sebagian besar situs web. Namun ini bisa menjadi cara efektif untuk mengatasi hambatan jaringan kerja atau sekolah.

Dalam kasus seperti ini, administrator jaringan biasanya menentukan URL lengkap (misalnya, http://www.blocked-site.com/) saat menambahkan situs tersebut ke daftar blokir jaringan mereka. Administrator mungkin lupa memasukkan versi HTTPS di https://www.site-blocked.com/ jadi ini mungkin solusi yang tepat.

Baca Juga:  Cara Menarik Uang dari Paypal ke Bank Lokal Tanpa Kartu Kredit

6. Menggunakan Alamat IP Situs Website

Pendekatan serupa ketika beralih ke HTTPS mencoba menggunakan alamat IP situs web, bukan URL-nya.

Anda dapat menemukan URL situs web menggunakan metode yang disebutkan di sini. Cukup masukkan alamat IP ke browser dan Anda akan dapat membuka situs web, kecuali administrator jaringan Anda telah memblokir alamat IP tersebut.

Misalnya, salah satu dari beberapa alamat IP untuk beranda Google adalah 172.217.204.102. Coba masukkan alamat ini di browser Anda, bukan di google.com. pergi ke situs yang sama.

7. Menggunakan Shortlink URL

URL pendek seperti TinyURL bisa menjadi salah satu cara menghindari pemblokiran website.

Layanan ini mengambil URL yang ada dan mengembalikan versi pendek yang tertaut langsung ke situs web asli. Jadi link saja ke URL pendek dan bukan URL asli yang mungkin diblokir oleh admin.

Oleh karena itu, URL pendek terkadang dapat menjadi cara untuk melewati pemblokiran berbasis URL atau berdasarkan daftar blokir, bergantung pada cara penerapannya.

8. Mengganti Domain Name Server

Ubah sistem nama domain server dan#40;DNSdan#41; bisa menjadi cara efektif untuk mengakses situs web yang diblokir ketika IP diblokir.

Tidak perlu teknis, server DNS Anda memetakan URL ke alamat IP (misalnya google.com ke 172.217.204.102). Karena jaringan dan ISP dapat memblokir situs web dari server DNS mereka, beralih ke server DNS publik dapat menjadi solusinya.

Caranya sederhana, ubah alamat IP server DNS di konfigurasi jaringan komputer Anda. Salah satu opsi yang populer (dan mudah diingat) adalah server DNS publik Google dengan alamat IP 8.8.8.8.

9. Menggunakan Google Translate

Mengirimkan URL ke penerjemah online seperti Google Translate bisa menjadi link alternatif yang bisa dipatahkan oleh banyak filter pemblokiran. Cukup masukkan URL di kolom terjemahan, pilih bahasa dan biarkan penerjemah melakukan keajaibannya.

10. Melaui Cache atau Wayback Machine

Archive.org Cache Google dan Mesin Wayback menyimpan salinan setiap situs web yang diindeks yang tersedia untuk umum. Karena URL asli tidak diperlukan untuk situs yang di-cache, ini adalah cara ampuh untuk melihat situs yang diblokir, meskipun itu versi lama.

Untuk mengakses versi cache situs web, Anda dapat mencari URL di Google dan mengakses cache melalui hasil pencarian, atau mencari di Wayback Machine.

11. Menggunakan Browser Lain

Browser Opera menyertakan VPN gratis bawaan, menjadikannya cara cepat dan mudah untuk membuka blokir situs web tanpa berlangganan mahal. Namun berhati-hatilah: Beberapa orang mengatakan ini bukan pilihan terbaik untuk melindungi privasi Anda atau layanan streaming seperti Netflix.

Penutup

Sekarang tentu kamu sudah mengetahui kenapa Yandex di blokir dan cara mengatasinya. Kamu tetap bisa mengakses situs yang sudah terblokir menggunakan bantuan VPN atau Proxy.

Kamu bisa mendapatkan VPN gratis melalui mendownloadnya di Chrome atau browser yang lainnya. Kemudian aktifkan VPN tersebut lalu kamu buka situs Yandex maka kamu sudah bisa mengaksesnya.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.