oleh

5 Hal Yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Membuat Headline Copywriting

5 Hal Yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Membuat Headline Copywriting – Dalam dunia digital marketing, headline copywriting merupakan hal yang tidak asing lagi. Copywriting merupakan teknik pemasaran produk melalui iklan secara digital. Sementara headline itu sendiri merupakan informasi utama yang akan dibaca calon konsumen

Sebagai informasi yang pertama kali akan dilihat dan dibaca calon konsumen tentu saja peran headline sangat penting dalam copywriting. Oleh sebab itu membuat headline copywriting memang tidak bisa dianggap hal yang remeh. Terdapat teknik tertentu agar headline yang dibuat bisa memberikan hasrat tertarik membeli produk yang timbul di benak konsumen.

Headline copywriting yang dibuat tidak hanya mengutamakan unsur kata-kata yang dipakai, melainkan font, jenis tulisan dan beragam cara lain yang bisa menarik perhatian konsumen. Tentu saja jika produk yang ingin Anda iklankan tidak ingin dicap buruk dan tidak kredibel sudah semestinya headline yang dibuat tidak perlu menggunakan kata-kata yang berlebihan.

Biasanya orang akan curiga jika informasi yang dibuat terlalu berlebihan dan tidak masuk akal. Untuk itu pada artikel kali ini dewailmu akan memberikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat headline copywriting.

Membuat Headline Copywriting

1. Dengan Menyisipkan Angka

Dalam membuat headline, ternyata penggunaan angka adalah hal yang cukup penting. Pasalnya angka dalam headline menunjukkan informasi yang terkesan lebih factual dan lebih meyakinkan. Penggunaan angka ke dalam headline juga akan menampilkan informasi yang lebih spesifik, mengandung konten yang lebih terstruktur dan memiliki daya tarik bagi pembaca. Anda bisa angka di dalam headline misalnya seperti “ Tembus Omzet 200 Juta Hanya Modal Kuota” atau “ 7 Cara Melangsingkan Tubuh”.

2. Membuat Headline Copywriting Dengan Menggunakan Pemikiran Rasional

pikiran rasional

Pemikiran yang rasional adalah pemikiran yang bisa dinalar dan diterima orang. Pemikiran yang seperti ini yang perlu Anda siratkan dalam membuat headline copywriting, sehingga headline yang Anda buat bisa menjadi alasan mengapa pembeli mau membeli produk Anda. dalam hal ini Anda dapat menggunakan kata-kata seperti cara, fakta, alasan, tips ataupun trik dan lain-lain.

Baca Juga : Cara Membuat Formulir Online Dengan Google Form + Gambar!.

3. Gunakan Kata-kata Yang Menarik Perhatian

Dalam membuat headline copywriting meskipun merupakan bentuk promosi namun pemakaian kata-katanya harus diperhatikan. Jangan gunakan kata-kata yang terlalu berlebihan dan omong kososng karena ini akan menipu calon pembeli. Anda cukup menambahkan kata sifat seperti terbaik, terpercaya, terjamin, berkualitas, terbukti dan lain-lain. tentu saja kata-kata tersebut harus sesuai dengan produk yang Anda iklankan.

4. Gunakan Kata-kata Yang Spesifik

kata spesifik

Selain menggunakan kata-kata yang menarik perhatian, headline juga harus dibuat dengan kata yang bersifat spesifik. Headline yang dibuat lebih spesifik akan terkesan memberikan informasi yang sedang dibutuhkan calon konsumen. Beberapa contoh headline yang spesifik misalnya “ 7 Langkah Mudah Membuat Copywriting Dalam 1 Minggu” “ 9 Cara Menurunkan Berat Badan Untuk Wanita Usia 20-an”.

5. Beritahu Urgensinya

Menyisipkan urgensi pada headline akan membuat pembaca lebih terdorong untuk percaya pada produk Anda. Anda bisa membuat urgensi dengan menyisipkan kata seperti cepat, jangan sampai kehabisan, beli sekarang juga dan lain-lain. Kata-kata tersebut akan memberikan menarik perhatian kepada pembaca untuk membeli.

Contoh headline dengan menggunakan urgensi misalnya “ Kini Anda dapat memiliki hunian eksklusif di dalam kota dengan BONUS senilai RP. 2 juta untuk 10 pendaftar pertama” “ Beli Produk Ini Sekarang Dan Dapatkan Diskon Senilai Rp. 100.000 Untuk Pembeli Pertama”.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah headline. Dalam dunia digital marketing copywriting layaknya iklan yang biasa Anda lihat di televisi. Iklan ini ditujukan kepada calon pembeli agar dapat tertarik dengan produk yang ditawarkan melalui kata-kata. Oleh karenanya membuat headline copywriting haruslah diperlukan keterampilan khusus agar tepat sasaran. Semoga informasi ini bisa membantu para pembaca dewailmu dalam membuat headline copywriting. Terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *