8 Cara Mengatasi Gmail Telah Berhenti Dengan Cepat & Ampuh

Cara Mengatasi Gmail Telah Berhenti Dengan Cepat & Ampuh – Gmail merupakan salah satu perusahaan milik google inc yang saat ini sering digunakan oleh untuk beberapa kepentingan seperti mengirim lamaran pekerjaan, mengirim surat, mengirim informasi penting dan masih banyak lagi. Maka dari itu sudut pandang bahwa gmail sangat penting sudah tidak diragukan lagi. Gmail sendiri kita bisa mengakses melewati dua perantara mulai dari situs dan aplikasi.

Biasanya, agar lebih mudah mengaksesnya kita bisa mengaksesnya lewat aplikasi di smartphone. Daripada menggunakan situs apabila sinyal lag, maka menjad masalah utama ketika lemot. Jika di aplikasi walaupun lag masih tetap bisa dibuka, walaupun ketika mengirim pesan ke teman akan terasa agak lama sedikit. Hal itu hanya lama ketika proses pengirimannya dan bukan proses membuka gmail.

Dalam pembahasan ini yang akan dijelaskan bukanlah masalah yang lemot ataupun lag akan tetapi “sayangnya gmail telah berhenti”. Sama seperti aplikasi lainnya, gmail pun juga bisa error. Salah satu errornya yakni tiba tiba force close dan tidak mau kebuka jadi tiba tiba berhenti. Selain itu hal ini membawa dampak juga dimana data ataupun informasi yang kita kirimkan jadi tidak terkirim.

Maka dengan demikian sama saja dong, gagal. Lalu bagaimana sih cara mengatasi permasalahan tersebut?, kalian tidak perlu khawatir karena di bawah ini saya menjelaskan bagaimana cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Gmail Telah Berhenti

1. Restart HP

Cara pertama untuk mengatasi aplikasi gmail telah berhenti silahkan coba dengan restart smartphone. Hal ini bertujuan untuk merestart sistem yang error. Jika sudah restart maka cobalah untuk mengakses kembali gmail, pasti tidak akan error lagi.

2. Bersihkan Cache Gmail

Cara Mengatasi Gmail Telah Berhenti dengan hapus cache

Langkah berikutnya yang bisa kalian coba silahkan bersihkan cache yang terdapat di file gmail. Untuk caranya pun sangatlah mudah. Pertama silahkan masuk ke menu Pengaturan, selanjutnya masuk saja ke menu Aplikasi, berikutnya masuk ke semua aplikasi, cari gmail. Jika sudah ketemu maka tinggal klik, lalu scroll ke bawah lalu cari hapus cache. Terakhir tinggal klik saja, lalu coba restart smartphone dan buka kembali gmailnya.

3. Paksa Henti Aplikasi

Selanjutnya kalian pun juga bisa mencoba untuk menghentikan aplikasi. Jadi aplikasinya dihentikan paksa, lalu silahkan anda membuka sendiri. Untuk menghentikan paksa aplikasi caranya seperti dengan hapus cache, karena fitur tersebut berada di bawah ataupun di samping hapus cache. So perhatikan saja cara di atas, nanti klik saja pada bagian paksa Paksa Henti.

4. Update Gmail Versi Terbaru

update gmail

Cara selanjutnya yang bisa kalian coba juga yakni silahkan anda memperbarui gmail anda ke versi yang paling baru. Karena wajar saja jika gmail yang kalian gunakan tersebut sudah lawas, dan membuat aplikasi menjadi keluar sendiri. Hal itu bisa saja dikarenakan saking banyaknya bug yang keluar dari aplikasi lama, maka dari itu sangat disarankan agar anda mengupdate aplikasi gmail kalian masing-masing.

Baca Juga :

5. Gunakan Cleanmaster Untuk Menghapus Virus, Sampah, Iklan & File Usang Lainnya

Jika handphone saya error, seperti lag, terdapat banyak iklan, saya menggunakan cleanmaster untuk menghapusnya. Gunakan cleanmaster versi terbaru untuk menghapus virus, sampah, iklan, RAM, file usang, dan file file lainnya yang menyebabkan handphone error.

6. Cara Mengatasi Gmail Telah Berhenti Dengan Relogin Gmail

relogin

Sudah diketahui bahwa gmail adalah aplikasi berbasis online yang menggunakan data internet. Untuk mengatasinya maka anda bisa log out dari gmail dan login kembali, hal ini dilakukan untuk memperbarui sesi masuk, bisa saja proses masuk yang salah, seperti login dalam keadaan internet lelet dan tidak full login, ada kekeliruan sistem.

7. Tutup Aplikasi Latar Belakang

Biasanya aplikasi berhenti karena kehabisan RAM, maka dari itu tutup aplikasi yang berjalan di latar belakang yang tidak terlalu penting. Hal ini bertujuan agar handphone fresh dan terdapat sisa RAM yang digunakan untuk membuka aplikasi baru

8. Hapus Pesan Gmail

hapus pesan gmail

Mungkin diantara kalian merasa bahwa aplikasi gmail kalian sudah terlalu penuh dengan pesan yang masuk dari gmail lainnya?, maka hal itu bisa jadi menjadi salah satu penyebab kenapa gmail tiba tiba berhenti. Untuk mengatasinya silahkan hapus saja pesan yang tidak berguna, karena itu dapat mengatasi error yang terjadi di aplikasi gmail.

Jadi itulah mengenai cara mengatasi gmail sayangnya telah berhenti. Semoga bermanfaat untuk anda semua pengguna gmail. Apabila masih bingung silahkan komentar saja, sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *