10 Situs Jual Beli Foto Online Terbaik Dengan Harga Tinggi

Situs Jual Beli Foto Online Terbaik Dengan Harga Tinggi – Tahukah anda, dengan berjualan foto bisa mendapatkan uang. Bagaimana caranya?, yakni dengan menjual foto-foto tersebut kepada orang lain.

Daripada kita foto untuk sekedar iseng, lebih baik menjual foto tersebut. Selain bisa menyalurkan hobi fotografi, juga pastinya mendapatkan uang.

Sebagai contoh, fotografer profesional bisa mendapatkan uang jutaan rupiah setiap bulan dari berjualan foto. Hal ini bisa kita tiru, dari fotografer pemula menjadi fotografer profesional.

Untuk menjual foto-foto tersebut, biasanya fotografer profesional menjualnya pada situs jual beli online. Banyak sekali situs jualan foto dan gambar yang bisa kita jumpai di internet, seperti berikut ini contohnya.

Situs Jual Beli Foto Online Terbaik

1. Shutterstock

shutterstock

Yang pertama pasti banyak dari kita mengetahuinya, yakni Shutterstock. Semakin kesini shutterstock semakin banyak mengeluarkan fitur. Selain gambar/foto, sekarang anda bisa menjual produk lain seperti video, vektor, musik,hingga editorial.

Dari setiap produk, anda bisa mencari kategorinya. Jadi bisa dibilang fitur dalam shutterstock ini cukup lengkap. Pada situs ini, untuk mendapatkan produk-produk terbarunya, anda wajib membayar sejumlah nominal yang cukup mahal dalam bentuk dollar.

Jika anda seorang fotografer, selain bisa menjual foto-foto di situsnya langsung, ada aplikasi Shutterstock Contributor untuk ponsel android yang bisa anda gunakan.

2. Adobe Stock (Fotolia)

Sama seperti shutterstock, anda bisa menjual foto/gambar pada situs ini. Selain foto, anda juga bisa menjual video, template, hingga karya 3D.

Banyak sekali fitur yang terdapat pada Adobe Stock, seperti Platform yang sudah memiliki nama besar, sudah terintegrasi dengan berbagai tools Adobe lainnya, sudah bisa upload foto via Adobe Lightroom, hingga digadang gadang sebagai salah satu platform dengan royalti terbesar.

Bahkan, Situs Adobe Stock ini sudah terintgrasi oleh aplikasi Adobe Creative Cloud pada ponsel android. Jadi, selain upload di situs adobe stock, anda bisa menggunakan aplikasi Adobe Creative Cloud untuk mengunggah dan menjual produk.

3. Dreamstime

Mungkin situs-situs jual beli foto online sekarang ini sudah menjual produk selain foto, seperti video, editorial, dan lainnya. Sama seperti fitur-fitur yang terdapat pada situs dreamstime.com.

Bagi anda yang ingin menjadi kontributor disini, beberapa keunggulan dreamstime seperti Konten yang bisa di upload lebih bervariasi, Menjaga kualitas konten dengan beberapa kriteria wajib, hingga Skema royalti yang memungkinkan untuk bertambah.

Anda bisa mendapatkan US$1 hingga US$17 untuk setiap file yang anda unggah dengan beberapa kriteria yang sudah pihak dreamstime tetapkan. Ayo tunggu apa lagi?, langsung upload karya pertamamu di dreamstime.

4. iStockphoto

istockphoto

Selanjutnya ada situs iStockphoto.com yang sudah berdiri cukup lama, yakni sejak tahun 2000. Karena situs ini merupakan bagian dari Getty Images, Anda harus mendaftar di aplikasi Getty Images saat registrasi kontributor.

Untuk syarat menjadi kontributor, anda bisa mengirim konten gambar dan ilustrasi, anda bisa mengirim via Google Drive atau Dropbox. Sedangkan untuk konten video, Anda wajib mengupload 3-6 konten via YouTube. Nanti konten-konten tersebut akan di-review oleh tim editor iStock.

Setelah itu, barulah Anda bisa menjadi kontributor atau tidak. Memang sedikit rumit, karena pelanggan iStockPhoto yang cukup banyak, membuat proses seleksi cukup susah, hal ini bertujuan untuk memastikan para kontributor bisa membuat konten berkualitas.

Beberapa keunggulan lainnya dari iStockphoto adalah konten yang berkualitas, persentase royalti yang besar untuk kontributor, dan Anda otomatis akan menjadi kontributor di Getty Image.

5. 500px

Situs jual beli foto 500px memungkinkan Anda menjual produk untuk kebutuhan komersial maupun editorial. Contohnya seperti digital campaign, website, cover buku, dan lainnya.

Bagi anda yang tertarik dengan komisi besar, anda wajib mendaftar pada situs ini, karena royalti yang pihak 500px berikan mencapai 60% kontributor.

Pihak 500px juga sudah bekerja sama dengan Getty Images dan VCG (Visual China Group) untuk distribusi konten. Enaknya lagi, terdapat algoritma yang mengatur konten-konten dari kontributor baru untuk tampil pada halaman depan, hal ini memudahkan kontributor baru bersaing dengan kontributor lama.

Baca Juga :

6. Alamy

Untuk produk foto yang bisa anda jual di alamy antara lain seperti vektor, ilustasi, gambar 360, rekaman, live news. Untuk kontributor, anda bisa mendapatkan royalti hingga 50% dari penjualan setiap produknya.

Bahkan untuk kontributor yang masih pelajar akan mendapatkan 100% royalti pada dua tahun pertama, enak sekali ya. Jika kalian berminat menjadi kontributor di alamy, kalian bisa mendaftar melalui situsnya di www.alamy.com.

7. Etsy

etsy

Etsy memang tidak khusus untuk menjual foto/gambar, karena di dalamnya terdapat banyak produk seperti perhiasan dan aksesorisnya, baju, sepatu, mainan, dan masih banyak lagi, termasuk gambar.

Jika anda berniat menjual foto/gambar anda pada situs ini, anda bisa mendapatkan pembayaran melalui PayPal, hingga kartu kredit.

8. FreeDigitalsPhoto.net

Seperti namanya, jika anda ingin bergabung menjadi kontributor di situs ini, gambar/foto anda bisa diunduh secara gratis, namun dalam resolusi kecil. Jika pembeli merasa membutuhkan versi gambar yang lebih bagus atau HD, pembeli harus membelinya.

Saya rasa anda pasti tertarik menjadi kontributor di freedigitalsphoto.net, itu karena royalti yang diberikan kepada kontributor sekitar 70% dari penjualan.

9. Big Stock Photo

Selain foto, anda juga bisa menjual video dalam situs ini. Untuk mendaftar menjadi kontributor juga cukup mudah, anda hanya harus menyiapkan foto buatan anda sendiri tanpa hak cipta, dan mendaftar pada situs www.bigstockphoto.com.

Setelah mendaftar, upload foto dan dapatkan uang. Lakukan hal tersebut secara konsisten, maka pasti akan ada seseorang yang tertarik dengan produk anda.

10. Website Pribadi

Terakhir, anda bisa menjual foto hasil jepretan kamera anda di website pribadi, jika anda memilikinya. Jika tidak punya, anda bisa membuat website dengan mudah melalui beberapa platform, contohnya blogspot dan wordpress.

Kelebihan dari metode ini adalah, anda bisa mengembangkan web pribadi sambil mencari nama/brand untuk website pribadi. Jadi bisa saja jika nanti web anda sudah memiliki naman, tidak menutup kemungkinan banyak fotografer yang akan menjual foto-fotonya di website anda.

Setelah membaca artikel tentang situs jual beli foto online terbaik di atas, pasti beberapa dari anda ingin menjual foto maupun gambar karya pribadi, apalagi jika anda seorang fotografer, cocok sekali pokoknya.

Oke, sekian artikel ini, jika ada rekomendasi situs lainnya, tolong tuliskan di kolom komentar ya, dengan begitu informasi yang didapatkan jadi lebih banyak.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *