oleh

35+ Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar Hingga Ratusan Juta

35+ Contoh Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar Hingga Ratusan Juta – Di era serba modern seperti sekarang ini masih ada saja seseorang yang belum bekerja karena saking sulitnya mencari pekerjaan. Akibatnya banyak orang yang merantau mencari pekerjaan hingga ke negeri orang.

Ingin hati membuka usaha sendiri namun banyak halangan yang didapati mulai dari bayang-bayang kegagalan, tidak adanya tempat/lapak usaha, modal yang cukup besar untuk memulai usaha, usaha yang tidak sesuai dengan bidang/jurusan sekolah dan lain sebagainya.

Memang yang namanya usaha pasti ada untung ada rugi, jadi menurut saya tidak ada salahnya jika anda mencobanya. Banyak peluang usaha yang bisa dicoba, siapa yau usaha yang anda tekuni akan menjadi pekerjaan utama. Pastinya enak sekali memiliki usaha sendiri, saya sendiri pun suatu saat pingin punya usaha sendiri.

Jika anda belum pernah mencoba membuka usaha sebelumnya saya sarankan belajar dulu mulai dari usaha kecil, jika sudah professional anda bisa mencoba peluang usaha yang lebih besar, banyak sekali jenis usaha modal kecil untung besar, beberapa diantaranya yakni di bawah ini.

Contoh Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar

1. Jual Pulsa Listrik & Elektrik

jual pulsa

Memang sekarang penjualan pulsa sedang menurun dikarenakan permintaan penjualan kuota data sedang meningkat drastis. Ya memang ponsel android sangat kompatibel dengan yang namanya internet, jadi pulsa sudah kurang diminati.

Namun anda tidak perlu khawatir karena diluar sana masih banyak yang belum memiliki ponsel android, jadi kebutuhan pulsa juga masih diminati terutama bagi orang-orang diatas 40 tahun yang cenderung buta teknologi dan lebih memilih membeli pulsa daripada kuota.

2. Air Minum Isi Ulang

Di era modern ini memang hanya sedikit orang yang mengkonsumsi air olahan sendiri, mereka lebih memilih menggunakan/membeli air minum isi ulang karena disamping harganya lebih murah mereka tidak perlu repot memasak air yang menghabiskan banyak daya seperti minyak gas dan elpiji.

Selain itu, banyak daerah yang kekurangan air bersih. Jadi dengan memulai bisnis menjual air minum isi ulang anda bisa mendapatkan keuntungan dan bisa membantu adanya kekurangan air bersih. Jika anda tidak mempunyai mesin isi ulang air minum anda bisa menyewanya.

Manfaatkan salah satu ruangan yang tidak terpakai di rumah anda untuk meletakkan mesin refill/galon isi ulang kemudian rekrut salah satu anggota keluarga/tetangga untuk mengantarkan galon ke pembeli. Usahakan air yang dijual memiliki kualitas bagus dan pelayanan anda ramah.

3. Laundry Kiloan

Jika rumah anda di perkotaan  yang dekat dengan kampus/perumahan tidak ada salahnya mencoba usaha landry dengan tarif perkilo, kenapa dikota?, karena dikota selalu padat dengan berbagai kesibukan. Jadi mereka cenderung lebih memilih menggunakan jasa laundry daripada harus mencuci pakaian sendiri.

Untuk memulai bisnis ini tidak diperlukan modal yang besar, anda cukup menyediakan mesin cuci, jika tidak mampu untuk membeli yang baru anda bisa membeli yang bekas saja. Selain mesin cuci, sediakan pengering, setrika, dan pewangi. Pasang banner di depan rumah agar usaha anda dikenal banyak orang.

4. Jual Paket Kuota Handphone

Menurut saya ini merupakan peluang usaha modal kecil terbaik saat ini, kenapa? karena hampir semua orang sudah menggunakan smartphone khususnya android dan iphone. Jika dihitung-hitung harga per sms dengan harga chatting dengan kuota data lebih murah kuota data, jadi dengan memperhitungkan hal tersebut banyak orang yang beralih menggunakan kuota internet.

Untuk anda yang berminat menggeluti usaha ini langkah pertama yakni sediakan isi ulang kuota, kartu perdana im3, mentari, three, axis, dan perdana operator lainnya yang menawarkan kuota besar dengan harga terjangkau. Promosikan juga di sosmed terutama facebook untuk menarik banyak peminat.

5. Jasa Potong Rambut

barber shop

 

6. Jasa Menjahit

Sandang merupakan salah satu kebutuhan primer setiap manusia yang terlahir di dunia ini, tidak mungkin seorang manusia yang hidup tidak mengenakan pakaian, bahkan orang yang meninggal pun masih mengenakan kain yakni kain kafan.

Melihat kebutuhannya yang vital membuat jasa menjahit pastinya akan dicari selamanya. Untung membuka jasa menjahit tidaklah membutuhkan biaya yang mahal. Anda hanya perlu memiliki skill menjahit (biasanya cocok untuk cewek lulusan SMK) , alat jahit, benang, jarum, dan alat menjahit lainnya.

Selain tidak membutuhkan biaya yang mahal, semakin lama pasti semakin banyak mode pakaian terbaru. Anda bisa memanfaatkan kesempatan tersebut dengan membuat baju mode terbaru, seragam sekolah, baju pernikahan, dan model lainnya.

7. Membuka Les Privat

Jika pada masa anda bersekolah sering mendapatkan prestasi seperti juara kelas dan cerdas cermat tidak ada salahnya jika anda membuka kursus/les privat di rumah anda, selain di rumah sendiri anda bisa mendatangi rumah setiap anak yang les dengan anda.

Untuk jasa les privat sekarang minimal satu bulan seratus ribu, jadi jika anda sehari bisa mengajari anak les 4-5 kali maka bisa dihitung sebulan mendapatkan pendapatan berapa ratus ribu.

8. Jasa Penulis Online

Peluang usaha modal kecil berikutnya yakni menjadi penulis online. Tau blog/website?, pastinya tau kan. Anda pasti pernah menjumpai tulisan Kirim Tulisan Dan Dapatkan Hadiahnya. Nah, itu adalah sistem menulis online/freelance writer. Beberapa situs besar seperti babe dan uc news menerapkan sistem ini.

Selain babe dan uc news banyak sekali orang yang membutuhkan jasa penulis online ini, terutama untuk situs web yang dimilikinya. Untuk tarif sangat bervariatif tergantung kualitas dan banyak kata dalam setiap tulisan. Untuk harga mulai dari 5000-25.

Baca juga cara memulai bisnis/usaha dari awal untuk pemula.

9. Pengetikan Dan Fotocopy

Pengetikan dan fotocopy merupakan usaha yang cocok yang dilakukan di area sekolah, kampus, perkantoran dan tempat umum lainnya. Biasanya yang membutuhkan jasa pengetikkan adalah anak-anak SMA sampai dengan anak kuliahan dan fotocopy biasanya dibutuhkan oleh anak SD sampai SMP.

Untuk pengetikan anda tidak perlu membutuhkan dana besar, cukup mempunyai komputer dan bila belum punya anda bisa membeli komputer bekas. Selain itu belilah sebuah printer, mesin fotocopy, tinta, kertas dan kebutuhan penting yang berhubungan dengan pengetikan dan fotocopy.

10. Warnet Dan Game Online

warnet dan game online

Meskipun banyak yang memilih game online melalui android seperti game mobile legend, AOV, clash of clan, vainglory dan masih banyak lagi rasanya game online via PC juga masih banyak diminati terutama bagi gamers point blank dan counter strike.

Untuk mencoba usaha ini sediakan 1-3 pc dan cpu untuk membuka warnet dan game online dan jangan lupa sediakan camilan seperti gorengan dan makanan ringan agar pengunjung merasa nyaman. Untuk tambahan anda bisa memasang AC dan kipas angin agar yang main tidak kepanasan.

11. Jualan Makanan Ringan (Gorengan & Makanan Olahan Seperti Keripik Singkong)

Ini merupakan salah satu peluang usaha modal kecil paling populer yang banyak digandrungi para masyarakat yang memiliki ekonomi menengah ke bawah. Banyak orang menyukai gorengan karena harganya terjangkau, hanya dengan membawa uang 10 ribu anda mungkin muntah-muntah makan gorengan dan minuman.

Untuk memulai usaha ini tidak diperlukan usaha yang besar, anda hanya perlu menyediakan kompor, elpiji, lapak untuk berjualan serta bahan makanan yang hendak diolah menjadi gorengan seperti pisang dan ketela. Untuk tarif biasanya sekitar 500 sampai 1000 rupiah untuk satu gorengan.

12. Jasa Cuci Kendaraan Bermotor (Sepeda Motor & Mobil)

Usaha ini sebenarnya cocok saat musim hujan, biasanya jika musim hujan banyak sepeda motor dan mobil yang kotor terkena percikan dari air hujan. Selain karena air hujan, biasanya orang mencuci sepeda motor untuk merawat sepeda motor agar lebih fresh.

Untuk memulai usaha ini tidak banyak yang diperlukan, Anda hanya membutuhkan :

  • Air.
  • Sabun.
  • Dan peralatan cuci motor seperdi pada umumnya.

13. Bengkel Otomotif

Setiap tahun penjualan sepeda motor selalu meningkat jadi yang memiliki sepeda motor pasti banyak. Tidak sedikit orang yang menservis sepeda motor setiap tahun seperti mengganti oli, mengganti ban hingga memodifikasi sepeda motornya.

Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan membuka bengkel otomotif, usaha ini cocok sekali buat anak cowok lulusan SMK/STM jurusan otomotif. Sebetulnya tidak dibutuhkan modal yang banyak, yang dibutuhkan terutama adalah skill dan keahlian.

14. Tambal Ban

Menurut saya tambal ban juga merupakan peluang usaha yang bagus tanpa membutuhkan modal yang besar, untuk memulai usaha ini tidak membutuhkan biaya yang cukupp besar, anda hanya diwajibkan mempunyai skill menambal ban, jika belum bisa maka belajar dulu pada ahlinya jika ingin membuka usaha ini.

Untuk harga bervariatif tergantung jenis kendaraan apakah sepeda motor atau mobil, banyak lubang, dan masih banyak faktor lainnya.

15. Menjadi Youtuber

youtubers

Youtubers terutama di indonesia sekarang sedang booming, banyak pemberitaan yang memuat tentang profesi youtuber ini. Bagaimana tidak booming?, banyak youtuber sukses yang sekarang menjadi kaya raya dikarenakan menjadi youtuber seperi Ria Ricis, Bayu Skak, dan Keluarga Gen Halilintar.

Untuk menjadi seorang youtuber sangatlah mudah, anda hanya perlu mengupload video di youtube seperti trending, tutorial/how to, prank, dan lain sebagainya. Dan untuk mendapatkan anda harus memenuhi persyaratan dulu yakni dengan mendapatkan 10.000 viewers.

16. Toko Peracangan

Di setiap daerah pasti akan ada namanya toko peracangan, jika berminat membangun peracangan anda bisa menjual sembako, rokok, makanan ringan untuk anak serta masih banyak lagi. Jika toko peracangan anda sudah besar penghasilan anda pun pastinya juga akan besar.

Untuk memulai peluang usaha modal kecil ini anda bisa merintis membuka peracangan kecil, lihat berapa banyak yang datang dan mampir untuk membeli bahan-bahan kebutuhan sehari-hari di waktu peracangan anda. Jika sudah besar anda bisa melebarkan usaha ini.

17. Kerajinan Tangan/Souvenir

Sekarang banyak sekali kerajinan tangan dan souvenir mahal yang awalnya berasal dari barang bekas yang tidak terpakai. Jika anda orang yang kreatif cobalah untuk membuat berbagai kerajinan tangan, anda bisa memanfaatkan barang bekas seperti kardus bekas mie, botol bekas aqua dan masih banyak lagi.

Untuk harga biasanya tergantung kerumitan dan kesulitan pada saat proses pembuatan kerajinan tangan tersebut, jika memang mahal anda bisa menjualnya hingga ratusan ribu rupiah. Membuat kerajinan merupakan salah satu usaha modal kecil menguntungkan yang bisa dilakukan oleh semua orang.

18. Menjadi Blogger

 

Peluang usaha modal kecil untung besar lainnya yakni dengan menjadi blogegr. Menjadi blogger susah-susah enak, susahnya yakni untuk membuat artikel yang berkualitas diperlukan tenaga ekstra mulai dari ide, rangkaian, hingga artikel yang sudah jadi. Selain itu banyaknya saingan akan membuat anda jenuh.

Namun sisi enaknya bisa dilihat jika blog/situs website anda sudah besar, akan banyak orang yang mengenal anda dan banyak yang akan memasang iklan di blog anda yang bisa menghasilkan uang. Selain iklan, blog yang sudah besar juga bisa digunakan untuk berjualan produk.

19. Warung Kopi & Wifi

Sampai juga pada usaha yang saya nantikan, membuka warung kopi & wifi merupakan usaha terbaik dan terpopuler saat ini yang bisa anda buka dengan modal yang tidak cukup besar. Anda hanya diwajibkan mempunyai lapak untuk berjualan warung kopi dan berlangganan wifi.

Untuk wifi anda bisa berlangganan di indihome/telkom, harganya pun cukup murah perbulannya mulai dari 300 ribuan. Dengan 300 ribuan anda bisa mendapatkan banyak pemasukan karena orang cenderung mencari wifi pada saat ngopi.

20. Menjadi Publisher Google Adsense

google adsense

Tau darimana blogger dan youtuber mendapatkan uang?, nah google adsense ini merupakan salah satu peluang blogger dan youtuber tersebut mendapatkan uang. Dengan menayangkan iklan google di channel youtube atau blog anda bisa mendapatkan uang jutaan rupiah.

Untuk diterima google adsense tentu saja tidak semudah yang anda bayangkan karena tidak sedikit blogger dan youtuber yang ditolak oleh google adsense. Berikut cara mudah diterima google adsense.

Selain 25 Peluang Usaha Modal Kecil Diatas, Berikut Beberapa Usaha Modal Kecil Lainnya :

  1. Dropshipper.
  2. Catering.
  3. Jasa desain grafis.
  4. Berjualan es krim rumahan.
  5. Dagang rokok.
  6. Membuka online shop.
  7. Buzzer instagram.
  8. Jasa endorse.
  9. Fotografer.
  10. Jasa servis ac.
  11. Usaha Kuliner (Bakso, Mie Ayam, Nasi Goreng, Dan Sejenisnya)
  12. Berjualan Sayur Keliling
  13. Agen Pembayaran Listrik
  14. Bisnis Jualan Hijab
  15. Rental PlayStation/PS
  16. Dan masih banyak lagi.

Diatas merupakan beberapa contoh peluang usaha modal kecil yang bisa anda manfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Memang masih banyak peluang usaha selain 35 contoh yang saya sebutkan diatas, anda bisa memilih peluang usaha tersebut atau yang lainnya tergantung minat dan bakat yang anda miliki.

Sekian artikel ini, semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang sedang mencari usaha pribadi ataupun bisnis sampingan. Terima kasih atas kunjungannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *