5 Tips Memilih Rice Cooker yang Cocok untuk Jualan

Tips Memilih Rice Cooker yang Cocok untuk Jualan – Ukuran Rice cooker beragam, ada kecil, sedang dan besar.

Ukuran jumbo memudahkan Anda memasak nasi jumlah besar. Selain itu cocok untuk jualan maupun acara penting karena waktu memasak nasi lebih cepat.

Anda bebas memilih jenis rice cooker dan merek sesuai selera. Untuk jualan, sesuaikan dengan budget agar tidak membuat anggaran jualan membengkak.

Tips Memilih Rice Cooker yang Cocok untuk Jualan

A. Jenis – Jenis Rice Cooker

jenis jenis rice cooker

Kecanggihan peralatan rumah tangga semakin mumpuni, salah satunya alat pemasak nasi. Ada yang hanya memasak nasi saja, tetapi ada yang multifungsi. Berikut ada jenis yang beredar di pasaran, antara lain :

1. On/Off Rice Cooker

Anda pasti mengenal rice cooker On/Off karena pertama kali diciptakan. Jenis ini hanya bisa kita gunakan untuk memasak nasi, kita tidak bisa menghangatkan nasi maupun memasak makanan lain. Walaupun fungsinya hanya 1, tetapi jenis ini masih diminati konsumen karena harganya terjangkau.

2. Cook atau Keep Warm Rice Cooker

Rice cooker semakin banyak peminatnya karena bisa memasak nasi sesuai selera. Bahkan ada rice cooker 30 liter yang sering pebisnis makanan pilih. Tetapi, jika untuk kebutuhan keluarga bisa memilih cook atau keep warm rice cooker.

Jenis tersebut lebih canggih dibanding jenis On/Off  karena bisa menghangatkan nasi. Bahkan pemakaiannya lebih praktis sehingga diminati sampai sekarang.

Jenis rice cooker cook atau keep warm rice cooker memiliki beberapa jenis, ada jenis yang menghangatkan nasi seharian, ada jenis menghangatkan nasi selama alat penghangat nasi tidak kita matikan dan jenis menghangatkan nasi dengan waktu tertentu.

Untuk ukurannya beragam, ada yang berukuran kecil hingga sedang. Setiap ukuran memiliki perbedaan harga sesuai merk di pasaran. Pastinya, cook/warm yang kemampuan menghangatkan nasi semakin lama maka harganya lebih mahal. Sama halnya dengan ukuran, jika Anda memilih rice cooker besar maka harganya mahal.

3. Smart Rice Cooker

Jenis ini menjadi primadona masyarakat untuk memasak nasi, apalagi fungsinya banyak. Rice cooker tersebut dibekali teknologi canggih sehingga cocok untuk semua kebutuhan, baik untuk keluarga, untuk jualan dan lainnya. Berikut fungsi dari smart rice cooker :

  • Slow Cook atau Pemasak Lambat
    • Slow cook atau berarti pemasak lambat. Artinya anda bisa memasak dengan waktu lama atau suhu tidak terlalu panas, pastinya cocok untuk memasak bubur. Anda bisa berkreasi membuat aneka menu bubur dengan fitur slow cook untuk sajian keluarga, bahkan bisa untuk jualan karena rasanya lezat layaknya memasak di alat memasak umumnya.
  • Fast Cook atau memasak cepat
    • Bagi anda yang ingin memasak lebih cepat karena jumlah liter beras besar. Untuk itulah fitur fast cook bisa anda pilih. Nasi cepat matang dalam hitungan menit, dijamin waktu Anda tidak terbuang sia-sia.
  • Steam Tray atau wadah untuk mengukus
    • Fungsi steam tray adalah untuk mengukus nasi dan aneka makanan lain. Caranya mudah, cukup mengisi wadah dengan air sesuai takaran dan pasang alat steamer. Setelah itu masukkan bahan makanan yang ingin anda kukus, tekan tombol sesuai pengaturan dan tunggu sampai matang.

Baca Juga :

B. Tips Memilih

rice cooker

Jualan aneka makanan membutuhkan rice cooker terbaik sehingga membuat bisnis makanan berkembang pesat. Konsumen akan puas karena rasa nasi tempat jualan Anda tetap lezat, maka dari itu diperlukan ketelitian memilih rice cooker terbaik dan berkualitas. Berikut beberapa tips memilih rice cooker yang baik dan benar :

1. Anti Lengket

Saat memilih alat pemasak nasi, pastikan Anda memilih dengan pot anti lengket. Fungsinya mencegah nasi lengket atau menempel di permukaan.

Bahkan material pot yang berkualitas membuat nasi cepat hangat dalam waktu singkat dan nasi matang sempurna.

2. Hemat Daya

Tips kedua adalah hemat listrik, agar tagihan listrik tidak membengkak. Apalagi jika setiap hari harus memasak nasi berkali-kali, jika salah memilih produk, maka keuntungan jualan bisa berkurang.

Sebelum membeli, perhatikan apakah ada fitur penghemat daya atau tidak.

3. Kelengkapannya

Semua ukuran alat pemasak nasi memiliki fitur tersendiri sesuai mereknya. Sebelum membeli untuk jualan, perhatikan fitur yang dimiliki produk tersebut.

Misalnya fitur desain, fitur material pembuatannya, terdapat alat untuk mengukus makanan lain atau tidak, dan faktor kelengkapan lain.

4. Memilih Merk Terbaik

Produsen alat pemasak nasi memiliki kualitas produknya masing-masing, untuk jualan usahakan memilih rice cooker terbaik sehingga awet. Jangan tergiur harga murah tetapi kualitasnya anda ragukan.

5. Material Bahan Aman

Menjual makanan harus memperhatikan standar keamanan pangan karena menyangkut kesehatan banyak orang. Sama halnya saat memilih alat pemasak nasi, pilihlah produk dengan material yang aman untuk kesehatan atau berstandar SNI.

Umumnya, rice cooker terbaik menggunakan material bahan keramik yang dilapisi coating pada bagian permukaannya. Bahan tersebut menghantarkan panas secara merata sehingga nasi menjadi lebih pulen, jika untuk jualan pastinya konsumen puas.

C. Rekomendasi Rice Cooker Merk Terbaik dan Terbaru

  • Philips HD3128 viva collection rice cooker.
  • Sanken SJ 3020.
  • Yong ma YMC 110 one touch.
  • Electrolux
  • Miyako MCM 509 rice cooker.
  • Panasonic SR DF181.
  • Cosmos CRJ 1031.
  • Xiaomi MiJia smart rice cooker.
  • Mito R5 in 1 digital rice cooker.
  • Bolde super cook titanium ECO.

Beli Rice Cooker di Ladara Aja

Zaman digital ini, membeli rice cooker besar maupun kecil lebih praktis dan cepat. Bahkan tidak menghambat rutinitas Anda, Anda bisa membeli di Platform Ladara. Ladara menyediakan aneka merk rice cooker terbaik dan terbaru sesuai kebutuhan, bahkan tersedia aneka penanak nasi yang cocok untuk jualan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *