22+ Peluang Usaha Rumahan Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil

22+ Peluang Usaha Rumahan Yang Menjanjikan Modal Kecil Untung Besar – Selain usaha warung kopi yang sekarang sedang populer di indonesia, masih banyak lagi peluang usaha yang bisa anda coba. Salah satunya yakni bisa anda lakukan di rumah sambil santai.

Bicara mengenai usaha rumahan, mungkin tidak akan ada habis-habisnya karena setiap waktu selalu saja ada usaha rumahan kreatif yang bertebaran. Banyak hal penting yang wajib dipertimbangkan untuk membangun sebuah usaha khususnya di rumah anda sendiri.

Mulai dari tempat, sarana, materi, sumber daya manusia, dan masih banyak lagi. Salah satu faktor penting untuk membangun usaha rumahan yakni modal (materi), banyak orang beranggapan bahwa untuk membangun usaha di rumah membutuhkan modal yang besar.

Menurut saya banyak juga bisnis yang bisa dijalankan dengan modal kecil. Justru yang lebih penting yakni keinginan yang kuat, niat, ketekunan, dan kerja keraslah yang menjadi pondasi utama memulai usaha. Memang modal pasti dibutuhkan semua orang yang ingin membangun usaha.

Karena jika tidak ada modal, maka usaha tidak akan bisa dimulai. Untuk anda yang memiliki modal kecil dibawah 5 jutaan mungkin bisa mencoba salah satu dari banyak bisnis rumahan yang saya tuliskan di bawah. Pilihlah usaha yang sesuai dengan minat dan bidang anda masing-masing.

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

1. Paket Data (Kuota Internet) & Pulsa

paket data

Menurut saya inilah usaha rumahan modal kecil untung besar terbaik yang bisa kerjakan di rumah sambil tidur-tidur. Tanpa membuka konter pun anda sudah bisa memulai usaha ini, hanya dengan bermodalkan handphone dan saldo paket data, anda sudah bisa membuka usaha ini. Enak sekali bukan?.

Jika anda ingin usaha ini lebih besar, maka anda bisa membuka konter, serta berjualan kartu perdana dan pulsa. Selain itu anda juga bisa menjual berbagai peralatan aksesoris handphone seperti baterai, casing, dan aksesoris handphone lainnya. Dengan begitu penghasilan anda akan meningkat.

2. Menjahit

Menjahit merupakan hal yang identik dengan ibu rumah tangga, namun banyak juga lelaki yang menekuni profesi ini. Penjahit profesional mampu menyelesaikan jahitan hingga puluhan baju & celana setiap harinya. Pekerjaan ini juga cocok bagi anda lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK).

Anda bisa memulai usaha ini dari rumah, tawarkan jasa ini ke tetangga dekat rumah anda. Selain itu anda juga bisa memasang banner (spanduk) di depan rumah mengenai jasa ini. Lebih hebatnya lagi anda bisa menawarkan jasa menjahit melalui media sosial.

3. Toko Kelontong (Pracangan)

Sembako merupakan kebutuhan utama setiap warga, beras, kacang, kecap, minyak goreng, merupakan hal yang pasti dibeli oleh masyarakat. Nah, dengan membuka toko pracangan, peluang anda mendapatkan pundi-pundi uang yang besar semakin mengalir deras.

Apalagi jika anda menyediakan barang seperti rokok, maka peluangnya semakin bertambah besar. Karena hampir setiap tahun perokok di indonesia bertambah besar. Bahkan anak-anak sekolah pun sudah banyak yang merokok, ini bisa menjadi peluang emas yang bisa anda ambil.

4. Catering & Bakery

bakery

Membuka catering dan toko roti merupakan salah satu usaha rumahan ibu rumah tangga yang pas sekali. Mengapa demikian?, karena ibu rumah tangga menghabiskan sebagian harinya di dapur untuk memasak makanan bagi keluarga.

Tidak mungkin jika ibu rumah tangga tidak bisa membuka jasa catering dan toko roti ini, karena selain menjanjikan usaha ini juga dapat membantu perekonomian keluarga. Jika ibu-ibu sekalian ingin mencoba usaha ini, maka wajib hukumnya belajar membuat menu makanan dan roti yang disukai banyak orang.

5. Beternak & Berkebun

Salah satu peluang usaha rumahan di desa yang menjanjikan yakni dengan beternak, biasanya orang di desa mempunyai rumah dengan lahan yang luas dibanding dengan masyarakat di perkotaan. Nah, untuk memanfaatkan lahan tersebut, anda bisa menggunakannya untuk beternak dan berkebun.

Keuntungan dari beternak dan berkebun yakni selain hasil ternak dan kebun yang bisa dijual, juga dapat dikonsumsi sendiri. Jika anda ingin menghasilkan banyak uang dari usaha ini, maka anda wajib beternak dan berkebun dalam jumlah yang besar.

6. Fotocopy & Pengetikan

Jika anda ingin sukses menjalani usaha ini, saya sarankan anda membuka jasa fotocopy dan pengetikan di dekat tempat umum seperti rumah sakit, kampus, lembaga masyarakat, dan tempat umum lainnya. Namun biasanya usaha ini lebih cenderung ramai di dekat sekolah atau kampus.

Anak-anak kampus yang membuat skripsi biasanya tidak ingin repot-repot mengetik, mereka ingin yang instant. Maka dari itu mereka cenderung pergi ke pengetikan. Jika ramai, usaha ini mampu menghabiskan banyak kertas hingga puluhan rim setiap harinya.

7. Laundry

Peluang usaha laundry ini sebenarnya merupakan peluang usaha yang bisa anda lakukan dimanapun selain di rumah. Namun, jika anda membuka jasa ini di rumah, keuntungan yang didapatkan bisa lebih besar. Karena selain bisa melakukan aktifitas sehari-hari, anda juga bisa membantu pekerjaan orang tua.

Biasanya laundry menawarkan jasa cucian baju per kilo, jadi setiap kilo cucian yang dicuci, maka anda akan mendapatkan bayaran, tawarkan jasa lainnya seperti “jasa laundry + setrika +parfum”, dengan harga yang tidak jauh berbeda, saya yakin pasti banyak orang yang ingin mencucikan bajunya ke jasa laundry milik anda.

8. Jual Gorengan

gorengan

Jualan gorengan merupakan ide bisnis rumahan yang bagus, karena semua orang bisa melakukannya. Banyak jenis gorengan yang bisa anda jual mulai dari tahu, tempe, ote-ote, pisang, hingga masih banyak lagi. Anda juga bisa membuat tempat lesehan agar lebih banyak orang yang datang.

9. Buka Rental Playstation

Memang sih sebenarnya era playstation sudah tergeser dengan internet, dibanding playstation, sekarang semakin banyak warung kopi & wifi yang bertebaran di setiap sudut kota. Namun jangan salah, justru di daerah saya, peluang usaha rumahan ini masih banyak diminati, terutama anak-anak sekolahan.

Agar lebih ramai, anda bisa mengkombinasikan rental playstation dengan warnet game online, berjualan makanan dan minuman, serta tempat lesehan. Jika ramai, anda bisa mendulang uang hingga ratusan ribu per harinya. Gimana, apakah anda tertarik?.

10. Warung Kopi & Wifi

Usaha rumahan yang lagi trend salah satunya yakni warkop wifi, pekerjaan ini merupakan salah satu  yang sedang booming di tanah air. Hampir di seluruh bagian kota di indonesia mempunyai puluhan hingga ratusan lesehan warung kopi & wifi.

Di kota saya, warkop & wifi ini dikombinasikan dengan playstation dan warnet. Anda juga bisa menjual beberapa jenis makanan seperti nasi goreng, mie instant, dan lainnya agar pengunjung akan tetap bertahan lama. Penghasilan yang anda dapatkan bisa berpuluh kali lipat jika tempat yang disediakan luas dan nyaman.

Baca juga peluang usaha modal kecil untung besar hingga jutaan rupiah.

Selain 10 peluang usaha rumahan yang saya jelaskan secara panjang lebar diatas, masih banyak sekali peluang usaha yang bisa anda coba guna menambah pundi-pundi kekayaan anda. Berikut beberapa usaha rumahan modal kecil untung besar lainnya :

  1. Menjadi blogger dan youtuber.
  2. Usaha rongsokan.
  3. Jualan bensin eceran.
  4. Berjualan aneka jus buah dan sayuran.
  5. Usaha online shop dari rumah.
  6. Membuka toko pakaian.
  7. Jual aneka makanan ringan/snack.
  8. Beternak ayam.
  9. Membuka warnet.
  10. Dropshipper.
  11. Penulis artikel.
  12. Dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa daftar peluang usaha rumahan yang menjanjikan dan bisa anda lakukan di rumah sambil santai, mungkin anda juga bisa mencoba usaha rumahan yang lagi trend belakangan ini. Di setiap daerah trend usaha rumahan pasti berbeda-beda.

Semoga artikel ini bermanfaat khususnya bagi anda yang sedang mencari pekerjaan namun belum mendapatkannya. Jika anda pemula, tidak ada salahnya belajar berbisnis mulai dari dini dengan mencoba salah satu usaha di atas. Sekian, terima kasih atas kunjungannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *