√ Pengertian PO dalam Jual Beli Online dan Offline

Pengertian PO dalam Jual Beli Online dan Offline – Istilah PO, DO, COD, adalah beberapa kata yang sering kita dengar ketika melakukan jual beli, baik offline maupun online.

Salah satunya adalah PO. Yang sering belanja online mungkin paham, lalu bagaimana mereka yang jarang melakukannya?.

Untuk mengatasi rasa keingintahuan tersebut, pada artikel ini akan saya ulas lengkap apa itu PO. Simak artikelnya sampai selesai!.

Pengertian PO dalam Jual Beli Online dan Offline

Ternyata, dalam jual beli PO memiliki 3 singkatan yang berbeda, yaitu pre-order, payout dan purchase order. Untuk masing-masing pengertian, berikut ulasannya.

1. Pre Order

Pre-order merupakan suatu sistem jual beli online yang mana kita sebagai pihak pembeli melakukan pemesanan terlebih dahulu walaupun si penjual belum memiliki stok barang yang kita inginkan.

Hal ini bisa dikarenakan beberapa hal, yang paling sering adalah kehabisan barang. Namun biasanya si penjual akan memberikan informasi PO atau Pre-order pada barang tersebut, dengan tujuan si pembeli mengetahuinya.

Perlu anda ketahui, waktu pemesanan barang dengan sistem Pre-order biasanya jauh lebih lama daripada membeli barang yang sudah ready stock.

Mengapa bis begitu?, itu karenakan penjual harus memesan barang/komposisi barang dari agen besar atau pabrik dan membuat barangnya terlebih dahulu.

Dan biasanya waktu yang dibutuhkan untuk sampai berbeda dengan waktu estimasi yang ada pada toko online. Misalnya di toko online, barang akan sampai dalam 2 minggu, namun ternyata sampai dalam 3 minggu bahkan lebih, anda tidak perlu khawatir. Asalkan tokonya memiliki reputasi besar, barang anda pasti sampai.

2. Purchase Order

purchase order

Purchase Order ialah suatu istilah untuk dokumen atau catatan resmi dari pembelian suatu barang atau jasa yang akan dibeli oleh pembeli.

Catatan tersebut bisa berbentuk dokumen resmi atau catatan formalitas saja, dan hal ini tergantung kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Di dalam dokumen Purchase Order terdapat beberapa informasi penting, seperti :

  • Nama, jumlah, dan harga barang yang dibeli
  • Nama penjual dan pembeli.
  • Dan lainnya.

Baca Juga :

3. Payout

Payout adalah istilah yang sering kita kenal dengan withdraw atau penarikan uang yang sudah kita kumpulkan dari layanan apapun di internet ke rekening bank kita.

Contohnya ketika kita ingin menarik uang dari hasil berjualan barang di marketplace seperti Bukalapak, Shopee, atau Tokopedia ke rekening bank kita.

Selain dari marketplace/toko online, istilah ini juga sering kita jumpai ketika ingin melakukan penarikan pada situs survey berbayar, exchange, dan lainnya.

Nah, jadi itulah beberapa pengertian po dalam jual beli, baik online maupun offline. Semoga bermanfaat untuk anda yang sering melakukan transaksi jual beli.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.