5 Kesalahan Bisnis Online Yang Sering Menyebabkan Bangkrut

5 Kesalahan Bisnis Online Yang Sering Menyebabkan Bangkrut – Seperti dunia bisnis pada umumnya, bisnis online juga tidak terlepas dari kemungkinan kegagalan dan bangkrut. Ada kalanya dalam menjalankan bisnis online pasti mengalami kesulitan, kegagalan bahkan kerugian yang jumlahnya tidak tanggung-tanggung. Meskipun bisnis ini merupakan jenis bisnis yang bisa dibilang cenderung mudah namun banyak kesalahan bisnis online yang dijalankan sering membuat bangkrut.

Ada banyak penyebab mengapa bisnis online yang dijalankan bisa bangkrut. Mulai dari mindset yang salah, kurangnya perencanaan, kurangnya pengetahuan mengenai bisnis online dan masih banyak lagi. Namun pada kesempatan ini dewailmu akan memberikan 5 kesalahan bisnis online yang sering terjadi pada para businessman yang bisa menyebabkan bangkrut.

Kesalahan Bisnis Online Yang Menyebabkan Bangkrut

1. Kesalahan Bisnis Online – Tidak Bisa Menyesuaikan Penawaran Dengan Permintaan

Sebelum membangun bisnis online memang sebaiknya memahami terlebih dahulu apa yang sedang dibutuhkan pasar. Banyak bisnis online yang tidak memikirkan permintaan pasar, mereka menjual barang yang tidak dibutuhkan orang.

Dan inilah masalah pertama kebanyakan yang dialami para pegiat bisnis online saat ini. Oleh karenanya agar bisnis online Anda tidak mengalami kegagalan maka pertimbangkan permintaan pasar, memprediksi trend dan mengukur persainga.

2. Tidak Mau Upgrade Skill Bisnis Online

tidak update

Dalam menjalankan bisnis apapun, skill atau kemampuan harus terus ditingkatkan. Terlebih bisnis online ini merupakan bisnis yang sangat dinamis. Sebagai pemilik bisnis tentulah harus selalu up to date dengan perubahan yang kerap terjadi setiap waktu.

Jika bisnis yang sedang Anda geluti adalah bisnis jualan online misalnya, maka skill yang harus terus diupgrade adalah cara pemasaran online terupdate, pengetahuan mengenai kanal untuk jualan online, bagaimana melayani pelanggan dengan baik dan lain-lain. Begitu pula pada bisnis online lainnya, Anda juga harus terus mempelajari bisnis tersebut agar selalu up to date.

3. Malas Mengatur Social Media

Salah satu kesalahan bisnis online yang paling sering dialami banyak orang adalah alas mengatur social media. Dalam mengolah akun social media memang dibutuhkan kesabaran dan keuletan sendiri. Anda harus sering update dan terus terhubung lebih dekat dengan konsumen.

Dengan begitu akun social media bisnis Anda akan lebih terlihat hidup dan bahkan lebih terkesan kredibel. Seringlah update informasi yang sesuai dengan produk yang Anda jual. Rutin memberikan konten terbaru dan informastif juga akan membuat pelanggan tidak bosan dan bisa menambah pengetahuan mereka.

Baca Juga : Alasan Mengapa Banyak Orang Beralih Dari Bisnis Offline Ke Bisnis Online.

4. Tidak Menjaga Kualitas Pelayanan Konsumen

bad customer services

Pelayanan adalah hal yang penting dalam sebuah bisnis. Pelayanan menjadi tombak untuk mendapatkan pelanggan, oleh sebab itu dalam bisnis online kulitas pelayanan terhadap konsumen juga harus diperhatikan. Dengan memiliki hubungan yang baik dengan konsumen maka Anda mendapat satu langkah lebih depan dari kompetitor.

Anda dapat memberikan ruang kepada konsumen untuk memberikan kritik, saran serta tanggapan terhadap produk maupun layanan yang diberikan. Dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk mengevaluasi bisnis Anda dan mengerti apa yang dibutuhkan pelanggan.

 5. Tidak Sabar Dan Mudah Menyerah

Sifat tidak sabar dan mudah menyerah menjadi musuh besar bagi para pebisnis. Dalam menjalankan bisnis, untuk mendapatkan pelanggan bukanlah hal yag mudah. Harus dilakukan dengan kesabaran dan ketekunan. Apalagi saat ini bisnis oline mulai banyak ditekuni orang sehingga persaingan pun akan semakin ketat. Oleh karenanya untuk mendapatkan pelanggan Anda harus menguatkan kesabaran dan sifat pantang menyerah.

Dengan mengetahui kesalahan bisnis online yang sering dialami di atas, diharapkan Anda dapat meminimalisir dengan belajar dari kesalahan-kesalahan tersebut. Dalam menjalankan bisnis juga diperlukan target bisnis yang terukur dan tidak muluk-muluk.

Target yang Anda tetapkan haruslah sesuai dengan usaha Anda dalam  menjalankannya. Seorang pebisnis juga harus mampu berkomitmen menjalankan rencana bisnisnya. Dengan mempelajari kesalahan yang sering dialami dalam menjalankan bisnis online maka Anda telah mengambil satu langkah pasti untuk meraih kesuksesan dalam bisnis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *