6 Penyebab Google Chrome Tidak Bisa Dibuka Terbukti Ampuh

Penyebab Google Chrome Tidak Bisa Dibuka Terbukti Ampuh – Google chrome merupakan salah satu software ataupun aplikasi browsing yang saat ini banyak sekali yang menyukainya. Dikarenakan untuk melakukan berbagai macam aktivitas google chrome sendiri sangatlah ringan dan mudah operasinya. Bahkan sampai-sampai google chrome menjadi pilihan banyak situs untuk streaming misalnya dimana di suatu situs memberikan saran untuk menggunakan google chrome.

Di google chrome sendiri terbilang sangat enak, misalnya kita menggunakan hp android/ios maka akan bermode mobile sedangkan apabila kita ingin seperti yang ada di pc atau dekstop pun juga ada. Untuk downloadnya pun juga jarang banget gagal dan tetap lancar. Yang paling penting lagi jika kita mengunduh file dari suatu situs tertentu, dan kita tidak mengetahui bahwa aplikasi tersebut tidak ada virusnya, maka di google chrome secara otomatis bisa mendeteksi.

Dengan demikian hp android, pc dan laptop kalian aman dari virus-virus yang jahat. Seiring berjalannya waktu, mungkin muncul masalah error dimana google chrome tidak bisa dibuka. Tentu saja akan sangat mengganggu jika kita sampai tidak bisa mengakses google chrome?.

Tentu saja akan sangat menyebalkan sekali, belum lagi jika menggunakan browser lain terkadang sering dipenuhi iklan. Lalu kira kira apa sih penyebab google chrome tidak bisa dibuka?, berikut di bawah ini mimin memiliki beberapa spekulasi mengenai penyebab google chrome tidak bisa dibuka. Lebih jelasnya lagi, silahkan simak di bawah ini.

Penyebab Google Chrome Tidak Bisa Dibuka

1. Memori RAM Penuh

ram penuh

Penyebab yang pertama bisa saja dikarenakan memori ram atau ram hp kalian sudah penuh. Misalnya saja nih, ram kalian sebesar 2GB, nah sedangkan anda menjalankan terlalu banyak aplikasi. Perlu kalian ketahui bahwa setiap aplikasi yang berjalan sendiri membutuhkan space ram, maka tak heran jika sudah penuh dan anda ingin menjalankan aplikasi lagi eh aplikasi google chrome tidak mau dibuka.

Untuk solusinya sendiri kalian tinggal bersihkan ataupun tutup aplikasi yang berjalan. Jika sudah tutup semua, tinggal restart hp lalu silahkan buka kembali aplikasinya. Dijamin bakal bisa dibuka lagi, jadi jangan khawatir bro.

2. Aplikasi Corrupt

Penyebab berikutnya yang mungkin bisa terjadi dikarenakan aplikasi google chrome corrupt, untuk hal ini biasanya penyebabnya ketika mengunduh google chrome tidak di situs resminya. Dimana terkadang beberapa ditemukan malware atau virus sehingga membuat aplikasinya corrupt. Lalu untuk mengatasi hal ini bagaimana?, gampang kok, kalian tinggal hapus aplikasinya dan download ulang di situs resmi dan terpercaya, atau download langsung dari play store.

3. Terlalu Banyak File Cache Di Google Chrome

Terlalu banyak file cache atau file sampah yang menumpuk di google chrome, bisa menjadi salah satu penyebab kenapa kalian tidak bisa membuka google chrome. Ini tidak hanya terjadi di google chrome saja, akan tetapi bisa dibilang semua aplikasi apabila terlalu full file cache maka akan error. Untuk solusinya, anda bisa menghapus cache tersebut, caranya sendiri ikuti di bawah ini :

  • Masuk ke Pengaturan
  • Klik menu Aplikasi
  • Pada Aplikasi Terinstal, cari dan klik aplikasi Google Chrome
  • Kemudian berikutnya klik Hapus Cache dan klik lagi Paksa Berhentihapus data dan paksa berhenti

Selesai, sekarang coba buka kembali aplikasinya.

4. Ruang Penyimpanan HP Full

Bisa dibilang agak aneh sih, kenapa bisa memori ruang penyimpanan full dan aplikasi tidak bisa dibuka, eits jangan salah, itu adalah hal yang sangat wajar. Apalagi dikala kalian sedang mengunduh file yang besar, dimana secara otomatis unduhan kalian akan berhenti. Maka dari itu usahakan kalian menyediakan space yang besar agar dapat mengoperasikan google chrome dengan lancar.

Baca Juga :

5. Google Chrome Tidak Diupdate

update google chrome

Beberapa aplikasi tidak bisa digunakan ketika sudah ada versi terbarunya, dan mungkin saja di beberapa handphone, tidak semua aplikasi google chrome versi lama bisa digunakan. Untuk mengatasinya, anda bisa mengupdatenya ke versi baru.

6. Restart Komputer/Laptop

Pada laptop/komputer, jika program error, anda bisa merestart komputer agar semua program kembali fresh. Setelah komputer berhasil direfresh, kemudian buka kembali google chrome, insyaallah dengan cara ini maka akan berhasil.

Jadi itulah beberapa penyebab google chrome tidak bisa dibuka, kalau maintenance jarang banget deh google chrome, kalau tidak hpnya yang rusak, pasti ada sesuatu di aplikasi maupun softwarenya. Intinya download google chrome di sumber yang terpercaya. Semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *