oleh

4 Penyebab Speaker HP Rusak Yang Wajib Anda Tahu & Waspadai

4 Penyebab Speaker HP Rusak Yang Wajib Anda Tahu & Waspadai – Speaker rusak merupakan masalah yang sering dialami pada perangkat elektronik seperti hp, laptop, dan lainnya. Speaker ini sangat berguna untuk mendengarkan musik, pengeras suara, dan lainnya.

Speaker menjadi bagian yang cukup vital dalam sebuah perangkat elektronik. Namun, apa jadinya speaker pada hp anda mengalami kerusakan?. Tentunya kegiatan anda pasti terganggu, contohnya saat sedang mendengarkan musik. Meskipun anda bisa mendengarkan musik, namun suara yang dihasilkan akan berbeda yaitu mungkin akan pecah, suara kecil, tidak jelas dan lainnya.

Penyebab Speaker HP Rusak

Tentu, apabila speaker pada hp anda rusak perlu tindakan untuk memperbaikinya dari mulai mengecek dan mengganti perangkat speaker. Namun, sebelum itu anda harus mengetahui penyebab speaker tersebut bisa rusak. agar di lain hari anda bisa memperbaikinya sendiri dan tidak perlu membawanya ke tukang servis. Langsung saja berikut beberapa penyebabnya.

1. Sistem Pada Perangkat Hp

Penyebab yang sering dialami pada speaker sehingga rusak adalah sistem pada hp yang mengalami gangguan. Sistem hardware handphone memiliki struktur yang rumit, sehingga gesekan kecil pun bisa mengubah dan mengakibatkan gangguan pada salah satu fitur seperti speaker.

Kerusakan pada sistem telah menjadi momok besar bagi para pemilik hp. Apabila penyebab speaker hp rusak di akibatkan oleh gangguan sistem, maka untuk memperbaikinya anda harus membawanya ke tukang service. Atau jika bisa, perbaiki sendiri di rumah menggunakan beberapa alat servis yang umum digunakan.

2. Mengalami Korosi

hp korosi

Korosi identik dengan besi yang berkarat, alhasil lapisan besi menjadi tipis dan mudah patah atau rapuh. Masalah korosi seperti ini bisa terjadi pada perangkat speaker ponsel anda. Penyebab korosi speaker bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya karena air, keringat, dan lainnya. Penguapan air pada speaker menyebabkan kerusakan yang lebih besar, yang pada akhirnya mengakibatkan speaker menjadi rusak dan tidak bersuara.

Apabila penyebab speaker hp anda rusak akibat korosi air, anda bisa pergi ke service hp untuk mengganti atau membersihkan korosi pada speaker hp anda. Nah, apabila speaker anda mengalami kendala seperti ketetesan air, cepat keringkan bagian handphone anda tersebut sebelum kerusakan bertambah parah. Ada banyak cara yang bisa anda coba mengatasi hp yang kemasukan air, seperti mengubur hp anda ke dalam beras hingga airnya hilang.

Handphone yang kemasukan air bisa mengakibatkan handphone tersebut mengalami mati total, maka dari itu hal ini tidak bisa dianggap sepele. Namun, jika handphone anda sudah terlanjur mati total, berikut Cara Mengatasi HP Android Mati Total Dengan Mudah Dan Cepat.

3. Akibat Penumpukan Debu

Penumpukan debu yang sangat tebal di dalam handphone bisa mempengaruhi kualitas suara. Masalah seperti ini sering terjadi, tetapi hanya sedikit orang yang mempedulikannya. Banyak orang mengetahui kerusakan speaker diakibatkan oleh kesalahan sistem, namun sebenarnya mungkin penyebabnya tidak hanya itu.

Oleh karena itu, sebelum anda menitipkan hp anda ke tukang service hp, pastikan dulu speaker anda bersih. Bisa jadi speaker anda rusak atau kurang bersih diakibatkan oleh debu yang menumpuk. Apabila masalahnya diakibatkan oleh penumpukan debu, anda bisa membersihkannya dengan membuka casing handphone dan bagian-bagiannya, kemudian bersihkan hingga benar-benar bersih.

4. Terlalu Sering Menggunakan Speaker Hingga Volume Maksimal

volume terlalu tinggi

Nah, hal terakhir inilah yang sering dihiraukan oleh banyak pengguna handphone. Taukah anda, speaker handphone dalam keadaan volume maksimal dapat mempercepat kerusakan speaker itu sendiri. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan volume secukupnya saja, atau dengan bantuan headset.

Itulah beberapa penyebab speaker hp rusak yang sering kita temui, tidak semua masalah disebabkan oleh kerusakan sistem, kerusakan bisa saja terjadi karena ulah penggunanya. Apabila anda telah mengetahui beberapa penyebabnya, anda bisa melakukan pencegahan terhadap kerusakan hp anda. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu anda di kemudian hari. Terima kasih dan jangan lupa berkunjung kembali.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *