Perbedaan Bitcoin Dan Blockchain Dalam Dunia Cryptocurrency

Perbedaan Bitcoin Dan Blockchain Dalam Dunia Cryptocurrency – Banyak orang menganggap bahwa bitcoin itu adalah blockchain, padahal jika kita telusuri lebih dalam kenyataannya terdapat perbedaan yang cukup banyak. Bitcoin sendiri merupakan salah satu jenis mata uang digital atau kita sebut juga dengan cryptocurrency. Bitcoin diciptakan bertujuan untuk mempermudah transaksi antar negara dan tentu saja memiliki tujuan juga untuk mengurangi campur tangan pemerintah terhadap suatu transaksi.

Walau begitu, masih banyak kekurangannya terutama dalam hal keamanan. Dan mata uang bitcoin ini masih jarang sekali dijadikan patokan harga di toko karena mengingat harganya yang naik turun alias tidak stabil, maka belum ada perusahaan yang berani menetapkan harga dengan bitcoin.

Sebenarnya bitcoin juga diakui secara formal sebagai alat pembayaran, akan tetapi banyak orang menggunakan bitcoin untuk melakukan berbagai macam jenis transaksi. Memang sih dalam transaksi aman, tapi dalam hal penyimpanan tidak benar benar aman. Karena jika suatu saat dihack maka sulit untuk melacak serta apabila hilang sulit untuk mengurusnya karena jejaknya susah untuk ditelusuri.

Blockchain merupakan sebuah ledger atau kita gambarkan juga sebagai buku yang besar di mana memiliki fungsi untuk menyimpan berbagai macam data transaksi serta membantu transaksi berjenis peer-to-peers. Perlu anda ketahui juga bahwa blockchain memiliki sifat terbuka, mudah diakses, dan aman.

Dengan demikian blockchain sendiri berperan sebagai ledger dan mampu menampung semua transaksi bitcoin yang terjadi. Hingga saat ini blockchain sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat, sudah ada transaksi kecil bahkan sekelas transaksi jenis industri.

Perbedaan Bitcoin Dan Blockchain

Blockchain Teknologi Mendasari Transaksi Pada Bitcoin

blockchain

Jadi pada intinya blockchain itu merupakan teknologi landasan yang mendasari jalannya bitcoin. Sedangkan untuk mendistribusikan ledger yang di mana berfungsi menyimpan data pada setiap transaksi, ini akan ada terjadinya transaksi tanpa otoritas central atau campur atau yang dimaksud di sini seperti pemerintah, bank, ataupun stock market.

Sampai di sini sudah paham belum ya?, jika belum, disini saya memberikan sebuah analogi yang bisa kalian baca dan semoga saja bisa memahamkan anda tentang perbedaan keduanya.

Perbedaan

  • Blockchain ialah teknologi yang digunakan untuk menyimpan data blok (informasi)
  • Lalu cryptocurrency merupakan mata uang digital dari sebuah blockchain.
  • Dan bitcoin merupakan contoh mata uang digital yang paling pertama dan paling populer.
  • Blockchain merupakan teknologi yang digunakan oleh banyak cryptocurrency untuk transaksi yang aman secara aset maupun data, salah satu cryptocurrency yang menggunakan teknologi ini adalah Bitcoin.
  • Blockchain memiliki mekanisme yang transparan, sedangkan Bitcoin beroperasi secara anonim.
  • Bitcoin hanya digunakan untuk bertransfer mata uang digital, sedangkan Blockchain bertransfer informasi kepemilikan, aset digital, hak, dan lain-lain.
  • Blockchain memiliki banyak kegunaan, sedangkan Bitcoin terbatas sebagai mata uang digital untuk dipertukarkan.

Blockchain mengambil namanya dari riwayat disusun, atau dengan kata lain banyak block yang tersusun menjadi sebuah rantai. Sebuah blok merupakan data yang di mana mengandung sebuah daftar transaksi terbaru seperti halnya dengan daftar isi.

Pada saat blok baru ditambahkan maka akan masuk ke dalam riwayat blockchain, ada alasan yang sangat kuat kenapa blockchain sangat tangguh dalam hal modifikasi dikarenakan blok terhubung antara satu dengan yang lainnya sehingga ini diamankan oleh cryptografi.

Baca Juga :

Kesimpulan

Jadi intinya, bitcoin adalah mata uang digital, sedangkan blockchain merupakan buku besar yang di dalamnya terdapat datablok yang ada ketika transaksi terjadi. Sebenarnya mata uang digital tidak hanya bitcoin saja, melainkan masih banyak sekali jenisnya. Cuma yang terkenal yaitu bitcoin.

Baik Bitcoin maupun blockchain memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Di era seperti ini, banyak pihak yang melihat keuntungan dan kekurangan dari bitcoin dan blockchain. Selain itu, penggunaan bitcoin ini menurut saya sama seperti emas, karena bisa menekan inflasi, jadi sangat direkomendasikan untuk investasi di bitcoin dan cryptocurrency

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *