7 Perbedaan Kartu Kredit dan Debit, Jangan Salah Ya!

Kayeols

Perbedaan Kartu Kredit dan Debit, Jangan Salah Ya! – Dalam dunia perbankan, kita pasti pernah mendengar tentang kartu kredit dan kartu debit.

Meskipun orang awam sekalipun yang belum memilikinya pasti mengetahui hal tersebut. Nah, ternyata terdapat perbedaan diantara keduanya.

Bagi anda yang sering mendengarnya namun tidak mengetahui perbedaan tersebut, berikut beberapa perbedaan kartu kredit dan debit secara lengkap!.

A. Perbedaan Kartu Kredit dan Debit, Jangan Salah Ya!

1. Kartu Debit Membutuhkan Rekening

Perbedaan mendasar dari kartu kredit dan juga debit adalah dalam pendaftarannya. Kartu kredit umumnya diterbitkan untuk nasabah yang tidak memerlukan rekening dan hanya tinggal pakai saja.

Sementara untuk kartu debit memerlukan rekening dalam pembuatannya. Kartu debit diterbitkan oleh bank untuk nasabah yang membuka rekening tabungan. Bisa kita bilang kartu debit adalah kartu ATM.

Baca Juga:  Ini 5 Tips Memilih Smartphone Gaming Yang Harus Kamu Tahu

2. Beda Fisik

Pada kartu debit terdapat chip (EMV/NSICCS) dan institusi penerbit kartu. Sementara kartu kredit memiliki tampilan jauh lebih elegan dengan huruf cetak timbul nama serta tanggal kedaluwarsanya.

Selain itu, kartu kredit memiliki logo principal seperti visa dan mastercard yang tidak dimiliki kartu debit.

3. Kartu Kredit Tidak Memiliki Saldo Rekening

Pada dasarnya, kartu kredit tidak memiliki rekening. Hal ini karena fungsi kartu kredit untuk berutang dengan jumlah pinjaman tertentu, tergantung berapa kali anda melakukan transaksi.

Sementara itu, kartu debit memerlukan saldo untuk melakukan transaksi atau penarikan debit.

4. Kartu Kredit Menerima Tagihan Bulanan

tagihan kartu kredit

Kartu kredit mendapatkan rincian tagihan yang harus anda bayar setiap bulannya. Pembayaran kartu kredit bisa dlakukan dengan dua cara, yaitu dibayar penuh dan cicil. Hal itu karena ada jumlah bunga yang harus pengguna bayarkan.

Sedangkan, kartu debit tidak dipotong tagihan bulanan karena setiap transaksi langsung dipotong dari uang tabungan yang terdapat di saldo. Apabila kartu debit tidak memiliki saldo maka tidak bisa kita gunakan.

Baca Juga:  5 Kampus Indonesia Yang Menyediakan Jurusan Game

5. Beda Limit

Kartu kredit memiliki limit besar, sementara kartu debit ada batasnya. Pengguna kartu kredit dapat lebih bebas untuk bertransaksi online. Berbeda dengan kartu debit yang memiliki batas limit dalam transaksi.

Perlu kita ingat bahwa kelebihan ini bisa jadi malapetaka untuk kamu yang memakai kartu kredit. Hal itu karenakan kartu kredit terlalu berisiko karena limit yang besar dengan konsep berutang. Butuh kedewasaan mental untuk mempergunakan kartu kredit dengan bijak supaya tidak terjerumus ke dalam utang piutang.

6. Perbedaan Mekanisme Transaksi

Mekanisme transaksi kartu kredit tentunya juga berbeda dengan transaksi menggunakan kartu debit. Saat akan menggunakan kartu kredit untuk membayar sesuatu hal, pengguna harus melakukan verifikasi dengan membubuhkan tanda tangan.

Artinya, pada pemakaian fisik, kartu kredit harus digunakan oleh pemilik kartu itu sendiri, tidak boleh digunakan oleh pihak lain.

Sedangkan, kartu debit bisa dipindahtangankan. Pemilik kartu bisa meminta orang lain untuk mengambil uang di ATM atau membayar transaksi asalkan mereka mengetahui PIN kartu debit tersebut. Namun dari segi kemudahan, transaksi menggunakan kartu debit terasa lebih mudah dan praktis.

Baca Juga:  Keuntungan Memilih Domain Website Unik Untuk Bisnis

7. Beda Promo

Bank yang mengeluarkan kartu kredit biasanya menawarkan sejumlah promo yang sangat menarik. Seperti promo poin yang bisa kita tukar dengan aneka hadiah hingga cashback yang bisa kita dapatkan dari hasil transaksi.

Sedangkan pada kartu debit juga terdapat tawaran soal promo, tetapi tak sebanyak tawaran dari kartu kredit.

B. Kelebihan dan Kekurangan

1. Kartu Kredit

  • Kelebihan
    • Banyak promo dan diskon di berbagai merchant yang bekerja sama.
    • Terdapat reward atas penggunaan kartu kredit yang dihitung berdasarkan akumulasi transaksi.
    • Memudahkan belanja di luar negeri.
    • Menyediakan dana untuk keperluan mendesak.
  • Kekurangan
    • Setiap transaksi dikenakan bunga, semakin besar transaksi berdampak pada semakin besar bunga yang harus kita bayar.
    • Ada batas waktu pembayaran.
    • Ada limit transaksi.
    • Tarik tunai dikenakan bunga dan terdapat limit tarik tunai.

2. Kartu Debit

  • Kelebihan
    • Tidak ada bunga atau denda karena penarikan atau pembayaran.
    • Tarik tunai lebih mudah karena tidak ada biaya tambahan selama kita lakukan di ATM dengan bank yang sama.
    • Bebas dari cicilan bulanan karena anda tidak memakai uang bank, melainkan dari uang tabungan.
    • Bebas biaya transaksi.
  • Kekurangan
    • Transaksi terbatas pada saldo.
    • Promo terbatas.
    • Rawan kejahatan, terutama di mesin ATM.

Nah, jadi itulah beberapa perbedaan kartu kredit dan debit beserta kelemahan dan kekurangannya. Sekian artikel ini, jika ada yang ingin anda tanyakan, tulis di kolom komentar!.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar