Perkembangan Laptop Dari Awal Hingga Sekarang (Lengkap)

Perkembangan Laptop Dari Awal Hingga Sekarang (Lengkap) – Saat ini laptop merupakan salah satu teknologi maupun perangkat yang memiliki peran begitu penting. Mau dalam dunia pekerjaan, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi, laptop selalu memiliki mobilitas serta fungsional yang begitu besar. Tak pernahkah anda berpikir mengenai bentuk laptop zaman dahulu dengan zaman sekarang pastinya berbeda.

Selain itu berat dan bentuknya pun dari tahun ke tahun pastinya beda. Terutama dalam bentuk dari tahun ke tahun yang tadinya agak tebal bazzelnya dan kini tahun sekarang agak lebih ramping dan tipis. Selain itu walaupun memiliki bentuk tipis dan lebih simple, tentu saja dari segi performa lebih bagus pula.

Mungkin anda ingin tahu sejarah perkembangan laptop dari awal hingga sekarang ini?, yang di mana saat ini terdapat kecanggihan dan mampu memainkan game-game triple A serta settingan rata kanan?. Berikut di bawah ini saya akan sajikan mengenai informasi perkembangan laptop dari masa ke masa.

Perkembangan Laptop Dari Awal Hingga Sekarang

1. IBM Portable PC 5100 (1975)

IBM Portable PC 5100

Ini merupakan mikro komputer yang pertama kali dibuat. Dan ini dahulu fungsinya digunakan untuk kebutuhan matematika. Laptop ini sudah bisa dimasukkan ke tas juga lalu bisa juga di bawa kemana-mana mengingat dengan adanya nama portable maka perangkat tersebut memang bisa di bawa kemana-mana.

2. Rockwell AIM 65 (1977)

Rockwell AIM 65

Selanjutnya ada Rockwell AIM 65 merupakan mikro komputer kedua yang pertama kali dibuat. Akan tetapi fitur dan fungsinya leih lengkap karena ada layar serta keyboard dan hard copy printer.

3. IBM Portable PC 5110 (1978)

IBM Portable PC 5110 perkembangan laptop dari awal hingga sekarang

Ketika kita melihat versi yang pertama tadi hanya minim untuk kebutuhan matematika saja, untuk yang satu ini ditekankan untuk komputer bisnis. Yang dimana sudah dilengkapi dengan keyboard maupun layar. Walaupun ukuran layarnya juga begitu kecil tapi itu tidak menjadikan masalah pada zaman dulu.

4. Heathkit H89 (1979)

Heathkit H89

Pada tahun 1979 laptop ini memiliki layar yang lebih luas dengan keyboard serta sudah ada numpadnya juga. Sedikit mengalami perkembangan daripada versi sebelumnya. Dan tentu saja perangkat ini dikembangkan oleh pengembang yang berbeda dari perangkat sebelumnya.

5. Osborne 1 (1981)

Osborne 1

Selanjutnya di tahun 1981 ada komputer portable yang pertama, akan tetapi banyak yang menilai ini masih terlalu banyak kekurangannya. Mulai dari layar yang makin mengecil dan ukurannya yang begitu besar serta beratnya itu mencapai 10 kg.

6. Gavilan SC (1983)

gavilan perkembangan laptop dari awal hingga sekarang

Ini merupakan salah satu komputer portable yang di mana memiliki berat 4KG yah kalau dibandingkan laptop saat ini masih berat laptop jadul yak. Perangkat ini mampu bertahan hingga 9 jam serta RAM nya pun juga sudah bisa diupgrade.

Baca Juga :

7. Compaq SLT 289 (1984-1988)

perkembangan laptop dari masa ke masa Compaq SLT 289

Untuk perangkat yang satu ini bisa dibilang lebih unggul daripada tahun 1983, karena dilengkapi degnan VGA, Floppy disk, prosesor, dan keyboard. Namun walaupun ukurannya seperti lebih kecil, beratnya itu mencapai 6,3 kg. Yah bisa dibilang masih berat banget, gak kebayangkan kalau dibawa ke sekolah dengan seberat itu pasti banyak yang ngeluh.

8. Zenith Minisport (1990 an)

zenith minisport

Selanjutnya ada minisport pada tahun 1990an, hayo kalian pada lahir belum?. pengembangan laptop pada tahun tersebut mengalami peningkatan yang signifikan. Fiturnya hampir sama seperti compact, aka tetapi ini memiliki layar yang besar sebesar 9,8 inchi lalu untuk resolusi layar yaitu 640 x 400 pixel.

9. Toughbooks (1996-2003)

toughbook

Selanjutnya panasonic dan intel mulai membuat laptop milik mereka pribadi. tentu ini memiliki kelebihan terutama pada fitur-fiturnya. Selain itu laptop nya juga sudah mulai terlihat maju dan canggih layaknya laptop saat ini.

10. Laptop Masa Kini (2003-sekarang)

laptop masa kini perkembangan laptop dari masa ke masa

Yang terakhir ya masa saat ini laptop-laptop di mana terdapat hardisk, dvd, layar, usb, dan sebagainya. Dari tahun ke tahun beratnya juga semakin ringan serta fitur dan fungsinya begitu banyak.

Jadi anda bisa membayangkan laptop jaman dulu masih sangat berat dan besar, jika anda hidup di jaman tersebut, pasti anda akan sangat kesulitan mengakses komputer maupun komputer. Oke, sekian artikel ini, semoga bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *