8 Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas Bagus

Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas Bagus – Bagi kalian yang ingin membeli laptop akan tetapi budget minim maka mau tidak mau harus membeli laptop second. Eits jangan salah, tidak semua laptop bekas memiliki kualitas yang buruk, malah banyak loh laptop bekas yang memiliki kualitas bagus.

Selain kualitas bagus, terkadang ada juga beberapa orang yang menjualnya dengan harga miring, biasanya sih karena butuh uang. Walaupun begitu banyak juga yang ahli komputer dan laptop, lebih memilih membeli laptop second daripada yang baru.

Dikarenakan akhir-akhir ini banyak juga yang menjual laptop akan tetapi spek dengan keterangannya berbeda. Ini sama saja seperti penipuan, dimana spek laptop tidak sesuai dengan yang sudah dituliskan saat menjual. Maka dari itu memang mending membeli laptop bekas saja.

Jika anda adalah orang awam yang ingin membeli laptop bekas, akan tetapi tidak tahu tips memilih membeli laptop bekas yang bagus dan berkualitas. Silahkan simak cara-cara di bawah ini, dijamin membantu anda dalam mengecek keadaan laptop yang ingin anda beli.

Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas Bagus

1. Perhatikan Harga Asli Di Toko dan Bandingkan Harga Jual Secondnya

Jadi hal pertama yang perlu kalian lakukan yakni silahkan cek-cek harga laptop second yang kalian incar, jadi cek dulu harga aslinya. Pastinya jika ada orang yang menjual laptop second dengan harga yang jauh dari harga aslinya, padahal laptop normal, maka itu perlu dicurigai.

Kecuali teman anda sendiri yang jual karena anda temen deket ataupun temen akrab wajar saja dimurahi. Namun jika anda tidak kenal akan tetapi harga begitu miring, maka bisa saja itu adalah barang rusak dan bisa saja laptop malingan.

Karena banyak yang seperti itu loh kenyataannya, namun untuk memastikan rusak tidaknya silahkan cek cara selanjutnya ini.

2. Cek Fisik Laptop

cek fisik laptop

Berikutnya silahkan cek fisik laptop untuk memperhatikan kondisi laptop, apabila ada lecet sedikit tapi tidak berpengaruh ke performa laptop, maka itu wajar wajar saja, dan kalian tidak perlu khawatir.

Kecuali ada lecet pada bagian monitor ataupun layar, maka anda perlu hati-hati karena itu adalah bagian vital. Jika rusak sedikit saja, bisa merembet kemana-mana ke seluruh bagian layar.

3. Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas Dengan Mengecek Fungsi Keyboard

Cara selanjutnya agar anda bisa mendapatkan laptop yang bagus walaupun second, silahkan cek fungsi keyboard.

Ini juga bagian vital, karena sangat fatal jika bagian keyboard ada yang rusak. Mengingat harga keyboard internal juga mahal, jadi kalian wajib cek bagian ini. Silahkan coba semua tombol yang ada di keyboard.

Baca Juga :

4. Cek Spesifikasi Laptop

cek spesifikasi laptop

Jangan lupa coba juga cek spesifikasi laptop. Silahkan masuk ke menu explorer, setelah itu pada my computer di klik kanan, lalu properties untuk melihat speknya.

Silahkan dicek apakah sesuai dengan kardus laptop jika ada, ataupun sesuai tidak dengan postingan si penjual. Jika beda maka kalian perlu mencurigainya. Usahakan sesuai jika anda ingin membeli laptop bekas.

5. Cek Kinerja Laptop

Selanjutnya yang wajib dicoba yakni mengecek kinerja laptop. Misalnya silahkan kalian mencoba menjalankan beberapa aplikasi yang berat, misal ada game silahkan coba game. Lalu tunggu beberapa saat, memang agak memakan waktu, dan lihat apakah di laptop ada perbedaan ataupun penurunan kualitas atau tidkal.

Jika ada maka anda urungkan dulu untuk membeli laptop bekas dan anda bisa mencari yang lainnya.

6. Lihat Kondisi Baterai

cek baterai laptop

Tips yang terakhir silahkan cek baterai laptop, caranya sama seperti di atas jadi kita mencoba beberapa aplikasi lalu pantau juga baterainya. Apakah wajar berkurangnya?, atau cepat habis.

Kita harus mengetahui baterai drop atau tidak. Jika normal-normal saja maka silahkan beli.

7. Pilih Laptop Bekas Yang Pemakaiannya Tidak Terlalu Lama

Semakin lama dipakai, performa gadget, baik laptop, smartphone, tablet, pasti akan bertambah buruk. Jadi, jika anda ingin membeli laptop bekas, usahakan laptop bekas tersebut tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Ukuran lama tidaknya sebuah laptop dipakai, saya punya saran ya, mungkin kurang dari 1 tahun. Jika laptop sudah digunakan lebih dari 1 tahun, coba cari yang lain.

8. Cek Seluruh Hardware

Terakhir, anda bisa mengecek secara keseluruhan kinerja hardware, apakah bisa berfungsi secara normal atau tidak. Mulai dari soket, LCD, Wireless, Charger, dan lainnya, cek semua satu persatu, jangan tergesa gesa.

Jika memang semuanya aman, anda bisa meminang laptop tersebut, dan jika memang salah satunya ada yang tidak normal, anda bisa mencari yang lainnya.

Jadi itulah beberapa cara membeli laptop bekas berkualitas bagus. Pastikan adna mendapatkan laptop yang masih bagus ya, baik hardware, sistem, fisik, dan kondisi lainnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *