oleh

14+ Plugin WordPress Terbaik Untuk Membangun Website Profesional

14+ Plugin WordPress Terbaik Untuk Membangun Website Profesional – Memilih platform WordPress berarti juga memilih untuk lebih serius lagi terutama dalam bidang blog. Banyak juga para blogger yang bilang, bila platform blogger sudah dirasa sudah lumayan jago, maka agar lebih profesional menggunakan wordpress. Dalam membangun sebuah website agar baik dan profesional tidak hanya mengandalkan tulisan saja.

Memang sih tulisan ataupun konten merupakan raja segalanya dalam mencari visitor ataupun pengunjung. Eits akan tetapi jika tidak ada fitur pendukung ataupun penyongkong lainya, tentu saja akan mudah down dan merosot jauh situs anda ke bawah.

Salah satu faktor pendukung untuk membangun ataupun memulai situs anda yaitu menggunakan yang namanya plugin yang terdapat di wordpress. Mungkin diantara anda ada yang belum mengetahui apa itu plugin.

Plugin WordPress Terbaik

A. Apa Itu Plugin?

Secara sederhananya plugin merupakan sebuah aplikasi yang terdapat di wordpress yang memiliki fungsi memperkaya fitur ataupun sangat berguna sekali untuk website berplatform wordpress. Selain itu plugin juga melengkapi dan mencukupi kebutuhan apa yang diperlukan situs yang dibangun dengan wordpress.

Perlu anda ketahui juga bahwa plugin di wordpress sangat besar sekali peran dalam meningkatkan kualitas blog ataupun trafik pada blog. Tak hanya itu hampir semua website profesional pastinya menggunakan plugin, entah itu plugin untuk mempercepat blog, melihat visitor dan masih banyak lainya.

Namun pada artikel kali ini tidak akan membahas lebih lanjut mengenai hal itu akan tetapi lebih ke plugin-plugin terbaik wordpress untuk membangun sebuah blog. Bagaimana penasaran bukan? kira kira plugin apa saja yah?

B. Plugin WordPress Terbaik

1. Yoast SEO

yoast seo

Jika anda seorang blogger yang sudah lama ataupun pemula, pastinya sudah sering kali mendengar di grup blogger mengenai istilah plugin ini. Yaps benar Yoast SEO sendiri memiliki fungsi dimana anda bisa meningkatkan kualitas website anda.

Karena di plugin ini anda bisa meningkatkan rangking di mata google dan tentu saja yang paling banyak diinginkan yaitu bisa mendapatkan banyak visitor. Namun semua itu tergantung telaten dan kejelian dalam menggunakan Yoast Seo ini. Plugin ini tersedia versi gratis dan berbayar, dan pasti lebih bagus untuk versi yang berbayar.

2. Wordfence

Tak hanya hotel, villa, dan perumahan yang membutuhkan security, begitupula dengan wordpress. WordPress sendiri juga membutuhkan yang namanya keamanan untuk melindungi dari serangan situs, malware ataupun lainya. Nah plugin terbaik wordpress terutama dalam keamanan yaitu wordfence. Karena menggunakan plugin ini anda bisa terlindungi dari serangan brute force dan sebagainya.

3. WP Rocket

wp rocket

Yang namanya pembaca atau disebut dengan visitor, sangat benci sekali yang namanya lelet. Coba bayangkan saja anda berkunjung di blog orang dan blog tersebut sangat lelet dan ngelag, pasti akan pindah di blog lain yang cepat.

Maka dari itu disini plugin wp rocket ini berguna untuk meningkatkan kecepatan di website anda agar lebih cepat lagi. Untuk plugin ini sendiri berbayar, namun jangan khawatir disini setara dengan apa yang anda bayar, website anda bisa menjadi lebih cepat dan mantap jiwa.

4. BackupWordpress

Banyak para blogger ataupun pemilik website yang tidak begitu memperhatikan mengenai backup data pada situs wordpress. Mereka kebanyakan akan fokus pada visitor dan earning saja tanpa jaga jaga backup. Padahal kita tidak tahu kapan situs kita akan rusak ataupun error, jika sewaktu-waktu error dan rusak maka data hilang semua. Nah disinilah fungsi utama backupwordpress. Dimana file anda akan terbackup dan tidak akan hilang.

5. Contact Form

contact form plugin

Apabila blog anda ingin terlihat profesional, maka akan lebih bagus lagi dilengkapi dengan contact form. Dimana fungsi contact form ini sangat besar, yang pasti memudahkan orang ataupun client yang ingin menghubungi anda. Selain itu akan terlihat profesional dan seperti website besar apabila anda menggunakan plugin ini. Serta plugin ini ada yang gratis dan versi berbayar.

Sebenarnya sangat banyak plugin lainnya yang juga tidak kalah bermanfaat, seperti :

  1. Jetpack.
  2. Yoast SEO.
  3. AMP Plugin.
  4. Thumbnail Pengolah Gambar (Regenerate Thumbnail, WP Smush, dan lainnya).
  5. Plugin Statistik.
  6. Broken Link Checker.
  7. Plugin Cache ( W3 Total Cache, WP Fastest Cache).
  8. Plugin Keamanan (Google Authenticator, dan lainnya).
  9. Dan masih banyak lainnya.

Jadi itulah mengenai plugin wordpress terbaik yang cocok untuk membangun sebuah website agar lebih bagus lagi. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih. Jangan lupa kembali lagi kesini untuk mendapatkan lebih banyak informasi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *