Ingin Membuat Website, WordPress vs Coding, Pilih Yang Mana Ya?

Ingin Membuat Website, WordPress vs Coding, Pilih Yang Mana Ya? – Mempunyai website saat ini bukanlah hal yang asing. Tak peduli apakah itu website bisnis atau website personal, website memang sangat ampuh untuk kebutuhan branding di dunia maya. Nah, untuk membuat website ada dua cara populer yakni menggunakan WordPress vs Coding.

Sekedar informasi, WordPress merupakan platform CMS (Content Management System) yang memungkinkan siapapun bisa membuat website lebih instan, karena tinggal memposting konten saja. Sementara coding adalah bahasa pemrograman. Sehingga jika Anda membangun website lewat coding, Anda tentu harus menguasai betul bahasa pemrograman komputer.

Kelebihan Dan Kekurangan WordPress vs Coding

Untuk bisa menentukan lebih unggul mana antara WordPress dengan Coding, ada baiknya kalau Anda mempelajari terlebih dulu seperti apa sih kelebihan dan kekurangan masing-masing cara membuat website tersebut.

A. Kelebihan Dan Kekurangan WordPress

wordpress

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, WordPress adalah salah satu jenis CMS. Bahkan WordPress merupakan CMS paling populer dan banyak digunakan pemilik website di dunia. Karena merupakan platform CMS, WordPress jelas memudahkan siapapun dalam membuat sekaligus mengelola konten website.

Dalam sebuah platform CMS, ada banyak sekali menu yang bisa dipilih mulai dari posting artikel, memperbaiki hingga menghapus. Begitu pula mengubah menu tampilan, mengganti template atau mengatur komentar pengunjung internet. Berbagai menu itu jelas sangat mempermudah pengelolaan website sehingga siapapun bisa memiliki website secara mudah.

Lewat berbagai keunggulannya, Anda pun tak perlu ribet dalam hal maintenance server atau hal keamanan, karena semuanya sudah dijamin oleh pihak WordPress. Anda pun bebas beli domain dan menyewa layanan hosting kalau memang ingin memperoleh pengelolaan penuh.

Hanya saja jika bicara soal kekurangan, WordPress membutuhkan biaya operasional yang lebih besar terutama untuk urusan kepraktisannya. Bahkan Anda harus memperbarui layanan hosting setiap tahun, meningkatkan kemampuan web hosting hingga menggunakan SSL yang aman. Hal inilah yang tentu bisa dipertimbangkan dalam pembahasan WordPress vs Coding.

B. Kelebihan Dan Kekurangan Coding

coding website

Berpindah ke coding, cara ini biasanya sering dipilih mereka yang menempuh pendidikan komputer dalam membuat website. Dibandingkan memakai CMS seperti WordPress, membangun website dengan coding memang lebih rumit. Anda harus mengatur seluruh bahasa pemrograman secara teliti terlebih dulu yang artinya membutuhkan waktu lebih lama.

Hanya saja keuntungannya, akan membuat tampilan website Anda jauh lebih eksklusif, karena tidak pasaran seperti template yang disediakan WordPress. Selain itu, Anda bebas melakukan perubahan pada bagian tampilannya, karena seluruh kontrol dilakukan oleh pemilik website. Hal inilah yang membuat banyak programmer lebih suka mengembangkan website dengan coding.

Selain itu, pembuatan website dengan coding membuat Anda siap dengan segala konsekuensi. Termasuk tanggung jawab ketika tampilan website bermasalah, karena hanya si pembuat coding yang dapat membenahi.

Baca Juga :

C. Ogah Ribet? Bikin Website Dengan WordPress Saja

Nah, jika WordPress vs Coding sudah dibahas, Anda tentu dapat menentukan salah satu di antaranya saat hendak membuat website sesuai kebutuhan. Mereka yang seorang pebisnis dan anti ribet, tentu lebih baik menggunakan WordPress saja. Tinggal bikin akun di WordPress, beli domain, sewa layanan hosting dan Anda bisa langsung memposting konten.

Tentunya perdebatan antara WordPress vs Coding jelas bukan pertimbangan bagi pebisnis yang mengutamakan efisiensi, saat hendak membuat website. Bagi mereka, lebih baik memakai WordPress karena jauh lebih cepat dan efektif. Tak percaya kalau bikin website itu tidak rumit? Yuk pelajari cara membuat website dengan WordPress secara tepat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *