Smart Pricing Adsense. Pengertian, Penyebab, Dan Cara Mengatasinya

Smart Pricing Adsense. Pengertian, Penyebab, Dan Cara Mengatasinya – Bagi anda yang sudah diterima oleh google adsense selamat ya, memang saya akui belakangan ini diterima oleh media pengiklan google adsense sangatlah mudah hingga banyak pihak yang membuat akun adsense untuk dijual kembali kepada pihak yang membutuhkan.

Memang untuk blog yang baru yang belum mempunyai visitor sangat sulit untuk diterima oleh google adsense sehingga mereka membeli kepada orang lain. Tapi perlu anda ketahui bahwa mengumpulkan saldo payout google adsense lebih sulit lagi karena anda bisa saja menunggu berbulan bulan untuk menanti pembayaran dan perlu kesabaran ekstra.

Banyak cara ditempuh untuk mengumpulkan saldo adsense mulai dari klik iklan dengan hp teman atau menyuruh orang lain mengklik iklan dan akhirnya berujung dengan mendapatkan smart pricing dari adsense. Bagi anda yang belum tau smart pricing google adsense anda wajib mengetahuinya.

Apa Itu Smart Pricing Adsense?

Yakni sebuah metode perlindungan yang diberikan oleh pihak google kepada pengiklan/advertiser agar mereka tidak mendapat kerugian dari iklan yang dipasang. Metode perlindungan ini bisa berbentuk pengurangan biaya per klik (bpk) pada setiap iklan milik pengiklan.

Paham?, pastinya paham dong. Nah, jika biaya klik menurun maka publisher iklan adsense tentu saja mengalami penurunan pendapatan dan akhirnya mereka tidak mendapatkan pendapatan yang maksimal.

Banyak bloggers dan youtubers menggunakan segala cara agae tidak terkena dampak buruk ini mulai cara yang baik hingga cara curang seperti auto visitor yang akhirnya tidak membuahkan hasil yang bagus, dan malah justru menjerumuskan para publisher kepada kehancuran seperti suspend hingga banned akun adsense.

Namun disini saya ada tips bagi yang baik dan positif bagi anda para publisher adsense yang terkena dampak smart pricing, berikut tips nya. Ikutin terus ya guys.

Penyebab Lengkap Smart Pricing Google Adsense

penghasilan menurun

  1. Perintah untuk mengklik iklan di blog seperti “Klik iklan pada blog untuk donasi demi keberlangsungan blog ini”.
  2. Meng klik iklan secara berkali kali.
  3. Konten situs web tidak relevan.
  4. Mengklik iklan tanpa memberi produk milik advertiser.
  5. Dan masih banyak lagi.

Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Berikut Cara Mengatasi Smart Pricing Adsense Dengan Baik Dan Benar

1. Konten Yang Berkualitas

Ini hal utama yang harus anda perlukan untuk mengatasi smart pricing karena google menyukai artikel yang berkualitas untuk dipasangi iklan. Dengan begitu advertiser tau bahwa memasang iklan google benar-benar menguntungkan.

Ingat bahwa konten adalah raja dan tanpa adanya konten maka blog anda tidak akan mempunyai arti apa apa walaup sebaik apapun tampilan blog yang telah anda desain. Usahakan membuat artikel dengan jumlah kata lebih dari 500, karena google sangat menyukai artikel panjang, dan panjang cenderung berkualitas.

2. Jangan Pasang Iklan Adsense Pada Blog Download Atau Blog Yang Sedikit Mengandung Kata

Sudah saya jelaskan diatas bahwa google menyukai artikel yang panjang. Maka dari itu jangan sampai anda menyisipkan iklan adsense pada blog yang memiliki sedikit kata kata seperti blog download, lirik musik dan lainnya jika anda tidak ingin adsense milik anda terkena smart pricing.

Jika anda sekali terkena smart pricing karena masalah ini maka untuk mengembalikannya butuh waktu yang cukup lama.

3. Peletakan Iklan Yang Tepat Dan Jelas

Salah satu masalah terbesar para bloggers yakni posisi sebelah mana iklan adsense akan mendapatkan banyak klik?. Dari pemikiran ini timbullah berbagai cara dalam benak untuk meletakkan kode iklan yang seharusnya tidak diperbolehkan seperti menutupi iklan dengan elemen lain/menyembunyikan iklan.

Hati-hati dengan yang satu ini karena google tidak menyukai jika anda menyembunyikan kode iklan dan meletakkannya pada tempat yang salah. Dengan cara ini maka akun adsense anda bisa dengan mudah dibanned.

Saya sarankan letakkan kode iklan di templat strategis dan jelas/tidak terhalang suatu apapun serta dapat dilihat oleh pengunjung dengan jelas.

4. Tingkatkan Pengunjung Organik/Natural

Google sangat menyukai blog yang memiliki banyak pengunjung terutama yang bersumber dari pencarian organik karena jika google mengetahui bahwa blog tersebut memiliki banyak visitor dari pencarian murni maka google akan menilai bahwa blog tersebut merupakan blog yang telah memiliki reputasi.

Dari reputasi itulah google menilai layak tidaknya blog tersebut mendapatkan smart pricing. Jika blog tersebut sepi pengunjung dan tiba-tiba ada yang berkunjung dan mengklik iklan tentu saja google akan curiga dan tidak segan-segan memberikan hukuman berupa smart pricing, dan begitupun sebaliknya.

5. Copot Iklan Adsense Untuk Beberapa Saat/Unverify Blog Di Adsense

Cara mengatasi smart pricing adsense selanjutnya yakni dengan mencopot iklan adsense beberapa saat. Banyak pihak yang berpengalaman di adsense berkata jika anda mengalami smart pricing maka cobalah copot iklan/unverify blog di dashboard adsense. Menurut saya cara ini bisa saja dicoba karena tidak merugikan. Dan coba pasang kembali iklan setelah 1 jam dan lihat perubahannya.

6. Gunakan Template Yang Responsif Dan Loading Cepat

Bisa saja akibat template yang terlalu banyak javascript, kode php (untuk wordpress) dan css mengakibatkan smart pricing ini, karena jika pengunjung merasa blog anda lemot, mereka tidak akan berkunjung kembali ke blog anda. Nah, maka dari itu coba anda gunakan template yang responsif dan memiliki loading cepat agar tidak terkena smartpricing.

Tambahan

  1. Tulis artikel dengan topik yang memiliki nilai klik tinggi seperti asuransi dan kesehatan, jika blog anda sudah terlanjur memiliki topik berbeda maka sebaiknya jangan.
  2. Tulis konten dengan bahasa inggris, karena bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan di seluruh penjuru bumi, jadi peluang dicari oleh orang semakin banyak. Semakin banyak dicari maka peluang iklan yang tampil akan mahal.
  3. Bagi blog download, pasang iklan adsense pada short url seperti safelinkconverter.
  4. Tulis konten yang memiliki persaingan kata kunci tinggi.

Nah diatas merupakan beberapa cara mengatasi terjadinya smart pricing adsense yang merugikan bagi pihak publisher karena penghasilan menurun, selain hal diatas ada satu cara lagi yang pastinya mujarab, hehehe yakni dengan membuat custom channel/saluran khusus adsense agar iklan lebih tertarget.

Sekian tips mengatasi smart pricing google adsense, semoga bermanfaat untuk teman-teman publisher google adsense untuk mendapatkan penghasilan yang maksimal. Terima kasih atas kunjungannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 komentar

  1. pernah mengalami ini saya, BPK pertama 50 rb/klik, setelah ada yang klik lagi 2x eh malah turun jd 35 rb/klik

  2. Bermanfaat sekali saya jadi lebih tau banyak tentang smart pricing ads. Sayangnya ane belum keterima di Adsense

  3. Kalau misalnya nyuruh orang buat ngeklik iklan kita sendiri di hari itu, tapi di hari berikutnya sepi pengunjung juga berpengaruh juga gan ?