oleh

6 Suku Terbesar di Indonesia yang Perlu Kamu Tahu

Suku terbesar di Indonesia – Indonesia menjadi salah satu negara yang kuat karena adanya perbedaan di berbagai aspek. Perbedaan ini mengakibatkan adanya rasa persatuan dengan tujuan yang sama. Keragaman yang dimiliki Indonesia sangat bervariasi dari mulai suku, agama, warna kulit dan lainnya. Dengan adanya perbedaan ini masyarakat pun sangat menjunjung tinggi rasa peraturan, sehingga mereka bisa hidup dengan damai dan tentram.

Suku menjadi salah satu aspek keberagaman yang di miliki oleh bangsa Indonesia. Bhinneka Tunggal Ika menjadi semboyan keberagaman yang dimiliki oleh Indonesia. Karena Indonesia terdiri dari berbagai kepulauan dari timur ke barat dari sabang sampai merauke. Dan setiap daerah pasti memiliki suku yang berbeda – beda pula. Hal inilah yang menjadikan Indonesia sangat kuat. Suku yang ada memiliki populasi yang berbeda – beda. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh faktor wilayah yang dihuni. Berikut ini kami berikan sedikit penjelasan mengenai suku terbesar di Indonesia.

Suku Terbesar di Indonesia yang Perlu Diketahui

1. Suku Jawa

suku terbesar di Indonesia

Suku pertama yang memiliki populasi terbesar di Indonesia adalah suku Jawa. Suku Jawa sendiri tersebar di beberapa daerah di Pulau Jawa antara lain Jawa Timur, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Meskipun pusat dari suku Jawa berada di 3 daerah tersebut, anda tetap bisa menemukan suku Jawa di beberapa daerah di Indonesia lainnya. Lalu berapa besar suku Jawa yang ada di Indonesia saat ini?

Untuk sekarang ini suku Jawa diperkirakan sebesar 41,7 % dari keseluruhan rakyat yang ada di Indonesia atau sekitar 95,2 juta. Namun, pada saat kolonial Belanda atau lebih tepatnya pada tahun 1930 suku Jawa terdiri dari 47.05 % dari seluruh jumlah penduduk kala itu. Ada berbagai faktor mengapa suku Jawa bisa mengalami penurunan yang cukup signifikan. Salah satunya adalah banyak orang yang menjadi bagian suku lain karena tempat kelahiran.

2. Suku Sunda

Suku selanjutnya adalah suku yang berasal dari bagian barat pulau Jawa yaitu suku Sunda. Orang – orang yang merupakan bagian dari suku Sunda bisa anda temukan di daerah Jawa Barat, sebab disanalah daerah satu – satunya dari suku Sunda ini. Walaupun banyak ditemukan di daerah Jawa Barat, anda bisa menemuinya di beberapa daerah di Indonesia. Sebab mereka sering melakukan migrasi ke beberapa daerah untuk bekerja.

Nah, untuk jumlah populasi suku Sunda di Indonesia berkisar pada 36,7 juta lebih yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Keunikan dari suku Sunda yaitu memiliki bahasa dan budaya yang sangat unik. Budaya yang dapat anda perhatikan seperti seni tari yang telah terkenal seperti tari jaipongan, tari tpeng dan tari merak. Tak lupa, salah satu kebudayaan yang sangat terkenal selain seni di atas yaitu wayang golek.

3. Suku Batak

suku terbesar di Indonesia

Suku Batak menjadi salah satu suku terbesar di Indonesia. Suku yang berada di daerah Sumatera Utara ini memiliki beberapa kelompok suku yang masih dalam satu rumpun. Suku – suku tersebut antara lain suku toba, karo, pakpak, simalungun, angkola dan mandiling. Dalam masa modern ini, banyak masyarakat yang menyebutkan bahwa suku Batak merupakan suku Toba. Padahal, suku Batak sendiri terdiri dari beberapa suku lain seperti yang disebutkan di atas.

Untuk jumlah populasi suku Batak sendiri di Indoensia berjumlah 8,4 juta lebih. Suku Batak bisa anda temukan di daerah Sumatera (Sumatera Utara). Meskipun Sumatera menjadi pusat suku Batak, suku ini sudah tersebar di beberapa daerah lain seperti Jawa dan negara tetangga yaitu Brunei. Persebaran suku Batak yang bisa ditemukan dihampir seluruh daerah Indonesia disebabkan berbagai faktor. Dan disetiap daerah tersebut jumlah suku Batak memiliki jumlah di atas 500 orang.

4. Suku Madura

Sesuai dengan nama wilayahnya Madura, suku terbesar selanjutnya adalah suku Madura. Keberadaan orang – orang dengan suku Madura dapat ditemukan di daerah Jawa Timur lebih tepatnya pada daerah Madura. Tak hanya bisa ditemukan di daerah Madura saja, suku Madura juga bisa ditemukan di beberapa daerah Indonesia lainnya seperti di pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera dan lainnya. Lalu berapa jumlah mereka di Indonesia?

Kalau dihitung – hitung jumlah orang yang termasuk suku Madura, di Indonesia mencapai 7,1 juta lebih. Jumlah ini memiliki presentase sebesar 3,03 % dari seluruh penduduk di Indonesia. Persebaran orang – orang Madura tak hanya terjadi di wilayah Indonesia saja, tapi mencapai ke luar negeri seperti di Saudi Arabia. Orang – orang suku Madura dikenal sebagai orang dengan etos kerja yang kuat, ramah, giat dan suka melakukan migrasi sebab tanah di Madura kurang baik untuk melakukan pertanian.

5. Suku Betawi

suku terbesar di Indonesia

Suku terbesar di Indonesia selanjutnya datang dari Ibu Kota Jakarta yaitu suku Betawi. Ya, suku Betawi bisa anda ditemukan di daerah Jakarta sebab di sanalah pusat dari suku tersebut. Pada dasarnya orang – orang yang beretnis Betawi merupakan hasil perkawinan campuran antar suku lain yang terjadi di masa kolonial Belanda. Suku Betawi memiliki wilayah yang cukup kecil yaitu di daerah Jakarta, meskipun begitu tetap saja mereka termasuk suku terbesar di Indonesia.

Untuk jumlah orang yang beretnis suku Betawi di Indonesia memiliki jumlah berkisar pada 6,8 juta lebih. Dalam presentase dari seluruh jumlah penduduk di Indonesia, suku Betawi berkisar pada 2,88 %. Jumlah daerah yang memiliki jumlah suku Betaw terbanyak di Indonesia adalah daerah Jakarta, sebab memang disitulah pusat dari suku ini. Kebudayaan dan seni yang dimiliki oleh suku Betawi memiliki keberagaman.

6. Suku Minangkabau

Suku selanjutnya adalah suku yang berasal dari pulau Sumatera bagian barat yaitu suku Minangkabau atau yang dikenal dengan suku Minang. Suku Minangkabau ini bisa anda dapati di daerah Sumatera Barat, karena di sanalah pusat dari suku Minang. Walaupun memiliki populasi terbanyak di Sumatera Barat, suku ini telah tersebar di hampir seluruh pelosok Indonesia. Tak hanya bermigrasi di wilayah Indonesia saja, tetapi juga di negara tetangga seperti Malaysia.

Jumlah orang yang bersuku Minang di Indonesia sebanyak 6,4 juta lebih. Dalam persentase, suku Betawi dalam seluruh penduduk di Indonesia menginjak sebesar 2,73 %. Orang – orang yang beretni Minang sangat suka dalam hal perdagangan, hal ini merupakan sifat turun – temurun dari kerajaan Melayu dan Sriwijaya. Suku Minang menurut orang yang tidak tahu banyak, akan menyebut suku ini dengan sebutan orang Padang. Sebab, suku ini terletak di Sumatera Barat dengan ibu kota provinsi bernama kota Padang.

Baca : Mengerikan, 5 Ritual Tolak Ukur Kedewasaan Berbagai Suku Di Dunia

Itulah beberapa suku terbesar di Indonesia yang menjadi ciri khas negara Indonesia. Keanekaragaman suku yang dimiliki Indonesia, memiliki jumlah populasi yang cukup tinggi. Suku – suku yang disebutkan di atas, merupakan sebagian kecil suku yang ada di Indonesia. Suku Jawa menjadi suku dengan jumlah populasi terbanyak di seluruh Indonesia. Meskipun di tempat wilayah yang kecil, pulau Jawa termasuk pulau yang sangat padat penduduk.

Tak dapat dipungkiri memang, adanya keberagaman suku di Indonesia ini diakibatkan oleh faktor wilayah tempat tinggal serta nenek moyang terdahulu. Selain itu, perpindahan penduduk dari berbagai suku yang terjadi dikarenakan faktor kebudayaan dan prgram transmigrasi yang dilakukan pemerintah. Hampir semua suku di Indonesia bisa ditemukan di pulau Jawa, sebab migrasi yang dilakukan banyak ke tujuan Jawa. Sekianlah artikel mengenai suku terbesar di Indonesia semoa bisa menambah wawasan anda.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *